Tips Memilih Mouse Yang Tepat

C2D

Buat urusan gaming, mouse merupakan salah satu komponen yang penting. Ga mau dong, pas maen game tangan cepet pegel, DPI kurang enak, ga nyaman intinya ditangan. So, ini ada sedikit tips buat kalian yang lagi bingung memilih mouse.

 

Pertama

Kenali kebiasaan memegang mouse kalian, umumnya ada 3 tipe orang dibedakan dari cara memegang mouse.
Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Palm Grib = Cara memegang mouse orang kebanyakan, yaitu telapak tangan memegang penuh mouse.
Claw Grib = Cara memegang mouse yang lebih mirip dengan bentuk cakar.
Fingertip Grib = Cara memegang mouse telapak tangan memegang separuh bagian dari mouse.


Kedua

Tentukan seberapa besar gerakan mouse yang pas buat kalian. Sensitivity mouse harus disesuaikan dengan kegunaanya. Cek dulu seberapa besar DPI mouse sebelum membelinya. DPI juga sangat berpengaruh untuk apa mouse tersebut digunakan.  Game RPG akan sangat berbeda senstivity dengan game FPS tentunya.


Ketiga

Lihat pada gambar kardus mouse, bila kedua tombol utama terlihat berbeda dan mouse terlihat sedikit lebih besar kemungkinan itu cocok untuk tipe Palm Grib. Apabila kedua tombol main sedikit kedalam badan mouse, dan ukuran mouse cenderung kecil, berarti cocok untuk tipe Fingertip, dan Claw Grib. Sesusaikan ukuran tangan kalian juga dengan besarnya mouse.

pic source: anandtech.com

Keempat

Coba cek dan bandingkan dari beberapa sumber internet, baca review dari mouse yang ingin kalian beli. Rating dari user cukup memberikan gambaran. Dimana lihat review mouse yang cukup akurat? Biasanya saya cek review di Amazon.com


Kelima

Tentunya pertimbangkan juga urusan mousepad yang pas untuk jenis mouse yang akan kalian beli. Beberapa mouse tidak akan maksimal digunakan apabila mousepad kalian tidak sesuai. Kalian bisa meminta saran kepada penjualnya, mousepad apa yang sesuai dengan mouse yang kalian beli. Beli mousepad yang kecil saja bila kalian menggunakan sensitivity rendah, dan sebaliknya.

Hmm, simple kan gimana cara memilih mouse yang benar.  Jangan lupa budget juga perlu diperhitungkan, jangan karena terlihat bagus atau merk kalian jadi salah beli.

Exit mobile version