MABA Wajib Tahu! Tips-Tips Membeli Laptop yang Sekaligus Juga Bisa Buat Main Game

in , ,

Menginjak tahun pelajaran baru untuk pelajar/mahasiswa pastinya ada kebutuhan-kebutuhan baru yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah laptop yang kini sudah menjadi suatu kebutuhan yang bisa dibilang wajib untuk pelajar/mahasiswa.

Selain menjadi sebuah perangkat yang membantu para pelajar/mahasiswa dalam menyelesaikan pendidikannya, laptop juga bisa digunakan sebagai media lainnya seperti untuk bermain game atau hanya untuk sekedar menghabiskan waktu santai dengan menonton film atau browsing di internet.

Untuk kalian yang masih belum mebeli laptop atau sedang bingung ingin laptop yang seperti apa untuk menemani hari-hari perkuliahan kalian nantinya bisa disimak beberapa tipsnya di bawah ini (wajib disimak jika kalian MABA) :


1. Pahami Jurusan

 

Jika kalian Mahasiswa Baru (MABA) yang telah diterima di kampus manapun, pastikan kalian paham dan mengerti jurusan apa yang kalian ambil. Dengan begitu kalian akan tahu kebutuhan laptop apa yang nantinya akan dibeli. Misalkan, kalian masuk di jurusan desain, seperti 3D artist hingga mengedit video maka laptop yang kalian butuhkan harus memumpuni baik dari segi performanya maupun besar penyimpanannya untuk menyimpan karya/tugas kalian nantinya. Atau jika kalian masuk jurusan akuntansi/sastra mungkin sesuaikan dengan kebutuhan yang ringan-ringan saja seperti mengetik atau browsing literatur sehingga kalian tidak berlebihan saat membeli laptop.


 

2. Frekuensi Penggunaan Laptop

 

image courtesy, makeuseof

Yang dimaksud frekuensi penggunaan laptop disini adalah seberapa kalian sering menggunakan laptop kalian nantinya. Ini juga menjadi pertimbangan kalian untuk membeli laptop nantinya. Jadi pastikan kalian akan sering menggunakan laptop atau hanya menggunakannya di saat-saat tertentu saja. Oleh karena itu kalian harus sudah mempersiapkan pilihan kalian saat ini juga, apakah kalian akan menjadi mahasiswa “kupu-kupu” (kuliah pulang) atau menjadi mahasiswa super sibuk yang akan menghabiskan waktunya di kampus maupun luar kampus. Jika pilihan kalian menjadi mahasiswa “kupu-kupu” maka laptop yang kalian butuhkan harus memiliki durability atau ketahanan serta sistem pendingin seperti fan/kipas laptop yang cukup karena sebagian waktu kalian di kost pasti akan dihabiskan bersama dengan laptop kesayangan baik untuk sekedar bermain game ataupun mengerjakan tugas perkuliahan. Namun jika kalian memang memiliki kesibukan yang cukup banyak selama masa kuliah otomatis penggunaan laptop tidak begitu banyak, dengan begitu laptop yang bisa kalian pinang cukup standar saja tidak harus begitu kuat dengan bodi yang tebal, hal ini memungkinkan jika kalian membawanya saat kepentingan diluar tidak begitu berat.


3. Sesuaikan dengan Hobi

image courtesy, hobbystudio

Meskipun kalian tengah menuntut kewajiban sebagai Mahasiswa Baru (MABA), namun hal lainnya seperti hobi juga tidak boleh ditinggalkan. Di masa perkuliahan ini kalian akan menemukan banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sesuai dengan hobi kalian. Tidak menutup kemungkinan jika kalian kuliah di jurusan kedokteran namun memiliki hobi bermain game atau kalian yang memilih jurusan teknik memiliki hobi membuat video blog atau vlog. Maka dari itu hobi menjadi pertimbangan yang tak kalah penting sebelum kalian membeli laptop. Untuk kalian yang memiliki hobi bermain game hingga mengedit video pastikan laptop yang kalian beli memliki spesifikasi dan performa yang tangguh, yang terpenting adalah melihat bagian prosesor, RAM, dan GPU/graphic card-nya. Namun jika kalian memiliki hobi yang ringan seperti menulis blog atau content creator di dunia tulis menulis mungkin tidak perlu memprioritaskan laptop dengan spesifikasi yang tinggi.


4. Desain

image courtesy, huffingtonpost

Desain atau model dari suatu laptop juga menjadi pertimbangan sebelum kalian para “MABA” sebelum membeli laptop. Kebanyakan laptop saat ini telah mengusung desain yang slim serta mudah dibawa kemana mana tanpa mengorbankan sistem pendinginannya meskipun bodinya tipis. Untuk kalian yang hobi nongkrong sambil ngerjain tugas mungkin kebanyakan desain laptop saat ini sangat cocok, tak seperti laptop generasi dahulu yang memiliki desain bodi yang tebal dan berat saat dibawa kemana-mana. Desain laptop kekinian saat ini juga bisa cocok untuk “MABA” cewek yang bisa menghabiskan waktu menonton drama korea di laptop sambil tiduran atau bersantai dapat dengan mudah memindahkan laptopnya.


 

5. Sistem Operasi

image courtesy, jejakwaktu

Sistem operasi ? itu apa ? untuk orang awam mungkin belum paham apa itu sistem operasi. Secara sederhana sistem operasi itu seperti penjembatan antara kalian sebagai pengguna dengan aplikasi-aplikasi yang akan kalian gunakan. Misalkan kalian ingin nonton YouTube tanpa adanya sistem operasi maka browser kalian seperti Google Chrome tidak bisa diinstall atau bahkan dibuka. Umumnya di teknologi saat ini ada 3 sistem operasi yang umumnya dipakai, yaitu Linux, MacOS, dan Windows. Untuk “MABA” yang hobi oprek atau kuliah di jurusan komputer mungkin menggunakan ketiga sistem operasi tersebut tidak asing. Saat ini paket penjualan laptop juga telah tersedia satu paket dengan sistem operasi yang tentunya original seperti Windows dan MacOS. Namun jika tidak ingin mengeluarkan biaya lebih maka sistem operasi Linux dapat menjadi pilihan karena gratis dan aplikasi yang didukung juga sudah banyak dengan berbagai macam kebutuhan. Kebanyakan anak DKV pasti membutuhkan laptop dengan sistem operasi MacOS karena banyak aplikasi yang mudah digunakan untuk membantu perkuliahan mereka, sementara anak komputer khususnya jaringan sangat membutuhkan sistem operasi Linux untuk mengoprek-oprek instalasi jaringan.


6. Tentukan Kapan akan Lulus

Untuk “MABA” kalimat atau pertanyaan “kapan lulus ?” hingga “wisuda kapan ?” mungkin masih belum menjadi momok yang besar. Oleh karena itu, kalian yang baru saja dinobatkan sebagai mahasiswa baru penting untuk menentukan kapan akan lulus. Empat tahun untuk gelar Sarjana dan tiga tahun untuk gelar Diploma 3. Itu merupakan target pada umumnya, mungkin juga banyak yang memiliki target kurang dari itu. Hal tersebut pastinya juga merupakan pertimbangan sebelum kalian membeli laptop. Pada dasarnya laptop sendiri memliki life cycle kurang lebih 4 tahun bahkan bisa kurang melihat teknologi yang berkembang cukup pesat saat ini. Jadi jika kalian ingin menyelesaikan pendidikan kuliah dengan singkat maka laptop dengan spesifikasi menengah mungkin bisa menjadi pilihan yang bisa membantu kalia mengejar target kelulusan maupun juga bisa digunakan sebagai media hiburan baik nonton film dan bermain game ringan. Namun jika kalian mungkin sedikit meleset atau meleset jauh dari target mungkin laptop dengan spesifikasi tinggi bisa menjadi pilihan untuk kedepannya. Mungkin dengan laptop spesifikasi tinggi juga kalian bisa menemukan passion baru yang bisa menghasilkan uang jajan dengan menjadi streamer atau membuat konten menarik dan positif lainnya. Namun tetap apapun laptop yang kalian beli nantinya kalian harus bisa membuktikan bahwa pertanyaan “kapan lulus” atau “wisuda kapan” bisa kalian jawab dengan usah kalian menyelesaikan pendidikan tersebut. Selama apapun kalian kuliah sebisa mungkin selesaikan jangan sampai terkena “DO”.


 

7. Budget

Dari kriteria serta pertimbangan-pertimbangan diatas tentunya yang menjadi kunci sebelum membeli laptop adalah “budget” atau biaya yang bisa kalian keluarkan untuk itu. “Budget” menjadi pertimbangan yang pada akhirnya kalian harus ikuti. Mau setinggi apapun spesifikasi laptop yang kalian inginkan pertimbangan terakhir jatuh pada “budget”. Apalagi kalian yang baru saja menjadi “MABA” kebutuhan lainnya juga menjadi prioritas. Terlebih jika kalian yang ngekost pasti membutuhkan biaya hidup seperti makan, bayar bulanan listrik, patungan wi-fi dan kebutuhan lainnya. Oleh karena itu jika semua kriteria laptop yang kalian inginkan sudah sesuai terakhir adalah sesuaikan kembali dengan budget maksimal yang bisa kalian keluarkan.


8. Sayangi Laptop

Tips terakhir ini menjadi sebuah wejangan untuk kalian yang akan memulai hidup baru sebagai “MABA”. Mungkin laptop bukan menjadi prioritas utama atau sebaliknya di sisi lain laptop bisa menjadi hal yang sangat dibutuhkan hingga saat genting sekalipun. Bukan hanya pacar/teman/dosen yang akan membantu kalian menyelesaikan kuliah nantinya. Laptop lah yang akan membantu kalian mulai dari tugas kuliah hingga tugas akhir pasti semuanya dipermudah dengan hadirnya laptop.  Sebisa mungkin perlakukan laptop kalian sebaik-baiknya bahkan saat bermain game sekalipun tak perlu menggebrak laptop kalian saat kalah, atau buat kalian para cewek mungkin tak harus menangis didepan laptop saat nonton drama, air matamu yang jatuh mungkin akan mengakhiri hidup sang laptop. Rawat laptop dengan cara yang mudah saja mulai dari letakkan di tempat yang tidak menyerap panas seperti kasur/bantal karena akan mengganggu sistem pendinginan dari laptop bahkan akan merusaknya.


image courtesy, hercampus

Sebagai penutup, selamat menjadi Mahasiswa Baru para brott. Main game boleh “DO” jangan. Semoga sepanjang perjalanan menempuh pendidikan tinggi ini bisa kalian selesaikan hingga berada di titik “Wisuda” secara langsung kalian akan membuat orang tua bahagia dan bangga.

 

 

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi