Beli iPhone Bekas? 8 Tips Ini Perlu Kalian Ketahui Agar Tidak Tertipu!

Beli Iphone Bekas

Tips beli iPhone bekas – Walau Apple selalu merilis iPhone baru setiap tahunnya, tidak dapat dipungkiri kalau perubahan yang mereka bawa tidaklah sebegitu signifikannya. Maka dari itu, tidak sedikit juga yang mencari iPhone keluaran lebih lawas dengan performa yang tidak begitu jauh dari rilisan anyar.

Salah satu yang bisa dilakukan kalau kamu tidak ingin mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli iPhone baru adalah dengan membeli bekas. Dan benar saja, penjualan iPhone bekas melebihi brand manapun berkali-kali lipat.

Kalau kamu adalah salah satu yang kepincut membeli iPhone bekas dalam waktu dekat, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. Semua penjual pasti mengaku kalau barang yang mereka jual punya kualitas terbaik. Namun, mengeceknya benar atau tidak adalah kewajiban kita agar tidak salah beli.

Tips Beli iPhone Bekas Ini Perlu Kalian Ketahui!

Beli iPhone secondhand? Cek ini terlebih dahulu

Jadi, daripada membeli kucing dalam karung, sebaiknya beberapa hal di bawah ini perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

1. Cek Fisik

Cek ada dent atau tidak

Karena harga iPhone bekas pun pasti masih akan tinggi harganya, pastikan tidak ada cacat atau peyot pada bagian body. Kalau iya, mungkin kamu bisa menawar harganya jadi lebih murah lagi.

2. Pastikan Apple ID Kosong

Pastikan tidak ada akun terkait

Jangan membeli iPhone jika didalamnya masih tertempel Apple ID. Pastikan penjual sudah menghapus Apple ID miliknya sebelum kamu closing transaksi. Kalau penjual tidak dapat menghapusnya karena alasan apapun, maka kemungkinan besar ada hal yang tidak beres dan kamu sebaiknya batalkan saja transaksi ini.

3. Tanyakan Apakah Sudah Ada Batasan Pembuatan Apple ID

Repot kalau tidak bisa bikin ID baru

Setiap perangkat iPhone memiliki batasan berapa kali bisa membuat Apple ID dalam 1 tahun. Tanyakan kepada penjual apakah batasan itu sudah tercapai atau tidak. Fungsi ini berguna kelak ketika kamu ingin menjual kembali iPhone tersebut dan pengguna baru ingin mendaftar Apple ID baru mereka.

4. Cek True Tone

Cek apakah layar sudah pernah diganti atau belum

True Tone adalah teknologi dari Apple yang membolehkan layar menyesuaikan warna dengan kondisi sekitar. Teknologi ini juga yang mengindikasikan apakah sebuah layar iPhone original bawaan pabrik atau sudah pernah diganti oleh pihak ketiga. Kalau True Tone tidak berfungsi, kemungkinan besarnya layar iPhone tersebut tidak lagi original.

5. Cek Battery Health

Cek baterai

Bagian paling penting dari semua smartphone terutama iPhone memang adalah chipset dan layar. Tapi, baterai juga tidak kalah penting. Kesehatan baterai semakin baik atau mendekati 100% berarti kamu bisa menggunakan perangkat tersebut lebih lama.

6. Cek Kamera, Speaker, Mikrofon, Face ID atau, Touch ID

Cek segala dari ujung ke ujung

Semua bagian esensial dari sebuah HP yaitu kamera, speaker, mikrofon, dan sistem pengamanan Face ID untuk iPhone X keatas, atau Touch ID untuk iPhone 8 ke bawah juga penting. Pastikan semua fitur itu berfungsi seperti seharusnya.

7. Cek Wi-Fi, Bluetooth, dan Sinyal Seluler

Pastinya segala jenis sinyal aman

Konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan sinyal juga perlu kamu cek. Soalnya tidak sedikit pula yang menjual iPhone yang tidak resmi dan menyuntik IMEI agar sinyal seluler aktif. Membeli iPhone ini sangat tidak dianjurkan karena selain ilegal, tidak ada jaminan kalau sinyal akan terus aktif selamanya.

8. Tanyakan Persis Minus Apa Saja

Cek apakah ada minus yang tak kasat mata

Namanya penjual pasti ingin cepat-cepat barangnya laku. Terkadang ada penjual yang sengaja tidak memberitahu apa minus kecil yang bisa kalian lewatkan. Kalau sudah tahu trik dagang ini, pastikan tanya lagi apa saja minus lain yang tidak terlihat. Bisa saja sinyal lemah atau mungkin fungsi getar yang tidak aktif, atau apapun itu.

Kesimpulannya, meski kita tidak dapat 100% yakin kalau produk yang dibeli ini merupakan tanpa minus. Karena layar ataupun baterai bisa diganti dan tetap tidak menunjukkan anomali. Setidaknya, dengan inspeksi lebih teliti kita tahu kalau produk tersebut masih punya kualitas yang baik atau tidak.

Jadi itulah berbagai tips buat kamu dalam membeli iPhone bekas. Apakah kamu pernah membeli handphone bekas dan bernasib kena akal-akalan penjual? Coba share pengalaman kamu ya.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version