Tips Merakit PC Gaming yang Murah Meriah di Tahun 2021

Merakit Komputer Gaming

Bagi kebanyakan orang, merakit PC Gaming dengan budget terbatas di tahun 2021 ini agaknya menjadi sebuah tantangan tersendiri. Apalagi karena harga komponennya yang masih terhitung tinggi karena efek cryptomining, kelangkaan beberapa komponen komputer, dan bahkan juga kehadiran sistem operasi terbaru Windows 11.

Bila memang sudah mengerti, merakit PC Gaming agaknya tidak susah-susah amat. Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam beberapa tahun ke depan, Windows 11 akan menjadi standar operasi sistem terbaru. Artinya, kali ini kita tidak akan membahas merakit PC Gaming dengan komponen yang sudah berumur, melainkan lebih fokus mencari komponen hardware yang tetap masih budget friendly untuk kamu temui di 2021 ini. Hampir, atau bila memungkinkan semua komponen yang akan kita tulis di artikel ini adalah komponen baru, tergantung dari ketersediaan di tempatmu.

Disclaimer

Nah, kalau kalian sudah memahami disclaimer di atas, silahkan lanjut membaca ya brott. Kita akan bahas satu per satu komponen yang digunakan, setidaknya sebagai gambaran.

Processor

Per Juli 2021 ini, harga prosesor yang beredar di pasaran berada pada angka yang cukup tinggi. Prosesor AMD menjadi kurang direkomendasikan karena harganya yang terlalu tinggi, sehingga tidak akan sesuai dengan rakitan budget oriented ini. Untuk itu, sebagai gantinya kita akan menggunakan prosesor Intel Gen-10 i3-10100F atau i3-10105F dengan harga hanya di kisaran 1,5 Juta.

Dengan 4 Core dan 8 Thread dengan daya 65W, agaknya sudah cukup sebagai standar dapur pacu komputer untuk saat ini. Untuk performanya, kalian bisa melihat referensi sudah yang banyak beredar di Youtube.

Motherboard

Tips Merakit PC Gaming yang Murah Meriah di Tahun 2021 9

Untuk Motherboard, kita tidak perlu menggunakan komponen dengan harga jutaan karena belum tentu kita akan melakukan upgrade komponen dalam waktu dekat. Untuk brand yang saya rekomendasikan adalah Asrock dan MSI. Selain terjangkau, kualitas yang ditawarkan juga bisa dibilang cukup mumpuni dan memuaskan di range harga 1 Jutaan.

Kita tidak perlu membahas performa VRM atau komponen lain secara mendalam, karena rakitan komputer ini merupakan rakitan budget oriented. Hal ini tidak perlu diambil pusing, karena justru akan semakin membuat galau buat kalian yang sedang ingin merakit PC Gaming.

RAM

Nah, untuk komponen yang satu ini agak sedikit tricky karena beberapa faktor, termasuk speed, latency, dan kapasitas. Ditambah dengan harga yang cukup bervariasi dari murah hingga mahal, setidaknya kamu harus memiliki beberapa referensi sebelum membeli komponen ini.

Bila kamu menginginkan komponen yang benar-benar baru, setidaknya kamu bisa mencari RAM dengan brand yang cukup dikenal, seperti Team atau Avexir. Dengan harga 600 Ribuan, kamu sudah bisa mendapatkan 1 keping RAM dengan kapasitas 8GB dengan kecepatan 2400-2666MHz.

Atau kalau kamu mau sedikit repot menunggu, mungkin kamu bisa mencarinya di marketplace kesayangan. Penulis berhasil mendapatkan RAM Team 2x4GB 2400MHz seharga 400 Ribu, dan RAM Team 2x8GB 2666MHz seharga 750 Ribu.

Catatan tambahan dari penulis, sebaiknya HINDARI RAM dengan brand Kingston dan Hyper-X karena saking banyaknya produk fake yang beredar. Penulis pernah mendapatkan penjual yang nakal dengan menjual RAM dengan brand tersebut, dan untungnya RAM tersebut bisa di retur. Biasanya, cara mendeteksi RAM fake tersebut adalah dengan melakukan pengecekan dengan bantuan aplikasi CPU-Z.

Power Supply

Tips Merakit PC Gaming yang Murah Meriah di Tahun 2021 10

Power Supply atau PSU yang merupakan jantung dari sebuah komputer ini memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup komponen. Pemilihan PSU yang berkualitas harus berbanding lurus dengan kebutuhan dan spesifikasi yang akan kita gunakan. Karena menurut pribadi penulis, akan sangat mubazir bila membeli PSU berkapasitas tinggi namun digunakan untuk spesifikasi yang standar.

Untuk brand yang bisa digunakan antara lain Antec, Cooler Master, FSP, Deepcool, BeQuiet dan beberapa brand lain yang cukup dikenal. Ketika memilih sebuah PSU, pastikan telah memiliki sertifikasi 80+ agar konsumsi daya yang digunakan lebih efisien.

Salah satunya adalah Antec, karena selain sudah menggunakan sertifikasi 80+, PSU ini sudah menggunakan Japan Capacitor, sehingga lebih reliable.

Dengan harga mulai dari 500 Ribuan dan dengan garansi 1-3 tahun, rasanya tidak ada masalah dengan komponen tersebut.

Storage

Selanjutnya, parts yang tidak kalah penting adalah storage yang bisa berbentuk sebagai SSD, M.2 SATA, NVMe, ataupun HDD tergantung preferensi. Untuk zaman sekarang, rasanya tidak salah untuk menobatkan SSD, M.2 SATA, atau NMVe sebagai media penyimpan sistem operasi dan aplikasi. Diikuti oleh HDD yang hanya digunakan sebagai media penyimpanan games dan dokumen pengguna, sehingga bisa menekan biaya yang akan dikeluarkan.

Nah, setidaknya untuk storage, kita akan menggunakan SSD, M.2 SATA, atau NVMe dengan kapasitas 120-512GB, tergantung kebutuhan. Rentang harga komponen tersebut mulai dari 200 Ribuan hingga 900 Ribuan dengan brand Midasforce.

Setelah menentukan kapasitas storage untuk sistem operasi, alokasi dana bisa digunakan untuk HDD dengan kapasitas 1-2TB. Untuk saat ini, biasanya harga HDD berada pada kisaran 500 Ribuan hingga 800 Ribuan.

Idealnya, sebuah komputer gaming akan menggunakan 1 SSD/M.2/NVMe dan ditandem dengan HDD berkapasitas tinggi.

Casing Dan Fan

Untuk Casing, sebisa mungkin cari casing dengan lubang ventilasi yang cukup, atau tidak terlalu tertutup. Casing yang tidak memiliki atau memiliki lubang ventilasi yang tidak mencukupi akan memerangkap panas di dalam casing. Selain itu, pastikan casing yang akan kita beli setidaknya memiliki 4 slot fan berukuran 12-14cm.

Nah, biasanya harga casing dengan lubang ventilasi yang baik berada pada kisaran 500 Ribuan dengan brand Tecware. Dengan casing tersebut, selain makin kece, komputer gaming mu akan dapat didinginkan dengan mudah.

Tips Merakit PC Gaming yang Murah Meriah di Tahun 2021 11

Sedangkan untuk Fan, disini kita akan menggunakan kipas molex standar dengan brand Zalman. Fan yang dijual seharga 10 Ribuan ini memiliki build quality yang bagus, dan sangat memuaskan di harga semurah itu. Selain itu, fan murah meriah ini sama sekali tidak berisik, sehingga penulis sangat merekomendasikan kipas Zalman ini.

Kurang suka dengan jenis molex standar? Zalman memiliki varian 3 Pin motherboard dengan harga yang kurang lebih sama.

GPU

GPU yang akan kita gunakan di build budget oriented ini tidak lain dan tidak bukan adalah GT 1030 2GB DDR5. Dengan harga yang relatif masih sangat stabil di kisaran 1,3 Jutaan dengan garansi 3 tahun, rasanya tidak salah untuk merekomendasikannya.

GPU ini diperlukan agar komputer dapat digunakan, karena prosesor yang digunakan untuk build ini tidak memiliki integrated.

Untuk referensi dan performa yang ditawarkan GPU ini, kalian bisa mengeceknya secara langsung di Youtube. Dengan konsumsi daya sekitar 30W, agaknya GPU ini bisa menjadi pilihan yang cukup solid.

Kesimpulan

Tergantung kebutuhan dan ketersediaan barang, kalian bisa mencari alternatif dari GPU ini. Namun, saya menyarankan GPU ini karena sudah lebih dari cukup untuk sekedar bermain game sekelas GTA V dan Genshin Impact pada resolusi 1080P.

Dengan spesifikasi ini pula, setidaknya sudah sangat cukup untuk mengedit video dengan resolusi hingga 1080P. Ingin membuat musik? Build ini juga sudah sangat cukup untuk menghandlenya.

Nah, itulah dia salah satu referensi merakit PC Gaming murah meriah yang bisa kalian rakit di tahun 2021 ini dengan budget sekitar 6 Jutaan. Dengan fokus ke budget oriented dan spek kekinian, dipastikan build ini akan mencukupi keseharian kalian dalam office dan gaming.

Silahkan jadikan artikel ini sebagai referensi buat kalian yang ingin merakit sebuah PC gaming murah meriah, namun dengan spesifikasi kekinian. Penulis berani mereferensikan build ini karena memang menggunakan build ini sebagai daily driver.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version