Tips Membeli PC Rakitan — Kenali Dulu Istilah Awam Komputer Ini

tips membeli pc rakitan

Tips Membeli PC Rakitan – Kondisi harga pasar komponen PC saat ini sudah berangsur normal. Banyak sekali masyarakat yang tertarik ingin merakit PC sendiri. Melihat banyaknya orang-orang awam yang punya rencana seperti itu rasanya perlu panduan khusus bagi kalian agar tidak salah dan berakhir membeli PC yang spesifikasinya jauh dibawah standar zaman now.

Memang kalian yang malas atau tidak paham dengan istilah dunia komputer bisa membeli PC yang sudah tersedia di marketplace. Namun, agar tidak dikibulin oleh seller, kalian setidaknya harus tahu dulu beberapa istilah awam komputer agar PC yang kalian beli itu sesuai dengan harga yang kalian bayar.

Tips Membeli PC Rakitan yang Sesuai Price-to-Performance

Tips membeli PC rakitan yang wajib kalian kenal

Satu lagi, tips di artikel ini juga berlaku untuk laptop dan tidak terpaku pada komputer desktop saja. Jadi bagi kalian yang ingin rakit PC atau membeli unit langsung jadi, kalian bisa simak dulu istilah yang sudah penulis kumpulkan. Tanpa basa-basi mari kita bahas ya.

Generasi Prosesor

Prosesor Intel yang sudah lumayan uzur

Istilah awam komputer pertama yang harus kalian paham itu adalah generasi prosesor. Patokan generasi prosesor untuk merk Intel dan AMD sedikit berbeda dan kalian harus jeli ketika ditawarkan PC rakitan jadi.

Secara garis besar prosesor Intel lebih gampang untuk dikenali generasinya. Sebagai contoh saya akan memakai Intel Core i5-6500 dalam rakitan PC. Yang perlu kalian perhatikan adalah digit dibelakang i5 yaitu 6500. Secara umum digit pertama menandakan generasi prosesor tersebut rilis di pasaran. Digit setelahnya merupakan kelas prosesor tersebut berada.

Jadi Intel Core i5-6500 adalah prosesor generasi ke-6 dari Core series Intel dan digit 5 merupakan kode untuk kategori i5 itu sendiri. Semakin rendah digit pertama berarti semakin tua umur prosesor tersebut. Semakin tinggi digit kedua berarti semakin tinggi kelas prosesornya. Saat artikel ini ditulis, Intel sudah mencapai angka 13 dan biasanya akan ada generasi baru minimal setahun sekali.

Sedangkan untuk AMD sedikit rumit dikarenakan tim merah berkali-kali mengganti code name prosesor mereka. Sebagai panduan umum, usahakan mencari prosesor model Ryzen dan hindari seri FX. Agar lebih gampang, saya akan mencontohkan Ryzen 5 2600 dimana kasusnya sama seperti Intel, 4 digit menandakan generasi prosesornya.

Digit paling depan berarti generasi dan digit setelahnya menandakan kelas. Berbeda dengan Intel, AMD menggabungkan lini prosesor desktop dan laptop mereka dalam satu generasi namun menggunakan angka depan yang berbeda. Sehingga membaca generasi prosesor AMD sedikit tricky. Kalian wajib riset terlebih dahulu di mesin pencari.

Kecepatan RAM

Kecepatan RAM juga lumayan penting

Untuk tips membeli PC rakitan kedua yang perlu kalian perhatikan adalah kecepatan atau frekuensi RAM. Mungkin bagi beberapa sistem kecepatan RAM tidak begitu signifikan pengaruhnya. Namun bagi kalian yang akan menggunakan PC rakitan kalian sebagai mesin gaming, kecepatan RAM bisa dikonversikan secara langsung menjadi penambahan frame per second.

Umumnya untuk seri Intel meski tergantung dengan generasi prosesor kalian, standar kecepatan RAM berkisar dari 2333MHz hingga diatasnya. Untuk seri Ryzen lebih sensitif terhadap kecepatan RAM dan penulis sarankan untuk mencari frekuensi 3200MHz keatas.

Penjual juga kadang tidak menuliskan spesifikasi RAM yang disertakan. Agar tidak berujung membeli kucing dalam karung, sebaiknya tanyakan dulu apa spesifikasi RAM-nya dan bila seller terkesan menolak memberi jawaban, sudah bisa dipastikan RAM yang terpasang bukan kualitas yang bagus.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Motherboard

Motherboard

Untuk istilah awam komputer ini sudah pernah penulis bahas di artikel sebelumnya. Namun kali ini penulis akan membahas dengan lebih awam-frendly lagi. Jika kalian membeli PC rakitan langsung, otomatis tidak perlu pusing lagi mencari motherboard yang sesuai.

Namun untungnya, kualitas motherboard tidak punya pengaruh signifikan terutama buat kalian yang bukan power user. Jadi, kalian bisa menilai motherboard dari fitur yang kalian inginkan saja seperti adanya koneksi Wi-Fi builtin atau adanya port USB yang banyak.

Tapi jika kalian ingin menggunakan PC rakitan tersebut sebagai mesin gaming atau workstation, pastikan untuk memilih memilih chipset yang sesuai dengan usecase kalian mulai dari kemampuan overclock, jumlah slot RAM, jumlah SSD yang bisa dipasang, hingga adanya fitur estetika seperti aRGB.

Power Supply

Waspada kualitas power supply abal-abal

Nah, yang satu ini bisa berpotensi fatal jika tidak memilih dengan benar. Komponen penghantar listrik ke PC ini wajib kalian perhatikan baik-baik kualitasnya. Bahkan merk ternama sekalipun bukan jaminan tidak akan terjadi hal diluar ekspektasi.

Bukan ingin menakuti namun memilih power supply yang kurang bagus akan berakibat rusaknya komponen lain. Penulis juga sudah pernah membahas di artikel ini. Sebagai tambahan mungkin kalian bisa memilih brand yang berani memberi garansi panjang yang berarti mereka percaya produk tersebut bisa digunakan dalam jangka panjang.

Generasi Kartu Grafis

Kartu grafis sering jadi korban pangkas seller

Bagian yang paling menjadi highlight dalam sebuah build PC rakitan biasanya adalah kartu grafis. Banyak sekali seller yang memangkas seri kartu grafis dan berujung PC tersebut terlihat over-price alias tidak sesuai harga.

Saran penulis kalian bisa memantau harga kartu grafis sebelum membeli dan bila dirasa total harga PC rakitan tersebut tidak masuk akal, urungkan saja niat membeli PC rakitan tersebut. Pastikan juga kartu grafis tersebut bukan bekas mining dan punya garansi resmi yang masih berlaku.

Sedangkan untuk seri kartu grafisnya sendiri, penamaan serinya juga mirip dengan skema penamaan prosesor diatas. Sebagai contoh kartu grafis dari NVIDIA RTX 3060. Digit pertama berarti generasi dan digit ketiga berarti kelas kartu grafisnya. Semakin tinggi digitnya, semakin baru dan kencang. Hal ini juga berlaku untuk seri AMD Radeon dan kalian tinggal mencocokkan nilai digit yang tertera.

Kesimpulan

Pastikan PC rakitan sesuai harga

Terkadang apa yang kita bayar bukan berarti apa yang kita dapat. Apalagi bila bertemu dengan seller yang ‘nakal’ dan kalian tidak punya bekal istilah awam komputer sama sekali. Saran penulis selalu riset apa yang kalian beli guna menghindari kasus dikibulin sellerseller tidak bertanggung jawab.

Jadi apakah ada tips membeli PC rakitan yang perlu diperhatikan selain penulis sebut diatas? Kalian bisa diskusi sehat jempolan ya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait TECH atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version