Tips Foraging Stardew Valley, Panen Item Jadi Lebih Kencang dan Melimpah Ruah

Tips Foraging Stardew Valley

Tips Foraging Stardew Valley — Stardew Valley memanglah hadir sebagai game yang berfokus pada kehidupan bertani, cocok tanam, dan peternakan. Namun, tidak dipungkiri bahwa pegunungan, hutan, dan tambang yang ada kota Pelican Town ini juga menyimpan banyak kekayaan alam yang pastinya sangat rugi apabila tidak kamu kumpulkan.

Mengumpulkan item-item liar di luar kebunmu ini juga akan meningkatkan skill Foraging. Maka, semakin sering kamu mengumpulkan item di luar kebun, maka akan semakin tinggilah skillmu ini. Semakin tinggi level skill kamu, maka semakin berkualitas pulalah item yang bisa kamu dapatkan.

Sehingga, artikel kali ini akan membagikan tips Foraging Stardew Valley agar panen item jadi makin kencang dan melimpah!

Tips Foraging Stardew Valley

Tips Foraging di Stardew Valley

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat foraging di Stardew Valley:

1. Upgrade Axe

Upgrade kapakmu!

Tips pertama yang bisa kamu pertimbangkan adalah mengupgrade axe atau kapak. Kapak ini bisa kalian pakai untuk menebang pohon yang ada di Stardew Valley. Sebagai informasi, menebang pohon bisa dengan cepat meningkatkan skill Foraging-mu, maka sangat dianjurkan untuk menaikkan level tools yang satu ini.

Kalian bisa upgrade tools ke Clint si blacksmith. Di bawah ini adalah daftar harga dan item untuk setiap upgrade:

2. Looting ke The Secret Woods

Looting ke Secret Woods

Tips foraging Stardew selanjutnya adalah dengan pergi ke The Secret Woods. Hutan ini berlokasi di barat laut Hutan Cindersap. Di hutan ini, setidaknya player bisa mendaptkan 6 hardwood stumps setiap hari. Pastinya, dengan mengunjungi hutan ini tiap hari, kamu bisa mendapatkan banyak XP skill Foraging.

Akan tetapi, untuk bisa mengakses area ini, pemain harus upgrade kapak ke Steel Axe atau lebih tinggi terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena area ini dihalangi oleh batang kayu yang besar banget yang mana tidak bisa dihancurkan hanya dengan kapak biasa,

3. Pilih Profesi Botanist

Pilih profesi botanist

Jika kamu memilih profesi ini, maka seluruh item foraging yang kamu temui akan didapat dengan kualitas Iridium. Bahkan buah berry yang ada di semak-semak pun bisa kamu dapatkan dengan kualitas tertinggi ini.

Dengan begini, kamu akan bisa mendapatkan banyak uang hanya dengan jalur foraging saja. Untuk mendapatkan profesi ini, kamu juga harus memilih opsi “Gatherer” saat level 5. Barulah setelahnya profesi Botanist akan terbuka ketika skillmu sudah mencapai level 10.

4. Jangan Lupa Looting ke Pantai

Jangan lupa cek ke pantai, ya!

Ternyata mengumpulkan cangkang, kerang, dan rumput laut di pantai juga dapat meningkatkan level skill Foraging-mu, lho! Sebab dia memberikan poin serupa halnya dengan kamu memungut item lain seperti bunga, berry, dan jamur yang kamu temui di hehutanan.

Maka, ada baiknya kamu singgah beberapa kali dalam seminggu ke pantai. Dan fokuslah untuk foraging di sini ketika pertengahan musim Summer 12-14. Sebab, warna lautan akan berubah dan item foraging seperti coral dan kawan-kawannya juga menumpuk banget!

5. Berteman dengan Dua Bocil Ini

Berteman dengan dua bocil ini!

Selain mengurus kebun, tentunya pemain juga disarankan untuk membangun hubungan dengan para penduduk di Pelican Town. Dan dalam hal ini, penduduk kota yang bisa membantumu meningkatkan kualitas Foraging adalah si duo bocil; Jas dan Vincent.

Jika kamu berhasil menjalin hubungan baik dengan mereka, kamu akan mendapatkan cutscene dimana dua bocil ini akan mengajarimu cara membersihkan Spring Onion yang ada di hutan. Setelah cutscene ini ketrigger, pemain akan mendapatkan buff permanen yang membikin kualitas Spring Onion naik lima kali lebih baik.

6. Berteman dengan Beruang

Kasih beruang ini makan

Tips yang satu ini bisa kamu temukan di Secret Note #23. Yang mana pemain bisa menemukan beruang yang dimaksud di Secret Woods. Jika kamu membawa Maple Syrup ke hutan ini, maka kamu akan bertemu dengan beruang ini dan dia akan meminta makananmu itu.

Setelah kamu memberikan syrup tersebut ke si beruang, dia akan memberimu beberapa rahasia hutan yang bisa meningkatkan harga jual Blackberry dan Salmon Berry sebanyak tiga kali lipat. Dan ini sifatnya permanen.

7. Gunakan Wild Seed

Gunakan wild seeds!

Seiring meningkatnya skill Foraging, maka kamu bisa membuka resep Wild Seed untuk setiap musim. Wild Seed ini bisa ditanam di kebun dan tumbuh menjadi item forage. Setiap tanaman bisa digunakan untuk membuat lebih banyak bibit, yang artinya kalian bisa mendapatkan lebih banyak tanaman liar.

Setiap Wild Seed yang dibuat terdiri dari 10 bibit. Dan sangat disarankan untuk menumbuhkan Wild Seed ini selama musim Winter, jadi kamu tidak perlu khawatir kekurangan uang selama musim dingin.

8. Pakai Buff

Makan makanan yang bisa kasih buff foraging

Stardew Valley juga hadirkan berbagai jenis resep makanan yang memberikan buff, dan salah satu buff yang dia tawarkan adalah meningkatkan Foraging skill. Mulai dari buff meningkatnya drop dengan kualitas tinggi, sampai meningkatkan jumlah drop berry di semak-semak. Makanan tersebut antara lain:

Itulah beberapa tips Foraging di Stardew Valley yang bisa kalian coba demi mendapatkan hasil panen item liar yang melimpah. Adakah tips foraging lainnya yang pernah kalian coba dan berhasil? Bagikan di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Stardew Valley atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version