Tips & Trik Melawan Kulve Taroth di Event Terbaru Monster Hunter World PC


Illustration Courtesy: NCHProductions
Follow Us

Tepat pada tanggal 2 November kemarin, Capcom telah resmi merilis update tambahan monster baru yang dapat kamu hadapi di game Monster Hunter World versi PC. Sesuai dengan pemberitaan kami sebelumnya, Kulve Taroth akan menjadi satu tantangan seru buat kamu yang merasa sudah jago dalam menaklukan para Elder Dragon di game ini.

Nulis artikel dibayar

Gambaran umum mengenai misinya

Tidak seperti di dalam misi-misi pemburuan Elder Dragon yang biasa dijalankan dengan skenario simpel (cari, bunuh, selesai). Misi pemburuan Kulve Taroth ini akan bersifat selayaknya “Raid Mode” yang berlokasikan di sebuah area map khusus mirip seperti saat kamu melawan Xeno’Jiiva ataupun Zorah Magdaros. Dalam satu session yang terdiri dari maksimal 16 pemain, kamu dapat bekerja sama dengan 15 pemain lainnya yang terbagi dalam 4 grup siege untuk memburu Kulve secara bersamaan. Kamu di sana juga sekaligus akan bersaing dengan mereka untuk memperoleh poin dari bagian-bagian tubuh Kulve yang bisa kamu hancurkan. Dimana nantinya poin ini dapat mempengaruhi kualitas reward ketika berhasil menyelesaikan quest.

Dalam misinya sendiri, kamu sama sekali tidak ditugaskan untuk membunuh Kulve Taroth. Justru kamu hanya perlu mematahkan tanduknya saja. Meski terdengar sederhana, kamu akan bertarung secara 4 phase dengannya di dalam satu “run”, dan tanduk kulve hanya benar-benar bisa patah pada phase keempat. Di dalam run pertama, jika tak ada banyak damage yang bisa kamu lancarkan ke Kulve demi menghancurkan bagian-bagian lain dari tubuhnya, kamu mungkin akan tersendat pada phase kedua, ketiga, atau bahkan keempat. Dimana secara otomatis, Kulve Taroth akan kabur dari map dan run pertamamu resmi berakhir.

Kalian tidak perlu khawatir, hal tersebut memang tergolong lazim terjadi. Dari setiap kegagalanmu dalam mematahkan tanduk Kulve, akan ada semacam meteran pursuit level yang akan terus meningkat drastis selama kamu rajin mencari jejak-jejak atau membuat Kulve Taroth tidak kabur selama mungkin. Pursuit Level ini punya peran sangat penting dalam percobaan kedua, ketiga, dan seterusnya ketika kamu melawan Kulve Taroth kembali. karena semakin tinggi tingkat pursuit level yang bisa kamu capai (maksimal level 6), pertarunganmu untuk melawan kulve secara otomatis akan jauh lebih mudah.

Tips umum untuk setiap phase

Sebelum kamu mulai menjalankan aksi perburuan, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu agar tidak sembarangan dan menyulitkan rekan-rekan sejawatmu dalam memburu Kulve Taroth.

  1. Vitality mantle/Rocksteady Mantle + Health Booster untuk bisa bertahan dari serangan-serangan mematikan Kulve.
  2. Armor skill yang mempunyai ability Part Breaker, guna memudahkanmu untuk menghancurkan part sang Kulve.
  3. Sleep Herb dan Parashroom bisa kamu bawa demi mengcraft Paralysis Knife dan Sleeping Knife yang bahan Throwing Knife-nya bisa didrop melalui para Gajalaka.
  4. Siapkan item-item restoratif + buffer macam Potion, Mega Potion, Max Potion, Demon Drug/Mega Demon Drug, dan jangan lupa pula untuk membawa Cool Drink khusus di phase 3 nanti.
  5. Jangan pernah segan-segan untuk mengambil first-Aid Med secara tidak maruk di item box demi menghemat penggunaan potion, dan Far Away Caster agar bisa kembali ke camp secara instan untuk mengganti perlengkapan senjata bila diperlukan.
  6. Jangan pernah membawa senjata yang berlemen api. Paling disarankan, pakai senjata yang memiliki kandungan elemen Water atau Thunder. Sementara untuk Elemen yang bersifat ailment seperti blast, paralysis, atau sleep, bisa menjadi opsi alternatif.
  7. Sebelum berburu, selalu budayakan untuk MAKAN dulu sampai kenyang.
BACA JUGA  Microsoft Store dan Playstation Store Rilis Detail Informasi Game Resident Evil 2 Remake

Phase 1 / Area 1

Dalam phase 1, kulve akan bertindak lebih pasif atau dengan kata lain tidak akan terlalu banyak memperhatikanmu. Di sini kamu sangat perlu sekali untuk memanfaatkan banyak penggunaan environment trap berupa Boulder dan senjata meriam guna memberi damage yang cukup segar ke kulve.

Environment trap berbentuk boulder yang bisa kamu temui dengan mencari sebuah batu di atas goa yang punya posisi agak “ngganjel”.
Selalu rajin mengisi meriam di posisi dekat area 2 ya ?

Sembari mencari keberadaan Kulve di area pertama yang lumayan luas dan bercabang, kamu bisa menyempatkan diri untuk menemukan para Gajalaka yang bisa kamu usir secara instan dengan memakai pod-pod level tinggi seperti Crystalburst, Dragon Pod, hingga Piercing Pod. dimana kamu bisa mencari pod-pod semacam ini di seluruh penjuru area atau yang paling mudah dari para Helmcrab. Mereka (Gajalaka) nantinya bisa memberikan semacam drop-drop material berupa throwing knife untuk mengcrafting sleeping/paralysis knife, ataupun material-material penting dari Kulve itu sendiri.

Selama tertimpa boulder, kulve akan mengalami stun selama sejenak. Ini bisa menjadi kesempatan besar untuk memberinya banyak damage lewat senjata-senjata andalanmu. Selama badan Kulve belum menguning atau memanas, saya sangat merekomendasikan sekali agar kamu menyerang kuku kaki atau dadanya yang tidak berlapis emas demi menyodorkan damage maksimal sampai pada posisi ia mulai menguningkan sekujur tubuhnya.


Phase 2 /Area 2

Phase ini merupakan phase pemanasan, Kulve akan mulai fokus untuk memperhatikan dan menyerangmu secara membabi buta. Serangan menggelinding secara horizontal + plus semburan api adalah hal-hal yang patut kamu waspadai di sini. Dalam phase 2, kamu juga harus mulai aktif untuk menghancurkan part-part tubuhnya secara berkala. Sayangnya, kamu sudah tidak lagi menjumpai semacam environment trap ataupun meriam. Sebagai gantinya, Wedge Beetle akan menjadi semacam alat bantu yang efektif guna melewati phase 2.

BACA JUGA  Monster Hunter: World Bisa Kamu Mainkan Gratis untuk Waktu Terbatas
Wedge Beetle buat usaha “naikin”

Dengan fungsi Wedge Beetle sebagai semacam grappling hook, kamu akan punya kesempatan untuk menaiki badan Kulve Taroth dan membuatnya ter-stun kembali. Tentu keberadaan Wedge Beetle tidak akan terlalu banyak membantu jika kamu memakai Insect Glaive. Akan tetapi, ini adalah satu-satunya kunci ketika kamu sudah stuck untuk menyerang badan Kulve Taroth yang kembali mengeras seperti semula.

Ketika coat di tubuhnya mulai semakin menguning, kamu harus cepat-cepat menghancurkan beberapa bagian coat yang menyelimuti tubuh Kulve. Dalam kondisi tersebut, Kamu juga berkesempatan untuk menghancurkan lapis emas di tanduk Kulve demi mendapatkan banyak loot penting dari sana.

Jangan lupa diambil setelah berhasil melunturkan emas yang ada di tanduknya.

Phase 3 / Area 3

Phase ketiga atau area 3 punya layout map yang bisa cukup menyulitkan buatmu. Karena selain dari perlunya kamu untuk mengkonsumsi Cool Drink, kamu juga akan banyak menjumpai lantai berlumuran lava yang bisa memberimu damage ketika berdiri atau terhempas ke sana. Untungnya, area 3 kembali menyajikan beberapa environment trap yang bisa kamu maksimalkan demi memaksanya untuk melepas langsung coat yang ada di tubuh Kulve (Phase 4), atau setidaknya melunakkan kembali coat-coat yang melindungi tubuhnya.

Contoh stalagtit (atas) dan geyser yang harus kamu manfaatkan di area 3
2 Stalaktit dan geyser yang ada di area lava.

Ada semacam environment trap berupa 3 stalagtit yang bisa dijatuhkan langsung ke kulve, dan 2 geyser yang bisa memberi semacam DOT (damage over time) ketika dihampiri. Intinya, di phase 3 kamu harus memfokuskan berbagai serangan dari senjata andalanmu ke bagian tubuh kulve lain yang belum hancur. Selain dari sisi-sisi plating yang terdapat di dalam coat hingga tanduk Kulve, ada pula semacam bagian emas di kedua lengan dan dada yang dapat dihancurkan. Intinya dengan damage yang cukup, kamu bisa memaksanya untuk berlanjut ke phase 4. Atau bila tidak, kamu terpaksa harus menyudahi run ini terlebih dahulu.


Final Phase / area 4

Phase keempat merupakan sebuah phase penentuan. Kulve Taroth akan mulai melepaskan coatnya dan menjadi sesosok monster yang jauh lebih agresif dan gesit. Sementara itu, layout dari area terakhir juga akan tampak jauh lebih ramping dan sempit. Tidak ada lagi wedge beetle atau environment trap yang bisa kamu pakai di sini. Namun, ada satu pillar di tengah area yang dapat kamu gunakan untuk memanjat dan melompat.

BACA JUGA  PlayStation Awards Diumumkan, Monster Hunter World Raih Penghargaan Tertinggi

Di phase terakhir ini, kamu sudah harus memfokuskan semua seranganmu ke tanduk kulve demi menyelesaikan quest. Meski terkesan cukup sulit karena gerakannya yang semakin cepat, ada beberapa serangan tertentu Kulve yang bisa kamu jadikan sebagai momentum aman untuk mengcounter balik dan merusakan tanduknya, yakni:

  • Saat Kulve melancarkan serangan menyeruduk dengan menyosorkan kepalanya ke tanah
  • Saat Kulve Membentur-benturkan kepalanya ke tanah
  • Serangan kulve yang menjatuhkan diri secara menyamping ataupun ala gaya bebas
Pillar stalagmit besar disamping kulve yang bisa kamu pakai untuk memanjat dan melompat

Selain itu, keberadaan pillar yang bisa dipanjat tersebut sebenarnya bisa kamu utilisasikan untuk menyerang kepala Kulve atau menaikinya. Lalu penggunaan Paralyzing knife dan sleeping knife yang sudah kamu dapat dari Gajalaka juga bisa menjadi satu keuntungan yang sangat krusial di sini. Jika kamu berhasil membuat Kulve tertidur, jangan lupa untuk menyiapkan seluruh deretan barrel bomb yang kamu dan para temanmu punya guna memberinkan banyak damage tambahan di kepalanya.

Terakhir, ada satu lagi catatan yang harus kamu tahu saat menghadapi Kulve di Phase keempat. Di saat ia mulai menyemburkan serangan api yang hampir menyisiri 3/4 area map dengan cara “berdiri”, kamu punya sebuah kesempatan untuk membuatnya terjatuh dengan menembakan beberapa kali pod-pod level tinggi (piercing pod, Dragon pod, crystalburst, dll) tepat di mata sang Kulve.


Demikianlah tips dan trik ampuh untuk kamu yang tidak tahu harus apa dan bagaimana ketika melawan Kulve Taroth di Monster Hunter World. Sebagai tips ekstra, kamu dan para timmu tak perlu memaksakan diri untuk melawannya sampai ke phase terakhir ketika masih berada di awal-awal run. Ketika sudah sampai di phase keempat (Kulve Taroth berubah dan masuk ke area 4), kalian punya opsi untuk menyudahi quest secara langsung demi meningkatkan pursuit level dan kualitas reward poin yang kamu inginkan.

Event ini memang dihadirkan Capcom dalam jangka waktu yang sangat terbatas, dimana kamu hanya bisa memainkan Quest Kulve Taroth di platform PC sampai pada tanggal 16 November pukul 6.59 WIB. Akhir kita, semoga tips dan trik di atas bisa cukup membantu kalian dalam mengerjakan quest Kulve Taroth secara benar dan efisien dengan raihan reward yang betul-betul kalian harapkan.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+