7 Tips Membeli Laptop Bekas yang Harus Kalian Perhatikan agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Laptop Second

Tips Membeli Laptop Bekas – Terkadang membeli laptop atau barang elektronik lainnya tidak melulu harus selalu dalam kondisi baru. Di luar faktor ekonomi, ada saja alasan lain yang mendasarinya. Salah satu di antaranya hanya digunakan untuk sekadar menyelesaikan proyek atau selama tugas tertentu.

Dalam kebanyakan kasus, memang ada yang lebih menyukai membeli laptop baru karena garansi yang lebih jelas ketimbang membeli laptop second. Namun, hal tersebut tentunya tidak berlaku untuk mereka-mereka yang hanya membutuhkan perangkat ala kadarnya, sampai mereka mampu membeli laptop, atau komputer baru.

Walau nyatanya memang harganya lebih murah ketimbang beli baru, namun jangan salah, karena membeli laptop bekas itu ada tipsnya juga loh, brott.

Pada kesempatan kali ini, kami akan hadirkanmu tips membeli laptop bekas versi Gamebrott, supaya kalian tidak merasa tertipu setelah membelinya.

Tips Membeli Laptop Bekas, Wajib Tahu!

Inilah tips membeli laptop bekas yang harus kalian ketahui supaya tidak ada penyesalan di kemudian hari.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhanmu

Sesuaikan dengan Kebutuhanmu

Terlepas kalian akan membeli laptop bekas atau baru, hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Kalau kamu hanya memakai laptop untuk menuntaskan presentasi atau mengisi tabel di Microsoft Excel, kamu hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi ala kadarnya.

Walau laptop yang nantinya kamu beli memiliki spek seadanya, namun memastikannya sesuai dengan kebutuhanmu juga adalah prioritas utama. Bisa saja kamu lebih nyaman memakai laptop dengan layar kecil, atau malah justru sebaliknya.

Kalau kamu mengikuti tips ini, kamu jelas akan terhindar dari penyesalan di kemudian hari.

2. Cek Bodi Laptop

Cek Bodi Laptop

Tips beli laptop bekas selanjutnya yang tidak boleh kalian lewatkan adalah mengecek bodi laptop. Walau hal ini terdengar remeh dan tidak penting, namun laptop dengan banyaknya baret di sana-sini juga tidak enak untuk dilihat.

Dengan memastikan bodi laptop dalam kondisi terjaga dan minim baret, retak, atau lainnya, kalian dapat memakainya untuk temani sehari-hari walau hanya sebatas laptop bekas saja, bukan?

3. Cek Layar

Cek Layar

Nah, ini dia tips membeli laptop second yang sama sekali tidak boleh kalian abaikan, yaitu mengecek layar. Umumnya, layar pada laptop memiliki kemungkinan rusak yang cukup besar, namun bila dirawat dengan baik, layar tersebut dapat menampilkan gambar tanpa masalah.

Tidak butuh cara khusus untuk mengecek layar pada laptop bekas. Kalian cukup menyalakan laptop tersebut, untuk kemudian kalian amati apakah ada garis, titik, atau keanehan lainnya. Pastikan kalian mengamatinya dengan wallpaper dengan satu warna saja, karena ditakutkan wallpaper lain justru mengaburkan masalah yang kami sebutkan tadi.

4. Pastikan Keyboard dan Trackpad Berfungsi

Pastikan Keyboard dan Trackpad Berfungsi

Tips beli laptop second selanjutnya adalah kalian harus perhatikan keyboard dan trackpad dalam kondisi berfungsi. Minimal keyboard harus berfungsi tanpa masalah karena merupakan salah satu alasan mengapa banyak yang memilih laptop.

Kalian bisa mengecek semua tombol pada laptop berfungsi dengan baik atau tidak melalui pengujian yang dapat kalian lakukan secara online. Kalau hal tersebut tidak memungkinkan, kalian bisa banget mengeceknya secara manual dengan mengetik di Microsoft Word.

5. Cek Hardware di Dalamnya dalam Kondisi Baik

Cek Hardware di Dalamnya dalam Kondisi Baik

Bagus di luar, belum tentu bagus di dalam. Sama halnya dengan laptop bekas yang akan akan kalian beli, di mana kalian juga harus memastikan semua komponen yang ada di dalamnya dalam kondisi baik, bebas masalah, dan tidak terlalu berumur. Jangan lupa untuk memastikan sistem operasi yang digunakan memang sesuai peruntukannya.

Walau cara ini akan sedikit merepotkan sang penjual, namun tidak ada salahnya untuk memastikan semua komponen yang ada di dalam laptop tersebut memang sesuai dengan apa yang dijual kali pertama, atau memang sudah diperbarui oleh toko dengan jaminan garansi.

6. Lihat Kesehatan Baterai dan Chargernya

Lihat Kesehatan Baterai dan Chargernya

Memastikan kesehatan baterai, termasuk dengan chargernya adalah salah satu faktor terpenting yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah laptop. Kalian bisa mengeceknya dengan meminta bantuan kepada penjual.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena kesehatan baterai ibaratnya nyawa sebuah laptop. Sama halnya dengan charger, di mana charger yang digunakan juga harus asli untuk menjamin pasokan daya ke dalam laptop benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan. Bila salah tegangan, bisa saja akan merusak port power laptop kalian secara perlahan.

7. Pertimbangkan Beli Secara Offline

Pertimbangkan Beli Secara Offline

Walau harga yang kalian temukan di toko-toko online memang murah dan menggiurkan, namun tidak ada salahnya kok untuk mempertimbangkan membeli laptop second secara offline. Ini bukan masalah harga, melainkan kemudahan untuk melakukan klaim garansi bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama pemakaian.

Selain itu, kalian bisa melakukan semua hal di atas tanpa harus merasa was-was takut tertipu iming-iming atau janji manis penjual yang terkadang bisa saja menjebak orang awam yang kurang mengerti. Di luar itu, kalian juga bisa meminta garansi lebih lama kepada penjual.

Itulah dia 7 tips membeli laptop bekas versi Gamebrott yang harus kalian perhatikan agar tidak tertipu dan menyesal di kemudian hari. Kami merasa tujuh tips di atas akan membantumu memilih dan memilah mana laptop second yang layak beli dan mana yang tidak.

Kalau kalian masih memikirkan ingin mendapatkan laptop dengan kualitas prima dan tanpa masalah, kemungkinan kalian justru akan lebih cocok untuk membeli laptop baru yang setidaknya lebih terjamin kualitas dan garansinya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version