Beli HP Baru? Inilah 7 Tips Memilih HP agar Kalian Tidak Salah Beli!

Tips Memilih Hp sesuai kebutuhan

Tips Memilih HPSmartphone atau HP sudah tidak lagi terpisahkan dari kehidupan kita di era serba digital ini. Mengingat semua orang membutuhkan sarana komunikasi dan sebagai manusia sosial kita tidak bisa hidup tanpa memberi atau mendengar kabar orang lain. Smartphone adalah kebutuhan yang mendekati primer di tahun-tahun belakangan.

Sebagai barang yang digunakan setiap hari, tentu smartphone akan degradasi secara kualitas atau istilahnya rusak. Ditambah lagi smartphone sekarang tidak bisa bertahan dalam durasi pemakaian yang lama seperti era feature phone dulu. Batas rata-rata seseorang mengganti smartphone sekarang adalah berkisar antara 2-3 tahun.

Memilih HP tentu bukan perkara sulit, namun jika tidak melalui riset sendiri banyak yang berakhir dengan penyesalan. Antara spesifikasi tidak sesuai, kamera kurang jernih, atau bahkan tidak kuat bermain game berat. Ada baiknya memperhatikan sejumlah poin kunci sebelum memutuskan membeli HP baru.

Tips Membeli HP Baru Biar Tidak Salah Lagi

Tips memilih smartphone agar tidak salah beli

Berikut sudah kami kumpulkan 7 tips memilih HP sesuai kebutuhan kamu yang hendak membeli gawai pintar baru di tahun 2023 ini. Perlu dicatat seluruh tips HP dalam artikel ini tidak absolut atau wajib diikuti. Kalian bisa menjadikan isi artikel ini sebagai acuan dan memilah sendiri apa yang cocok bagi kalian. Jadi, tanpa basa-basi lagi mari kita mulai saja tipsnya.

1. Belilah yang Spek-nya Tidak Nanggung

Belilah spesifikasi di atas rata-rata

Soal budget smartphone tentu setiap orang beda-beda. Namun ada tips yang paling teruji jika kalian tidak ingin merasa smartphone yang kalian beli itu terlalu lemot, belilah HP yang spesifikasinya tidak terlalu nanggung untuk penggunaan minimal 3 tahun kedepan. Dengan begitu kalian bisa merasakan smartphone yang kalian beli nantinya masih gress dan ngebut setidaknya sampai masa layak pakai gawai habis.

Sebagai acuannya, kalian bisa memilih HP baru yang berada pada rentang lower mid-range di kisaran 2,5 juta hingga 4 juta. Di rentang harga segitu biasanya produsen sudah tidak lagi memberikan spek yang nanggung seperti penyimpanan internal yang hanya 64GB atau RAM dibawah 6GB. Jadi tidak ada salahnya untuk memilih smartphone dengan harga lebih tinggi namun nyaman digunakan hingga 3-4 tahun kedepan.

2. Hobi Main Game? Siapkan Budget Lebih Banyak

Smartphone gaming butuh komputasi lebih ngebut

Buat kalian yang hobi main game di smartphone dan ingin beli smartphone baru buat mengakomodasi hobi tersebut, tentu harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Wala u sebenarnya sangat bergantung pada game yang kalian mainkan, kita asumsikan kalian suka eksplorasi dan tidak betah bermain satu game dalam jangka waktu lama. Tentu spesifikasi harus mumpuni baik dari kemampuan komputasi hingga ukuran penyimpanan.

Apalagi jika kalian suka dengan game berat seperti Genshin Impact tentu budget untuk memainkan game ini dengan lancar jaya tidak sedikit jumlahnya. Minimal kalian harus merogoh kantong 4 juta keatas agar performa main game bisa maksimal. Jadi pastikan menabung sampai cukup sebelum memutuskan untuk membeli.

3. Riset Sebentar Soal Chipset atau SoC

Pelajari sedikit mengenai penjelasan chipset

Sebagai otak dari sebuah smartphone, SoC atau System on Chip adalah peran paling krusial dalam menentukan apakah smartphone itu punya bandrol harga seperti apa. Chipset yang semakin tinggi kelas berarti semakin banyak fitur atau semakin baik pula performanya dan juga semakin mahal pula harganya.

Sebelum kalian membeli, pastikan kalian sudah tahu chipset apa yang terkandung dalam HP incaran. Tidak perlu muluk-muluk jika sekadar smartphone sehari-hari, pastikan untuk browsing di sosial media tidak lemot sudah cukup. Dengan begitu kalian bisa menghemat pengeluaran.

4. Kapasitas Baterai dan Kecepatan Daya Pengecasan Perlu Disesuaikan

Kapasitas baterai dan charging speed juga perlu diperhatikan

Ingin punya smartphone yang tidak sering-sering mencari colokan charger? Pastikan kapasitas baterainya cukup besar. Minimal kalian bisa mencari yang sudah berukuran 5000mAh. Tapi ada hal yang tidak kalah penting yaitu kecepatan charger. Punya kapasitas badak berarti kalian juga butuh waktu lama untuk charging sampai penuh. 

Untungnya HP midrange sekarang banyak yang sudah dibekali dengan kemampuan fast charging mulai dari 33W, 67W dan lebih tinggi. Jadi sebelum beli pastikan kalian cek terlebih dahulu seberapa besar daya sekali masuk.

5. Ukuran Layar dan Body

Suka yang compact atau maximum?

Terkadang banyak yang menyukai smartphone dengan ukuran bongsor. Biasanya dengan ukuran seperti itu, layar juga lebih lapang dan lebih nyaman digunakan untuk menonton konten atau bermain game. Tapi tidak sedikit juga yang masih menyukai ukuran HP kecil agar lebih ramah kantong.

Ukuran HP sekarang berkisar antara 5,8 inci sampai 6,8 inci. Perbedaan 1 inci ini terdengar tidak signifikan namun prakteknya cukup jauh perbedaan yang dirasakan. Jadi, tips berikutnya kalian harus tahu suka tipe HP yang compact dan kecil atau yang bongsor. Kelemahan HP bongsor tentu selain ukuran yang tidak ramah dipegang satu tangan, juga akan terasa lebih berat.

6. Hobi Foto? Ukuran Megapixel Bukan Segalanya!

Tukang jepret-jepret wajib baca

Membicarakan marketing ya tentu saja jualan angka. Hal ini juga yang dilakukan oleh produsen smartphone. Membanggakan kamera bagus di rentang smartphone mid-range tentu paling gampangnya adalah soal berapa Megapixel kamera di HP tersebut. Padahal sejatinya ukuran Megapixel itu bukan satu-satunya alat ukur kualitas kamera smartphone.

Masih banyak poin-poin lain  yang menjadikan sebuah kamera smartphone bagus. Seperti sensor yang miliki, ISP dari chipset, hingga komputasi software milik smartphone tersebut. Jadi ukuran 200 Megapixel pada iklan sebuah HP bisa saja memiliki kualitas jepretan yang lebih inferior dari kamera HP lebih mahal yang menggunakan 48 Megapixel saja misalnya. Terdengar menyesatkan tapi memang itulah kenyataan aslinya.

7. Belilah yang Sudah Garansi Resmi

Pastikan bergaransi resmi ya, brott

Pernah mendengar kasus HP yang sinyal GSM diblokir dan hanya bisa menggunakan Wifi? Kemungkinan besar smartphone tersebut merupakan produk yang tidak ada garansi resminya atau merupakan produk yang tidak melewati bea cukai. Jadi pastikan membeli HP yang memang secara resmi beredar di Indonesia. Selain kalian membantu perekonomian Indonesia, kalian juga bisa lebih nyaman menggunakannya.

Soalnya garansi resmi ini memang diperuntukkan jika HP yang sudah kalian beli dengan jerih payah itu terlindungi dari kerusakan di luar kendali. Produsen berani memberikan jaminan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada smartphone kalian, kalian masih bisa memperbaikinya secara gratis dalam masa garansi. Jadi tidak perlu cemas lagi ketika HP tiba-tiba mati total misalnya.

Itulah 7 tips sebelum membeli HP baru di tahun 2023. Menurut kalian rentang harga yang cocok untuk HP sekarang di kisaran berapa sih, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version