Tips Membuat Ukuran Thumbnail YouTube yang Pas untuk Tampilan Videomu!

Tips Membuat Thumbnail Youtube

Selain membuat konten, seorang YouTuber setidaknya harus tahu bagaimana cara mengatur dan mengelola channelnya agar terlihat rapi dan menarik. Salah satunya adalah dengan menambahkan gambar thumbnail, yang merupakan tampilan awal pada video yang akan kita tonton di YouTube.

Biasanya, thumbnail dibuat semenarik mungkin, bahkan tidak jarang dibuat clickbait agar dapat menarik minat orang untuk menonton video tersebut. Nah, buat kamu yang belum tahu ukuran pas thumbail di YouTube, baca tips singkat ini sampai tuntas yah.

Perhatikan dulu Syarat Dan Ketentuan Dari YouTube

Sebelum memulai, kita harus memperhatikan syarat dan ketentuan dari pihak YouTube yang bisa dilihat di sini. Selalu pastikan thumbnail yang akan kita gunakan sudah memenuhi panduan komunitas yang berlaku. Hindari penggunaan gambar yang mengandung unsur pornografi, kekerasan, rasisme, ujaran kebencian, agama, dan hal lainnya yang dapat ditemukan di sini.

Buat Judul Dan Keyword Pada Thumbnail

Setelah memastikan kita telah mengikuti syarat dan ketentuan dari YouTube, barulah kita bisa dengan tenang melanjutkan ke langkah berikutnya. Adalah judul dan keyword, yang harus kita sertakan pada thumbnail yang akan kita gunakan.

Menambahkan informasi singkat mengenai isi video, dan tulisan pada thumbail juga bisa menjadi magnet sehingga orang akan tertarik untuk menontonnya. Hindari penggunaan kata-kata yang bersifat clickbait, dan buatlah kalimat yang berdasarkan video yang kita unggah nantinya.

Saatnya Membuat Thumbnail

Berdasarkan informasi dari support page YouTube, berikut adalah rekomendasi ukuran thumbail yang disarankan:

Setelah memperhatikan beberapa hal di atas, barulah kita bisa mendesain thumbnail untuk video yang akan kita unggah. Apabila kamu terkendala dengan desain, bisa juga kok menggunakan aplikasi seperti Canva untuk memudahkan kamu dalam membuat desain. Namun, akan lebih bagus lagi bila kamu bisa membuat thumbnail ala kamu sendiri agar lebih terlihat original dan niat.

Nah, kira-kira itulah tips singkat dari kami terkait pembuatan thumbnail YouTube. Gimana menurut kalian, kalau ada yang kurang, boleh ditambahkan di bawah ya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version