7 Tips Merawat Baterai HP yang Harus Kalian Ketahui, Biar Awet dan Tahan Lama!

Tips Merawat Baterai Hp

Tips Merawat Baterai HP – Demi mempertahankan performanya, biasanya benda elektronik seringkali membutuhkan perhatian khusus. Salah satunya adalah smartphone atau HP, yang juga harus kita rawat supaya performanya tidak menurun drastis, terutama daya tahan baterainya.

Berdasarkan hal tersebut, tidaklah heran bila banyak yang mencari cara agar baterai HP tidak cepat habis, dengan bermacam alasan tentunya. Mulai dari kemudahan untuk berkomunikasi, membuka media sosial, atau mungkin menonton TikTok maupun YouTube yang tentu saja membutuhkan baterai dalam jumlah banyak.

Walau memang faktanya hal tersebut sudah menjadi sorotan para manufaktur HP dengan memberikan baterai berkapasitas badak, namun tetap saja tidak ada salahnya untuk menerapkan cara menghemat baterai HP supaya tidak cepat habis, dan tentu saja supaya awet dan tahan lama.

Melalui artikel kali ini, kami akan hadirkanmu beberapa tips untuk merawat baterai HP supaya awet dan tahan lama.

Disclaimer:

Sebelum membaca lebih lanjut, penulis tegaskan kalau kamu tipe orang yang senang ganti HP, lebih baik untuk skip saja artikel ini karena ditakutkan akan menjadi pembahasan yang tidak penting untuk kalian pertimbangkan.

Tips Merawat Baterai HP Supaya Awet dan Tahan Lama

Merawat baterai HP ternyata gak susah-susah amat

Inilah dia tips merawat baterai HP versi Gamebrott yang bisa kalian coba, supaya setidaknya HP kalian bisa awet dan tahan lama.

1. Atur Kecerahan Layar

Hindari kecerahan 100% di HP

Hal pertama yang bisa kalian lakukan untuk menghemat baterai HP kalian adalah dengan mengatur kecerahan layar. Walau terlihat remeh, namun tidak ada salahnya untuk menyalakan fitur kecerahan secara otomatis yang mampu menyesuaikan dengan cahaya di sekitar kalian.

Dengan menyalakan fitur tersebut, tentunya akan mampu menghemat baterai HP kalian dengan cukup baik, dikarenakan cahaya yang dibutuhkan akan disesuaikan dengan kondisi pencahayaan kalian.

2. Nonaktifkan Koneksi yang Tidak Kamu Gunakan

Menonaktifkan Koneksi Yang Tidak Dibutuhkan Di Hp

Tips baterai HP yang bisa membuat awet dan tahan lama adalah dengan menonaktifkan koneksi yang tidak kamu gunakan. Mulai dari WiFi, Bluetooth, atau mungkin data seluler karena biasanya ketiga koneksi tersebut lah yang memang menghabiskan banyak sekali baterai.

Satu-satunya solusi adalah dengan mematikan koneksi yang tidak kamu gunakan. Jangan nyalakan WiFi di saat tidak ada perangkat yang memancarkan sinyal tersebut, atau Bluetooth di saat tidak ada perangkat yang membutuhkan koneksi tersebut karena ujung-ujungnya hanya akan menghabiskan baterai saja.

3. Cek Aplikasi di Background

Menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background

Walau HP zaman now kini sudah dipersenjatai fitur terkini untuk memaksimalkan efisiensi daya, namun tidak ada salahnya untuk senantiasa mengecek aplikasi di background. Hal ini ditujukan untuk memberikan kita informasi apa-apa saja aplikasi yang memakan daya secara diam-diam dan habiskan baterai.

Kalian bisa mengeceknya secara mandiri lalui pengaturan maupun aplikasi pihak ketiga, dan bisa menyortir atau bahkan menghapus apa saja aplikasi yang terindikasi menghabiskan baterai kalian tersebut.

4. Nyalakan Mode Hemat Energi

Menyalakan mode hemat daya di HP

Supaya baterai HP kalian tidak cepat habis untuk aktivitas lainnya, alternatif lain yang bisa kalian lakukan adalah dengan menyalakan mode hemat energi. Di mana mode ini akan membatasi kemampuan dari HP  yang kamu miliki, supaya tidak terbuang sia-sia.

Namun, pastikan kalian menonaktifkan mode hemat energi ini di saat kalian sudah memiliki akses ke pengecasan, karena penurunan kinerja yang dihasilkan dari mode ini termasuk cukup masif loh, brott.

5. Pantau Aplikasi yang Menghabiskan Baterai

Memantau pemakaian baterai di HP

Sudah melakukan semua hal di atas tapi baterai kalian masih saja cepat habis? Mungkin cara agar baterai HP tidak cepat habis yang dapat kalian lakukan adalah dengan memantau bermacam aplikasi yang menghabiskan baterai.

Walau tidak ada tolak ukur atau daftar aplikasi yang menghabiskan baterai, namun tidak ada salahnya untuk memantaunya satu per satu supaya kalian mendapatkan gambaran aplikasi apa-apa saja yang justru membuat HP kita menjadi boros.

6. Nonaktifkan Fitur Lokasi

Menonaktifkan fitur lokasi di Android

Tips selanjunya yang bisa kalian praktekkan adalah dengan menonaktifkan fitur lokasi di HP kalian. Walau fitur ini memang dibutuhkan kebanyakan aplikasi, namun tidak ada salahnya untuk mematikan fitur ini kecuali kalian memang membutuhkan akses lokasi yang dibutuhkan oleh aplikasi tertentu.

Misalkan kalian sedang liburan di daerah yang tidak ada sinyal, alangkah baiknya fitur tersebut hanya digunakan ala kadarnya karena fitur lokasi bakal menghabiskan bateraimu loh, brott.

7. Tutuplah Aplikasi yang Tidak Kamu Gunakan

Gunakan aplikasi seperlunya saja

Menutup aplikasi yang tidak kita gunakan juga bisa memperpanjang umur dan daya tahan baterai kita, loh. Misalnya aja nih kalian tetiba harus mengerjakan tugas di PC kalian, pastikan aplikasi atau game yang kalian mainkan di HP kalian sudah dikeluarkan, karena ditakutkan justru bakal menghabiskan baterai HP kalian, bukan?

Atau mungkin kalian suka multitask alias beralih aplikasi, cukup pastikan tidak banyak aplikasi menumpuk dalam satu waktu, karena selain boros baterai, kebanyakan aplikasi justru akan membuat HP kalian menuntut daya lebih.

Bonus: Cas Saat 30% dan Cabut Saat 80%

30% rasanya gak rendah-rendah amat

Selain ketujuh cara di atas, alternatif lain yang mungkin sudah kalian ketahui untuk merawat baterai HP adalah dengan mengikuti salah satu metode pengecasan yang ramai di komuntias, yaitu lakukan pengisian daya saat baterai menyentuh 30%, dan mencabutnya saat sudah mencapai 80%.

Berdasarkan pengalaman penulis dan komunitas HP, umumnya hal tersebut dilakukan karena proses pengecasan akan lebih efektif karena sel baterai tidak dalam kondisi kosong-kosong amat, dan tentunya mampu memperpanjang kesehatan baterai.

Tentunya tidak ada salahnya untuk mencoba tips merawat baterai HP ini karena selain mudah untuk dilakukan, cara ini dijamin akan memberikan HP milikmu ‘kesempatan’ untuk bertahan lebih lama.

Nah, itulah dia tips merawat baterai HP versi Gamebrott yang harus kalian ketahui. Semoga tips di atas bisa membantu kalian dalam merawat baterai HP kalian supaya awet dan tahan lama yah, brott!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version