7 Tips Amankan HP dari Dibobol Agar Data Pribadi Terjaga

Tips Amankan Hp

Tips amankan HP dari pembobolan – Di zaman yang segalanya serba digital ini, menjaga data pribadi menjadi prioritas utama setiap orang. Semua juga karena kita telah terlalu bergantung pada gadget untuk memudahkan segala hal.

Mulai dari data personal hingga perbankan, maupun kata sandi semuanya tersimpan dalam handphone. Jadi, begitu perangkat tersebut diakses oleh orang tidak seharusnya. Bisa menimbulkan kerugian yang teramat sangat bagi pemilik datanya.

Untuk itulah kita harus melek terhadap keamanan data sendiri dan mengambil langkah preventif sebelum segalanya terlambat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar data dirimu dalam HP aman.

Tips Amankan HP dari Dibobol dan Menjaga Data Pribadi

Cara amankan HP dari dibobol

Apa saja yang perlu dilakukan agar data aman? Ini dia tipsnya:

1. Gunakan VPN Setiap Terkoneksi ke Wi-Fi Publik

Selalu pakai VPN terpercaya

Memang dengan Wi-Fi gratis kalian akan hemat kuota. Tapi, itu tidak sepadan dengan data kalian yang mungkin bisa jadi target para hacker. Selalu gunakan VPN kalau memang terdesak.

2. Catat Password Diluar HP

Mending catat manual saja

Masih banyak yang mencatat password di notes HP, padahal kalau hacker bisa akses HP kamu maka dia akan tahu semua password yang sudah disimpan. Ada baiknya gunakan password manager atau catat saja di buku dan kunci dalam lemari.

3. Hindari Pasang Aplikasi Sumber Tidak Jelas

Jangan asal klik ya

Kalau bisa hindari memasang aplikasi dari sumber tidak jelas. Kemungkinan aplikasi tersebut mengandung malware yang bisa mengumpulkan data pribadi kamu tanpa disadari loh.

4. Jangan Gunakan Password yang Gampang Ditebak

Gunakan password yang rumit

Walau ini terkesan mustahil tapi masih ada saja yang menggunakan kata sandi 12345 atau 0000. Tipe orang seperti ini yang jadi sasaran empuk hacker apalagi sekarang sudah ada cara membobol kata sandi dengan AI. Jadi, gunakan kata sandi yang rumit dan panjang asal masih mudah diingat.

5. Selalu Gunakan Verifikasi Dua Langkah Bila Tersedia

Mending agak ribet tapi aman

Kata sandi saja masih belum cukup. Pengguna harus menambahkan satu baris keamanan lagi dengan verifikasi dua langkah. Tentu tidak semua layanan mendukung fitur ini secara bawaan. Kalau begitu bisa diakali dengan Google Authentification yang tersedia gratis juga.

6. Selalu Aktifkan Pelacak Device

Selalu aktifkan Find My mau Android maupun iPhone

Siapa yang berharap HP-nya dicolong. Tapi, amit-amit hal tersebut terjadi. Kita sudah lakukan langkah preventif dengan aktifkan pelacak lokasi lewat Find My. Memang GPS HP harus selalu aktif tapi apa salahnya dibanding HP hilang dan tidak bisa lagi dilacak kemana perginya.

7. Gunakan Pengunci Aplikasi Bila Perangkat Menyediakan

Kunci aplikasi yang sensitif

Ada beberapa smartphone yang menyediakan pengunci aplikasi secara bawaan. Kalau kalian peduli pada beberapa aplikasi sensitif seperti perbankan. Menggunakan pengunci aplikasi adalah pilihan tepat.

Jadi itulah beberapa tips buat kamu agar data di HP aman terjaga. Kira-kira apa pengalaman kalian dalam menggunakan smartphone? Lebih banyak baik atau buruknya?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version