7 Tips Memilih Mechanical Keyboard yang Harus Kamu Ketahui

Tips Memilih Mechanical Keyboard

Tips Memilih Mechanical Keyboard

Kali ini, penulis akan kembali ajakmu membahas sesuatu yang ringan, tentunya masih seputaran dunia mechanical keyboard. Di zaman now, kehadiran dari mechanical keyboard boleh berikan sensasi tersendiri dan buat orang ingin milikinya. Olehnya, Tips Memilih Mechanical Keyboard ini haruslah kamu baca demi tambah referensi.

Mulai dari bentuk dan banyaknya keys alias layout, warna-warni keycaps, variasi switch, sampai opsi konektivitas bakalan jadi evaluasi. Belum ditambah ramainya brand yang kini tawarkan bermacam mechanical keyboard untuk temani aktivitas harian.

Nah, kalau kamu tertarik untuk meminang mechanical keyboard, ada baiknya kamu ketahui Tips Memilih Mechanical Keyboard di bawah ini, brott.

Demi Kenyamanan, Ikuti Tips Memilih Mechanical Keyboard Ini

Sebenarnya, ada banyak Tips Memilih Mechanical Keyboard yang bisa kamu ikuti demi dapatkan mechanical keyboard (untuk selanjutnya disebut keebs) idaman.

1. Siapkan Alokasi Dana Terlebih Dahulu

Dewasa ini, berseraknya brand yang luncurkan keebs berkualitas tidaklah hanya didominasi brand khusus gaming. Tidak hanya brand kenamaan, kini kita diberi alternatif yang cukup ramah di kantong melalui produk lokal.

Suka atau tidak, Tips Memilih Mechanical Keyboard yang tentunya harus kamu ikuti pertama kali ialah menyiapkan alokasi dana terlebih dahulu. Setidaknya, bermodalkan mulai dari 200-300 Ribuan Rupiah, brott semua sudah bisa dapatkan keebs dengan kualitas cukup, khususnya untuk kelas entry-level.

2. Baca Review dan Referensi dari Orang Lain

Setelah menyiapkan dana, Tips Memilih Mechanical Keyboard berikutnya adalah dengan membaca review dan referensi dari orang lain terhadap keebs incaran. Entah dengan ikut komunitas di media sosial atau melalui referensi orang yang gunakan keebs tersebut, tentu akan bermanfaat sebagai masukan.

Penulis sarankan untuk tak terlalu ikuti hype dan menyesal di kemudian hari, karena keebs tak semata-mata hanya berbicara soal hype. Yang lebih parah ialah kata “mendang-mending” (meski terkadang dibutuhkan) di mana keebs yang mereka maksud belum tentu sesuai dengan kebutuhan.

Tak lupa penulis ingatkan bahwa kita sebaiknya membeli keebs dengan brand yang cukup dikenal, bukan karena hype semata. Boleh banget mendukung brand lokal, namun harus dicatat bahwa tak semua brand lokal benar-benar worth menurut observasi penulis.

3. Cek Layout yang Ditawarkan

Tentunya, kalian sudah paham betul bahwa dengan ikuti Tips Memilih Mechanical Keyboard sebelumnya, diasumsikan bahwa brott sudah cukup ‘tahu’ dengan bentuk atau layout dari keebs incaran.

Kalian tak boleh remehkan masalah layout ini, karena penulis merasa bahwa ini adalah hal yang benar-benar harus diperhatikan. Beberapa bulan belakangan, penulis ‘khilaf’ membeli beberapa keebs dengan layout yang berbeda, mulai dari 60% sampai dengan full-size.

Namun, setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu, ternyata layout 60% malah terlalu kecil, dan fakta di mana arrow keys ditiadakan adalah hal yang menyebalkan. Namun, hal serupa tak dialami penulis pada keebs dengan layout 65%, di mana terdapat arrow keys dan adanya tombol pelengkap.

4. Cek Switch dan Konektivitas yang Ditawarkan

Sebenarnya, Tips Memilih Mechanical Keyboard yang tak boleh kalian lewatkan adalah cek switch dan konektivitas yang ditawarkan dari keebs tersebut. Berdasarkan pengamatan penulis, biasanya beberapa brand hanya sediakan pilihan switch yang populer dan digemari mayoritas pada saat itu.

Hal ini sudah pernah kami bahas sebelumnya di bahasan sebelumnya, di mana ada cukup banyak variasi switch ditawarkan.

Penulis telah coba switch linear dan tactile, baik itu 3Pin (Plate Mount) dan 5Pin (PCB Mount). Rasanya hampir tak ada beda masif di antara kedua jenis switch tersebut, dan harus diluruskan bahwa tidak ada peruntukan khusus masing-masing switch. Artinya, semua benar-benar tergantung dari preferensi.

Selain switch, faktor lain yang harus kita perhatikan adalah konektivitas yang ditawarkan. Meski wired alias berkabel tetaplah nomer satu untuk kenyamanan, tampaknya era wireless alias nirkabel naik berkat banyaknya orang beraktivitas secara remote, di kafe misalkan.

Di antaranya adalah Wireless 2.4GHz dan Bluetooth 5.0, yang diandalkan untuk temani produktivitas, bahkan kebutuhan gaming yang tak terlalu menuntut.

5. Keycaps demi Estetik dan Kenyamanan

Pun ini telah kami bahas sebelumnya. Kehadiran bermacam keycaps profile ada bermacam, bahkan menurut Wiki, ada cukup banyak keycaps ditawarkan untuk dapat kita sesuaikan.

Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis, dedikasi terhadap Yae Miko, dan masih menanti keycaps dengan tema Fischl

Penulis telah buktikan hal ini dengan ganti keycaps profile mulai dari OEM, Cherry, CSA, dan DSA, di mana ‘suara’ yang dihasilkan berbeda-beda.

Sumber: Dokumentasi Pribadi Penulis

Artinya, selain estetik alias tampilan, keycaps profile bisa berikanmu kenyamanan dalam beraktivitas. Tak lupa bahwa Tips Memilih Mechanical Keyboard ini termasuk yang mudah untuk dilakukan berkat banyaknya opsi.

6. Kehadiran RGB (WAJIB ADA) dan Gimik Lain

Di antara semua Tips Memilih Mechanical Keyboard di atas, rasanya kurang informatif bila penulis tak tegaskan bahwa kehadiran warna-warni (RGB) merupakan suatu keharusan absolut.

Selain menambah Frame per Second (FPS) ketika memainkan game kesayangan, tak lupa semakin keras kita tekan keebs tersebut, maka makin besar damage yang dihasilkan. Ini adalah fitur yang WAJIB ADA (sampai penulis berikan caps lock loh, brott!).

Untuk gimik lainnya pun sebisa mungkin harus RGB, memiliki knob yang konon katanya adalah tren zaman now.

Namun, selain fitur di atas, kehadiran fitur anti-ghosting akan benar-benar bermanfaat untuk temani harimu ketika bekerja dan bermain.

7. Cek Adanya Dukungan Software

Hmmm, sebenarnya Tips Memilih Mechanical Keyboard terakhir yang akan jadi penutup ini ditujukan untuk beberapa keebs tertentu, brott. Penulis takkan spill apa-apa saja brand tersebut, karena keebs tersebut biasanya akan lebih optimal dengan software yang disediakan.

Biasanya dukungan software ini diberikan untuk keebs dengan layout 60%, di mana memang keterbatasan tombol fungsi yang ditawarkan. Tentu brand tersebut harap akan mudahkan pemakainya untuk produktivitas dan tak sekedar gaming semata.

Itulah dia Tips Memilih Mechanical Keyboard yang bisa kamu ikuti demi tambah satu dua referensi sebelum beli keebs incaran. Semua hal di atas diharapkan dapat brott ikuti supaya tak sesal di kemudian hari. Cukup banyak bukan yang harus dievaluasi?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version