Tips Persona 5 Royal yang Harus Kalian Pelajari dan Jangan Sampai Salah!

Tips Persona 5 Royal

Tips Persona 5 Royal – Untuk kalian yang ingin menjadi seorang Phantom Thieves of Heart yang terkenal, kali ini kami memberikan beberapa tips bermain Persona 5 Royal untuk para pemula.

Setelah menunggu sekitar 3 tahun, akhirnya para pengguna PC maupun konsol non PS, bisa merasakan pengalaman dari sebuah franchise game legendaris dari ATLUS, yaitu Persona 5 Royal. Tentunya dengan perilisan game ini ke platform lainnya, mereka membuka sebuah kesempatan baru untuk gamer lainnya yang sama sekali belum pernah memainkannya.

Namun, tentunya tidak semua akan langsung menguasai game ini, karena harus diakui Persona 5 Royal meminta para player-nya untuk pandai melakukan macro management yang cukup susah untuk para player pemula, karena kalian tidak hanya akan bertarung saja, melainkan juga akan hidup sebagai pemuda pelajar biasa di Jepang yang harus mendapat uang, bersosialisasi, dan sebagainya.

Tips Bermain Persona 5 Royal

Tips Persona 5 Royal

Tenang saja, kali ini penulis akan membagikan beberapa tips yang bisa kalian terapkan ketika akan memulai gamenya. Tentunya semua tips ini bedasarkan opini penulis saat memainkannya dan hanya sekedar sharing, jadi apabila kalian ingin menambahkan atau mengkritisinya, tentu sangat diperbolehkan.

LET’S CHECK IT OUT !!!

1. Manajemen Waktu

Tips yang paling krusial ketika bermain game Persona

Tips yang paling krusial dalam memainkan game Persona, terutama Persona 5 Royal adalah belajar untuk memanajemen waktu kalian sebaik – baiknya. Mengapa begitu? Karena waktu di game ini berjalan setiap kalian melakukan aktivitas, yang dibagi menjadi 2 yaitu After School dan Evening.

Kedua fase tersebut adalah kesempatan kalian dalam melakukan aktivitas apapun, seperti bekerja, menaikkan social stats, menaikkan confidant, hingga masuk ke dungeon untuk grinding level. Namun kalian harus ingat bahwa setiap kalian melakukan aktivitas, akan langsung melanjutkan fase waktu selanjutnya, jadi setiap hari kalian hanya bisa melakukan 2 aktivitas saja sebelum berganti hari.

Untuk itulah, kalian yang saat ini memainkan Persona 5 Royal dengan cara membuang – buang waktu, sudah saatnya untuk segera memilih aktivitas yang penting seperti menaikkan confidant atau grinding level.

2. Segera Cari Pekerjaan Sampingan

Ga kerja, ga makan

Untuk bisa hidup sebagai seorang remaja dan juga seorang pencuri profesional, tentunya uang akan menjadi salah satu faktor paling penting untuk kalian. Mengapa begitu? Layaknya di dunia nyata, banyak hal yang kalian lakukan nantinya akan membutuhkan uang sebagai media pertukaran utama, mulai dari pembelian item, equipment, serta fuse Persona.

Untuk itulah, kalian harus segera mencari alternatif sumber uang untuk nantinya bisa membeli peralatan serta itemitem berguna untuk eksplorasi dungeon nantinya. Terdapat 2 cara yang bisa kalian lakukan, yaitu menjual barang – barang hasil looting dari dungeon, atau mencari pekerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan, bisa kalian mulai dengan mencari gambar logo Yen (mata uang jepang) di Underground Walkway, Shibuya yang akan penulis berikan gambar lokasinya dibawah

Lokasi mencari pekerjaan sampingan

Penulis menyarankan untuk mengambil pekerjaan di Beef Bowl Shop, karena disana kalian juga akan sekalian belajar Proficiency di Social Stats. Kapan saja waktu yang tepat untuk bekerja? Menurut penulis, teserah kapan pun yang kalian inginkan, kalau bisa 2 atau 3 hari sekali saja, tidak usah setiap malam kalian bekerja.

3. Ingat untuk Menaikkan Level Confidant (Social Link)

Naikkan semampu kalian

Next, hal yang harus kalian lakukan adalah menaikkan level Confidant dari karakter pendukung di game Persona 5 Royal. Mungkin beberapa gamer masih terasa asing dengan istilah Confidant, karena di game sebelumnya seperti Persona 4 dan 3, ATLUS memakai nama Social Link sebagai nama fiturnya.

Sama seperti Social Link, kalian nantinya harus menaikkan level Confidant sampai ke titik yang cukup tinggi, karena level ini akan ikut berpengaruh pada seberapa banyak tambahan EXP yang akan kalian dapatkan ketika berhasil fuse Persona yang sama dengan tipe Confidant kalian. Misalnya level Confidant untuk tipe Fool adalah 10, maka ketika nantinya kalian menghasilkan Persona dengan tipe Fool juga, akan ada diberi tambahan EXP Pool untuk memberikan ‘curi start level’ kepada Persona tipe Fool kalian.

Tidak hanya EXP Pool, beberapa level tertentu dari Confidant juga memberikan tambahan kemampuan khusus seperti Slot Persona, kemampuan tambahan untuk membantu di saat eksplorasi dungeon, ataupun saat bernegosiasi dengan para Shadow. Jadi usahakan untuk selalu mengambil aktivitas yang bisa menaikkan level Confidant kalian.

4. Naikkan Social Stats

Social Stats

Tidak hanya faktor eksternal, kalian juga harus memperhatikan faktor internal karakter kalian juga. Dimana sebagai seorang remaja yang masih berkembang, kalian harus menaikkan stats sosialnya setinggi yang kalian bisa, karena nantinya stats ini akan digunakan untuk beberapa kondisi, seperti memilih percakapan khusus, adegan minor unik, dan bahkan memulai sebuah Confidant.

Ada 5 Stats yang bisa kalian naikkan, yaitu Knowledge (seberapa pintar karakter kalian), Charm (daya tarik karakter kalian), Kindness (seberapa baik kalian), Proficiency (seberapa hebat kalian dalam melakukan sesuatu), dan Guts (seberapa besar nyali kalian dalam menghadapi sesuatu). Untuk awal – awal, sepertinya Knowledge serta Guts boleh kalian tingkatkan setidaknya 2 level, karena mudah di grinding dibandingkan yang lain.

Sayangnya, sampai sekarang kita tidak akan tahu berapa banyak poin yang harus dikumpulkan sebelum sebuah level Social Stats tersebut naik, sehingga terkadang kalian harus dibantu oleh toilet di cafe Leblanc (rumah yang karakter kita tumpangi), karena disitu kalian akan diberi tahu apakah Stats kalian masih jauh dari level selanjutnya atau sudah mendekati.

Merenung~

Biasanya poin penambahan Social Stats hanya berkisar 1 – 2 poin saja, namun terdapat beberapa momen dimana poin yang kita dapatkan bisa sampai 3 poin, contohnya apabila kalian belajar di saat hujan, maka poin Knowledge akan bertambah sampai 3 poin, dan lainnya. Untuk itu, penting bagi kalian dalam mengetahui kondisi apa saja yang bisa menaikkan poin Social Stats lebih banyak dari biasanya.

5. Cari Tahu Kelemahan Tiap Musuh (Kecuali Boss)

More Information = Kemenangan !!

Salah satu trik untuk memperoleh kemenangan di game Persona 5 Royal tidak lain dan tidak bukan adalah mencari titik lemah musuh menggunakan kemampuan dari Persona kalian. Mengapa ini penting? Karena dengan mendapatkan titik lemah dari musuh, kalian bisa men-trigger All Out Attack atau bernegosiasi untuk mendapatkan uang/item dari musuh.

Sebenarnya cara yang paling mudah adalah mencoba satu persatu elemental skill yang dimiliki setiap karakter Persona, atau yang lebih mudah lagi adalah cek website fandomnya he..he..he..

HE… HE… HE…

6. Upayakan untuk Selalu Ambil Persona Baru dari Musuh

Kalau ada slot, ambil saja ya guyss~

Melanjutkan tips Persona 5 Royal sebelumnya yang meminta kalian untuk menghajar titik lemah musuh, setelah kalian menghajar semua musuh sampai di titik Hold, maka akan ada 2 pilihan yang bisa kalian ambil yaitu All Out Attack (menghasilkan damage yang cukup tinggi) atau Talk (negosiasi dengan musuh sebagai ganti nyawa mereka).

Pilihan kedua inilah yang harus kalian sering – sering lakukan, karena berbeda dengan seri game Persona lainnya yang menggunakan fitur gacha untuk mendapatkan Persona baru, di Persona 5 Royal kali ini kalian harus meminta musuh tersebut untuk secara sukarela gabung ke lini Persona kalian. Mengapa kita harus repot – repot mengumpulkan Persona? Tentunya alasan utamanya adalah agar kita bisa melakukan fuse Persona di Velvet Room, dan tentunya mempermudah combat kita dengan beragam Persona.

Namun, tidak semudah itu fergusooo~ karena kalian harus bernegosiasi dengan kata – kata yang tepat agar musuh kalian mau menjadi bagian dari Persona kalian. Salah satu tips yang bisa penulis berikan adalah ikuti apa yang dikatakan oleh Morgana tentang apa sifat dari musuh kalian, apabila misalnya Morgana menyarankan untuk berbicara lembut, maka pilihlah kata – kata yang mempunyai arti lembut dan jangan sebaliknya.

Cup…cup…cup jangan takut ya Jack Frost~~

7. Grinding!!!

Grinding terussss

Persona 5 Royal merupakan game JRPG yang tentunya mewajibkan kita untuk ‘berlatih’ agar tidak tertinggal dari musuh dan ditandai dengan level karakter utama serta karakter sampingan untuk menunjukkan seberapa kuat party yang kita bawa. Untuk itulah, penting bagi kalian agar tidak lupa grinding seiring dengan progress game kalian, karena kalau kalian tidak grinding, para boss dan mini-boss akan menghancurkan party kalian dengan mudah apalagi kalau level party dan boss/mini-boss tersebut terpaut jauh.

Namun walaupun penulis menyarankan untuk grinding level, tapi kalian tidak harus setiap hari melakukannya karena tentunya kita punya kesibukan lain seperti menaikkan level Confidant, Social Stats, kerja, dll. Tapi setidaknya saat kalian masuk ke dungeon, jangan lupa luangkan waktu untuk grinding setidaknya 1/2 level diatas kalian, atau nanti saat mengunjungi mementos, lakukan progress sampai mentok jadi kalian nantinya akan lebih mudah ketika akan mengunjunginya kembali (hanya perlu fast-travel)

8. SP > HP

Item

Layaknya game JRPG lainnya, Persona 5 Royal mempunyai 2 tipe bar yang harus kalian perhatikan saat bertarung, yaitu HP (darah) dan SP (stamina). Diantara kedua hal tersebut, bar SP adalah hal utama yang harus kalian perhatikan ketimbang HP, kenapa? Karena hampir semua kegiatan saat bertarung, sangat memerlukan SP sebagai resources utama.

Menggunakan elemental skill? Perlu SP, menggunakan skill support? Perlu SP, healing? Perlu SP juga. Itulah mengapa penulis menyarankan kalian untuk lebih banyak mengambil item – item yang bisa menambah SP, karena kalaupun HP kalian sekarat, dengan adanya SP, cukup menggunakan skill heal saja. Sedangkan kalau SP kalian sekarat? Ya setidaknya sampai progress saat ini, penulis belum mendapatkan cara lain selain memakai item untuk menambah SP.

9. Equipment

Equipment

Memilih equipment di Persona 5 Royal sebenarnya tidak susah sih, karena kalian hanya perlu mencari Attack serta Evasion setinggi mungkin. Namun, penulis sarankan untuk selalu melakukan explore dungeon sampai ke sudut – sudutnya karena akan ada probabilitas bahwa kalian mendapatkan equipment kuat yang gratis, bahkan diatas kemampuan equipment yang dijual di Shop.

Sekedar mengingatkan saja, sebaiknya selalu cek toko senjata setiap satu Palace (dungeon utama) terbuka, karena biasanya di saat – saat seperti itulah semua equipment dari Weapon – Accessory akan di-update ke yang lebih kuat.

10. Tentukan 2 atau 3 Persona Utama

Abaikan 2 Persona DLC penulis ya :D, hanya untuk pilihan terakhir saja kok

Untuk tips Persona 5 Royal yang terakhir ini, sebenarnya bersifat cukup opsional dan ga terlalu penting juga, karena sebenarnya tidak semua Persona di slot kalian akan terus – terusan dipakai. Menurut pengalaman penulis, nantinya 2 – 3 Persona tersebut akan menjadi ‘tambalan’ untuk kekurangan dari party.

Maksudnya? Jadi gini, misalnya kalian membawa Skull, Morgana, Fox, dan Panther di party, maka kalian kekurangan elemental skill bertipe angin, nuke, psi, dan lainnya. Untuk itulah, peran kalian sebagai seorang wildcard/Joker sangat penting disini, sehingga penulis sarankan untuk mencari/fuse Persona yang bisa menutupi kekurangan kalian di party.

Bonus: Pakai Semua Item OP dari DLC Persona 5 Royal

DLC Persona 5 Royal

Kalau kalian ingin mencari jalan pintas yang akan mempermudah kalian dalam eksplorasi dungeon tanpa harus mengikuti 10 tips diatas, maka saran penulis adalah ambil semua hadiah DLC Persona 5 Royal seperti Persona berlevel tinggi, equipment, serta item yang banyak.

Itulah 10 tips Persona 5 Royal yang penulis berikan setelah bermain sekitar 20an jam, semoga tips nya bisa membantu kalian para player baru yang tertarik mencoba game ini. Bagaimana dengan kalian? Apakah tips ini membantu? Adakah tips lain yang seharusnya berguna, namun penulis belum masukkan ke list?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Berita GamePersona 5 Royal,  atau artikel lainnya dari Khrisnanda. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version