Tips dan Trik Bermain Event “Theater Mechanicus” di Genshin Impact

in , , ,
Mech

Event bertema Tahun Baru Imlek Lantern Rite sudah berlangsung sejak tanggal 10 Februari, 2021 kemarin. Dalam event ini, pemain menjalankan sejumlah sidequest harian untuk membantu masyarakat Liyue dalam perayaan Lantern Rite. Event ini juga membawakan mini-event Theater Mechanicus, yaitu game mode dengan genre tower defense, serupa dengan game seperti Plants vs Zombies dan Arknights.

Pada dasarnya, game tower defense biasanya membutuhkan strategi, dan dalam event seperti Theater Mechanicus yang tidak memiliki tombol pause, kemampuan berpikir cepat juga dibutuhkan. Sangat wajar jika ada pemain yang kesulitan, namun masih menginginkan hadiah yang didapatkan.

Oleh karena itu, hari ini saya ingin membahas tips dan trik bagi kalian untuk menyelesaikan event Theater Mechanicus dengan lancar.

Gunakan Recovery di awal permainan

Mech2

Bagi kalian yang pernah main Arknights, pasti kalian tahu seberapa pentingnya operator Vanguard di awal permainan. Recovery menggunakan prinsip yang sama.

Recovery bukan mechanicus yang membantu dalam mengalahkan wave musuh dengan damage atau crowd control. Tapi, Recovery memiliki kemampuan untuk memberikan Veneficus Point (VP), yang dibutuhkan untuk membangun mechanicus lainnya. VP tambahan termasuk penting karena VP bisa digunakan untuk menyelesaikan formasi lebih cepat, mengaktifkan mekanisme stage, mengaktifkan Mystic Art, dan mengubah formasi jika perlu.

Untuk mendapatkan bonus VP, pemain harus mengalahkan tiap musuh dalam radius di sekitar mechanicus ini. Pemain dapat menggunakan karakter untuk menahan musuh di dalam radius Recovery. Poin ini membawa kita ke tip selanjutnya.

Manfaatkan karakter kalian sepenuhnya

Mech6

Theater Mechanicus adalah game mode dimana karakter yang kalian bawa tidak bisa memberikan damage pada musuh. Tapi, bukan berarti karakter kalian sama sekali tidak berguna, lho!

Karakter dalam party kalian tidak bisa menggunakan Elemental Burst (Q), dan semua serangan tidak akan memberikan damage. Tapi, serangan biasa dan Elemental Skill (E) masih bisa digunakan.

Karakter bisa membantu dengan mengaplikasikan elemen, atau dengan serangan yang bisa mementalkan musuh, seperti charge attack dari semua karakter pedang. Kebanyakan stage dalam Theater Mechanicus memiliki jurang, dan serangan seperti ini bisa digunakan untuk menjatuhkan musuh. Seperti di luar event, mata Ruin Guard juga bisa ditembak dengan karakter busur untuk memberikan efek stun.

Karakter Anemo khususnya menjadi pilihan yang optimal untuk Theater Mechanicus, dengan banyaknya kemampuan crowd control, dan Anemo Resonance yang mengurangi cooldown E dan konsumsi stamina saat lari.

Ubah formasi sesuai kebutuhan

Mech5

Dalam game seperti Arknights, pemain bisa ‘menghafal’ setiap stage, karena tiap stage memiliki urutan dan tipe musuh yang selalu sama. Berbeda dengan event Theater Mechanicus, dimana elemen dari tiap wave musuh yang datang dipilih acak. Bisa saja kita menyelesaikan formasi mechanicus Pyro, tapi musuh yang datang berelemen Pyro juga.

Oleh karena itu, kalian wajib memerhatikan bagian kiri dari layar Mystic Art, dimana kalian bisa melihat tipe-tipe musuh dalam wave selanjutnya. Gunakan VP yang kalian punya untuk mengubah mechanicus menjadi elemen yang efektif terhadap musuh selanjutnya.

Hati-hati dalam memilih Mystic Art

Mech3

Setiap satu wave musuh selesai, kalian diberikan kesempatan untuk mengaktifkan satu dari banyak pilihan Mystic Art, yaitu buff yang kalian dapat aktifkan untuk membantu kalian di ronde selanjutnya. Tapi, kalian harus waspada dengan pilihan kalian.

Mengaktifkan Mystic Art juga menggunakan VP, sama seperti membangun mechanicus. Jika kalian tidak hati-hati, maka kalian akan mendapatkan buff yang sangat kuat.. dan tiba-tiba kehabisan VP untuk membangun formasi mechanicus demi ronde selanjutnya.

Yang lebih berbahaya lagi adalah buff tipe Fickle, yang memiliki efek negatif random. Mystic Art ini sangat beresiko, karena tidak ada yang tahu apa debuff yang akan kita dapatkan sebelum mengambil keputusan.

Jika kalian tidak memiliki cukup VP, atau tidak ada buff yang cukup berguna, kalian bisa memilih untuk skip dengan tombol di sisi kanan atas.

Manfaatkan mekanisme stage

Mech4

Tiap stage memiliki mekanisme yang bisa diaktifkan dengan 40 VP. Tiap level memiliki mekanisme yang berbeda, dan memiliki fungsi masing-masing yang membantu pemain dalam mengalahkan musuh yang berdatangan. Misalnya, mekanisme bisa menghilangkan jembatan, sehingga musuh yang sedang melalui jembatan tersebut akan jatuh. Ada juga mekanisme yang mengaktifkan angin, yang bisa meniup musuh ke arah angin.

Mekanisme dari tiap stage bisa membantu kalian untuk mengalahkan musuh yang ada, dan mendapatkan clear yang sesuai dengan kriteria.

Jangan takut gagal

Mech7

Tip terakhir saya, dan tip yang paling penting dalam event ini, adalah untuk terus bereksperimen tanpa takut dengan kekalahan.

Theater Mechanicus adalah event yang sama sekali tidak memakan stok resin kalian. Tiap kali main hanya membutuhkan satu Xiao Lantern, yang sangat mudah untuk dibuat dan dikumpulkan. Tidak ada salahnya untuk mencoba tiap level meskipun kalian gagal berkali-kali, jika kalian dapat belajar dari tiap kegagalan dan menggunakan ilmu yang didapat untuk sesi selanjutnya.

Selain itu, tiap kali main juga memberikan poin Veneficus Sigil, yang dapat digunakan untuk meng-upgrade mechanicus kalian menjadi versi yang lebih kuat. Meskipun kalian tidak mendapatkan skor yang sempurna atau sama sekali tidak berhasil, Veneficus Sigil juga tetap didapatkan. Jika hasil pertama kalian masih kurang memuaskan, kalian masih bisa mengulang dengan mechanicus yang lebih kuat, sehingga sesi selanjutnya menjadi lebih mudah.

Event Lantern Rite yang dibawakan oleh update 1.3 adalah event yang meriah, dan saya pribadi sangat menikmatinya. Saya harap dengan tip dan trik yang saya bawakan di atas, kalian juga bisa menikmati Lantern Rite sepenuhnya.

Genshin Impact bisa dimainkan secara gratis di PC, Android, dan PS4.


Untuk membaca panduan Genshin Impact dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.