Tips Rakit PC Gaming 5 Jutaan, Pemula Merapat!

Tips Rakit PC Gaming 5 Jutaan

Tips Rakit PC Gaming 5 Jutaan – Salah satu bentuk nyata perkembangan dunia di zaman now adalah semakin terjangkaunya komponen yang mampu hasilkan kinerja mumpuni, di mana hal tersebut pastinya akan memudahkan kita saat meracik komputer untuk kebutuhan gaming maupun produktivitas.

Walau saat ini komponen tersebut dapat dengan mudah kalian temukan di pasaran, namun tetap saja hal ini akan cukup menantang untuk dilakukan oleh para pemula di luar sana.

Bahkan meski kalian memiliki budget atau alokasi dana yang cukup terbatas, kalian masih bisa kok merasakan serunya game zaman now bila mengikuti tips rakit PC gaming 5 Jutaan dari kami.

Penasaran, ‘kan? Nah, daripada kalian mencari referensi berdasarkan diskusi tidak berdasar di komunitas, mendingan baca saja artikel rakit PC ini sampai tuntas.

Tips Rakit PC Gaming 5 Jutaan untuk Pemula Tahun 2023

Tips merakit gaming PC yang harus diketahui oleh pemula

Ketimbang kalian makin penasaran, inilah tips rakit PC gaming 5 Jutaan untuk pemula tahun 2023.

1. Minimal Prosesor Quad Core

Prosesor Intel Core i3-12100F

Salah satu tips rakit PC gaming 5 Jutaan pertama untuk pemula di tahun 2023 adalah pemilihan prosesor yang tepat sasaran. Umumnya, rule of thumb dari kami adalah melirik prosesor yang memiliki kemampuan komputasi memadai, yaitu prosesor quad core.

Alasan mengapa kami mewajibkanmu gunakan prosesor quad core adalah kemampuan komputasi yang mencukupi untuk temanimu dalam bermacam aktivitas. Bila memungkinkan, carilah prosesor quad core dengan octa thread demi menjamin multitask kalian akan senantiasa lancar.

Salah satu contohnya adalah prosesor Intel Core i3 Generasi ke-10 atau AMD Ryzen 3 4100 yang keduanya sama-sama memiliki quad core dan octa thread guna menunjang aktivitas kalian sehari-hari, termasuk gaming dan pembuatan konten.

2. Motherboard yang Sesuai Kebutuhan

Sesuaikan motherboard dengan kebutuhan

Jauh berbeda dari motherboard kelas sultan yang kaya akan fitur, umumnya motherboard entry-level menawarkan konektivitas yang lebih terbatas, namun tetap memberikan para penggunanya hal mendasar yang pastinya dibutuhkan.

Tidak usah jauh-jauh membahas hal teknis semacam VRM, tips rakit PC gaming 5 Jutaan ini tidak akan memaksamu membeli motherboard mahal bahkan saat dikombinasikan dengan komponen lain yang lebih mahal. Dengan alokasi dana seadanya, bukankah lebih baik untuk maksimalkan apa yang ada?

Mudahnya kita tidak melulu membutuhkan motherboard dengan chipset ‘B’ meski kita nantinya gunakan prosesor Intel Core i5 atau i7 misalkan. Selama kebutuhan komputasi kita terpenuhi dan tidak melakukan hal teknis lainnya, tentunya hal tersebut tidak akan menjadi masalah sama sekali.

3. Kapasitas RAM Minimal 16GB

Gambaran memori DDR4

Bukan PC gaming namanya kalau kami tidak mewajibkan kapasitas RAM minimal di angka 16GB. Bahkan meski konteksnya hanya untuk ‘gaming tipis-tipis’ sekalipun, tetap saja tidak ada salahnya untuk menginvestasikan sebagian dana tersebut untuk kapasitas memori yang lebih besar.

Ditambah dewasa ini aplikasi dan game saat ini membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar, alangkah baiknya untuk berjaga-jaga membeli memori dengan kapasitas 16GB ketimbang harus membeli memori tambahan di lain hari, bukan?

Walau sebenarnya tidak masalah untuk gunakan memori dengan kapasitas 8GB – setengah yang kami rekomendasikan, namun percayalah akan jauh lebih baik untuk mengalokasikan sebagian dana yang kalian punya untuk langsung membeli memori dengan kapasitas yang lebih besar.

4. Kartu Grafis Harus Mumpuni

Kartu grafis yang mumpuni untuk menjalankan game dan aplikasi

Berbicara tips rakit PC gaming 5 Jutaan, komponen lainnya yang harus kalian perhatikan ialah kartu grafis yang mumpuni untuk menjalankan bermacam games zaman now, contohnya RTX 3060, GTX 1650, RX 6600 XT dan sekelasnya.

Walau tidak ada tolak ukur yang pasti, namun bila berdasarkan Steam Hardware Survey yang rutin dilakukan setiap bulannya, kita bisa mendapatkan gambaran bahwa ada beberapa kartu grafis yang digemari oleh gamer pada saat itu.

Tidak usah memedulikan brand terlepas itu NVIDIA, AMD, atau Intel, cukup sesuaikan dengan kebutuhan dan isi kantong kalian. Untuk referensi tambahan, kalian bisa menonton bermacam ulasan yang dapat dengan mudah kalian temukan di YouTube.

5. Power Supply Wajib Berkualitas

Wajib gunakan PSU yang berkualitas

Tips rakit PC gaming 5 Jutaan berikutnya yang tidak boleh kalian lupakan adalah pemilihan komponen pemasok daya alias power supply yang berkualitas.

Menurut kami, tidak ada salahnya untuk mengalokasikan dana yang lebih besar untuk komponen ini dikarenakan komponen PSU yang bagus akan menjamin kelangsungan hidup dari komponen lainnya yang ada di dalam komputer.

Selain itu, jangan lupa untuk menentukan konsumsi daya total pada komputer yang akan kalian rakit, karena salah-salah akan membuat komputer kalian tidak akan berjalan maksimal bahkan mungkin mengalami kendala dalam memasok daya untuk komponen lainnya.

6. Jenis Penyimpanan Wajib SSD

Jenis penyimpanan SSD lebih disukai ketimbang HDD

Betul, guna meningkatkan pengalaman saat gunakan komputer pada zaman now adalah dengan mewajibkan SSD sebagai media penyimpanan alih-alih HDD yang menurut kami sudah tidak relevan bahkan untuk menyimpan berkas sekalipun.

Selain harus gunakan SSD, kami menyarankanmu untuk memisahkan penyimpanan untuk sistem operasi dan mana yang akan kalian gunakan untuk menyimpan bermacam data termasuk game yang kalian mainkan.

Saran dari kami adalah gunakan penyimpanan dengan jenis SSD sebesar 128-256GB untuk sistem operasi, dan 512GB dan lebih untuk menyimpan bermacam game dan dokumen yang biasa kalian mainkan setiap harinya, intinya sesuaikan dengan kebutuhan.

7. Case Memiliki Cable Management

Contoh cable management pada sebuah PC

Tips terakhir dalam rakit PC gaming 5 Jutaan adalah memilih case yang tepat. Salah satu ciri-ciri case yang tepat adalah memiliki cable management yang baik guna memudahkan kita mengatur perkabelan komponen yang ada di dalamnya.

Selain memudahkan kita untuk mengatur perkabelan dalam komputer, case dengan cable management yang baik tentunya akan memberikan komponen yang ada di dalamnya dengan sirkulasi udara yang jauh lebih baik ketimbang menjejal semua perkabelan secara asal-asalan.

Namun kalian tidak usah panik karena kebanyakan case saat ini menyertakan cable management yang sangat baik, berbeda dari zaman dulu di mana fitur cable management hanya tersedia pada case premium yang umumnya cukup mahal untuk ditebus.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan di Komunitas

Bermacam pertanyaan yang sering ditanyakan di komunitas

Selain ketujuh tips di atas, ternyata masih ada pertanyaan yang sering ditanyakan di komunitas yang harus kita ulik supaya kalian tidak merasa salah rakit. Yuk kita kupas apa saja yang sering dipertanyakan di komunitas supaya kalian tidak salah arah!

1. Apakah Rakitan PC Ini Bisa untuk Video Editing?

Terlepas kalian gunakan kartu grafis AMD, NVIDIA, ataupun Intel, umumnya rakitan PC gaming sudah dapat digunakan untuk keperluan video editing tergantung komponen yang digunakan.

2. Memangnya Bisa Main Game Apa Saja?

Sebenarnya pertanyaan ini terlalu subjektif karena jenis rakitan PC gaming akan sangat bervariasi kemampuannya tergantung kebutuhan sang penggunanya. Bila kalian gunakan kartu grafis sekelas RTX 3060, kalian bisa saja memainkan beberapa games zaman now tanpa terkendala frame drop.

3. Seberapa Lama Rakitan Ini Bisa Bertahan?

Kembali lagi ini merupakan pertanyaan yang bersifat subjektif dan hanya dapat kalian jawab selaku yang gunakannya. Contohnya rakitan Intel Core i3-12100F dengan RAM 2x8GB dan VGA RX 6600 XT masih bisa dikatakan relevan setidaknya beberapa tahun ke depan.

4. Apakah PC Gaming Boros Listrik?

Hal terakhir yang selalu ditanyakan oleh para calon pemilik PC gaming adalah mempertimbangkan konsumsi daya. Namun, perlu ditekankan bahwa tidak semua PC gaming boros listrik, karena beberapa jenis rakitan bisa menyala dengan barang elektronik lain meski daya yang dimiliki hanya 900VA.

Contoh Rakitan PC Gaming 5 Jutaan untuk Pemula

Beberapa contoh rakitan PC gaming 5 Jutan

Mungkin di antara kalian ada yang merasa terlalu bingung mau memulainya dari mana. Mencari referensi di sana-sini namun tidak terlalu membuahkan hasil sama sekali.

Kalian tidak usah takut, karena kami akan memberikanmu beberapa contoh rakitan PC gaming 5 Jutaan untuk pemula yang bisa kalian ikuti di bawah:

Dengan total kurang lebih di angka 5.990.000 – tepat sepuluh ribu di bawah 6 Juta Rupiah, namun kami merasa ini merupakan salah satu rakitan yang menurut kami worth untuk beberapa waktu mendatang.

Tentu saja kalian masih bisa ganti komponen yang kami sertakan, mungkin prosesor atau kartu grafis dan gantinya dengan komponen lainnya yang mungkin kalian rasa lebih masuk di dompet.

Nah itulah dia sedikit tips rakit PC gaming 5 Jutaan yang dapat kami suguhkan untuk menambah referensimu. Dengan membaca tips ini, bukankah akan semakin menambah semangatmu untuk merakit PC gaming idaman?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version