Tips dan Trik di Game Catur – Gerakan-Gerakan Pembuka Terbaik untuk Pemula

in
Catur2

Catur adalah salah satu permainan kompetitif tertua di dunia, yang akhir-akhir ini bangkit kembali di tengah kalangan gamer. Kebangkitan catur di generasi muda dapat dikaitkan dengan platform seperti Chess.com, yang memungkinkan adanya streaming catur dalam platform yang sering dikunjungi gamer seperti Twitch. Berkat peristiwa Dewa_Kipas, catur online lebih marak lagi di tengah masyarakat +62.

Catur

Tren catur online yang sedang marak di tahun 2021 memicu minat banyak orang yang jarang, atau belum pernah main catur sebelumnya. Mungkin salah satunya adalah kalian. Catur bukan permainan yang terbatas untuk ‘orang pintar’ saja, tapi catur tetap permainan yang cukup sulit. Bagi beberapa orang, bagian tersulit dari catur mungkin adalah giliran-giliran pertamanya.

Oleh karena itu, hari ini saya ingin membahas tentang gerakan pembuka dalam catur.

Catatan: Artikel ini menggunakan banyak notasi catur untuk menunjukkan contoh pembuka. Gunakan artikel dalam link berikut sebagai referensi.

Prinsip

Beberapa dari kalian mungkin pernah mendengar istilah-istilah seperti Sicilian Defense atau Scotch open. Istilah-istilah di atas adalah sedikit dari nama-nama gerakan pembuka, yang akan saya bahas setelah ini. Namun, sebelum kita mencakup bagian tersebut, kita perlu membahas bagian yang lebih penting: prinsip dan pengertian dalam pembuka catur.

Hal terpenting dalam early game catur adalah mengontrol bagian tengah papan. Kalian ingin menggunakan langkah-langkah pertama kalian untuk mengancam kotak-kotak pertengahan papan. Untuk mencapai tujuan tersebut, kalian wajib menggerakkan pion yang tepat, sehingga dapat membuka jalan bagi pasukan lainnya.

Dengan pemikiran itu, mari kita masuk ke gerakan-gerakan pembuka.

The Italian Game

  1. e4 e5
  2. Nf3 Nc6
  3. Bc4

The Italian Game adalah gerakan pembuka paling dasar yang akan saya bahas dalam artikel ini. Inti dari pembuka The Italian Game adalah menggunakan pion dan kuda pertama untuk mengancam pertengahan papan, lalu memajukan gajah kotak putih ke posisi paling kuatnya. Dari Bc4, gajah bisa mengendalikan bagian tengah papan, dan mengancam pion hitam yang maju ke d5.

Sicilian Defense

  1. e4 c5

Jika The Italian Game adalah pembuka paling simpel dari sisi putih, maka Sicilian Defense adalah pembuka paling dasar dari sisi hitam, apalagi jika kalian ingin bermain agresif. Seringkali dipilih sebagai respon terhadap 1. e4, Sicilian Defense adalah pembuka yang bertujuan untuk mengancam pion d4, dan menukar pion gajah dengan pion ratu yang lebih bernilai.

The French Defense

  1. e4 e6
  2. d4 d5

The French Defense adalah salah satu pembuka strategis yang wajib dipelajari oleh setiap pemula dalam catur. Dengan memajukan pion d5, hitam bisa mengancam pion e4 putih, sedangkan d5 dilindungi oleh pion e6 dan ratu. Namun, meskipun pembuka ini kuat, gajah c8 akan cukup sulit untuk maju, karena tertutup oleh pion e6.

The Ruy Lopez

  1. e4 e5
  2. Nf3 Nc6
  3. Bb5

The Ruy Lopez adalah salah satu pembuka klasik paling tua dalam sejarah catur. Pembuka ini dinamai menurut Ruy Lopez, seorang uskup Spanyol yang menulis salah satu buku pertama tentang catur. The Ruy Lopez adalah pembuka yang mirip dengan The Italian Game, dengan dua gerakan yang sama di antara putih dan hitam. Perbedaannya ada pada gajah, yang maju satu langkah lebih depan.

Dengan menempatkan gajah putih di b5, posisi gajah putih tidak memiliki reach yang sama dengan Bc4. Namun, Bb5 memosisikan gajah untuk mengancam kuda hitam, memberikan tekanan lebih besar pada sisi tengah lawan. The Ruy Lopez bisa juga dibilang sebagai versi lebih agresif dari The Italian Game.

The Slav Defense

  1. d4 d5
  2. c4 c6

The Slav Defense adalah pembuka yang serupa dengan The French Defense, dimana gerakan pion hitam bertujuan untuk melindungi pion d5. Perbedaannya ada di gerakan putih pada giliran pertama. The French Defense adalah pembuka respon hitam terhadap 1. e4, sedangkan The Slav Defense adalah pembuka respon hitam terhadap 1. d4.

Penutup

Lima contoh pembuka dasar di atas bertujuan untuk membantu pemain baru untuk mengerti prinsip early game catur secara lebih dalam. Perlu diingat bahwa dalam catur, pengertian lebih penting dari hafalan. Kalian tidak perlu menghafal lima pembuka di atas — itu hanyalah contoh giliran-giliran awal dalam catur kompetitif.

Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada penulis dari Chess.com yang telah membantu saya dalam menulis artikel ini. Saya harap semua yang saya tulis di atas dapat membantu kalian dalam memulai catur, atau menikmati catur lebih dalam.

Kalian bisa main catur online secara gratis melalui Chess.com.


Untuk membaca artikel tentang catur online dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.