Tips Memilih Monitor Gaming

LCD 03

Brott. kamu seorang hardcore gamer? Sering berjam-jam menatap layar monitor? Monitor sekarang menjadi kebutuhan para gamer, terutama mereka mereka yang memainkan game action yang membutuhkan respon cepat dari monitor tersebut agar bisa memanjakan mata. Terkadang ketika bermain game open world dan hendak melihat objek yang jauh maka resolusi dan ukuran layar- lah yang berperan. Karena itu ada beberapa tips yang mungkin kamu perlukan ketika hendak membeli monitor yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

1. Ukuran Layar dan Resolusi

Belakangan ini, banyak sekali gamer yang mulai mencintai game open world. Terlebih lagi game-game open world sering menyuguhkan hal-hal menyenangkan di dalamnya, seperti gameplay yang kompleks namun tidak rumit, grafik yang memanjakan, fitur online yang menambah rasa betah di hadapan monitor tiap hari. Untuk game open world tentunya kita memerlukan layar dan resolusi yang tinggi sehingga untuk bermain, setidaknya kamu memerlukan monitor yang beresolusi 1366×768 namun lebih baik lagi yang berada diatasnya. Tetapi resolusi yang tinggi berarti juga membutuhkan VGA dengan performa tinggi sehingga kamu harus menyesuaikan performance dengan VGA kamu dengan resolusi layar kamu, misalnya untuk bermain di resolusi 4K (3840×2160) maka kamu membutuhkan GTX 980 Ti atau VGA yang setara untuk memainkan game di resolusi tersebut secara lancar. Nah, untuk ukuran layar biasanya mengikuti resolusi yang kamu pakai brot, semakin besar ukuran layar maka semakin besar resolusinya.

 

2. Response Time dan Refresh Rate

Kamu menyukai game bergenre FPS atau kamu suka game dengan tema perang yang memiliki kecepatan gerak tinggi? Disinilah Response Time bekerja brott. Perlu diketahui game-game FPS memang membutuhkan kecepatan tinggi dalam responnya, maka dari itu kamu perlu memilih monitor setidaknya kurang dari 8ms. Mengapa demikian? Kecepatan gerak dalam game FPS membuat gambar yang dihasilkan di monitor yang memiliki Response Time lebih dari 8ms membuat gambar menjadi tidak halus. Sedangkan untuk refresh rate juga demikian. Monitor di era seperti ini kebanyakan ber-Refresh Rate 60Hz, maksudnya adalah layar monitor kamu merefresh sebanyak 60 kali per detik. Kebanyakan game-game FPS yang berkecepatan gerak tinggi biasanya akan terlihat blur di monitor ber-Refresh Rate 60Hz. Sangat disarankan bagi kamu yang bermain game FPS untuk membeli monitor yang setidaknya ber-Refresh Rate 120Hz atau lebih agar lebih maksimal dan bisa digunakan juga untuk bermain game dengan fitur 3D.

 

3. Fitur Monitor

Pilihlah monitor yang memiliki fitur HDMI dan DVI. Benar, hal ini bisa menjadi alternative untuk menghindari kesalahan dalam membeli peralatan gaming seperti VGA dan sebagainya. Selain itu pilihlah monitor yang memiliki input USB. Intinya semakin lengkap maka semakin bagus monitor tersebut.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

 

4. Tipe Panel

Tipe Panel merupakan hal yang juga harus diperhatikan. Semakin baik tipe panel maka kinerjanya juga semakin baik. Untuk lebih pendeknya kamu perlu tau urutan dari yang terbagus sampai terendah VA-AFFS-IPS-TN.

 

5. Dead Pixel

Periksalah terlebih dahulu monitor yang hendak kamu beli dengan cara menampilkan gambar putih polos untuk mengecek apakah ada dead pixel di monitor tersebut, apabila ada maka akan terlihat satu titik hitam kecil. Itulah yang disebut dead pixel.

 

6. Harga

Sesuaikan harga dengan fitur yang ada. Jangan tergoda dengan harga murah, karena biasanya juga akan berpengaruh pada kinerja monitor kamu. Sebaliknya jangan membeli dengan harga mahal namun tidak memiliki spesifikasi yang sesuai harganya.

 

Kesimpulannya, jangan asal memilih monitor brott.

Exit mobile version