“To Zanarkand” Awal-nya Tidak Dibuat untuk Musik Final Fantasy X

Final Fantasy X To Zanarkand

Final Fantasy X To Zanarkand

Jika berbicara soal waralaba Final Fantasy besutan Square Enix, fans agaknya setuju bahwa musik dari tiap-tiap serinya miliki ciri khas dan nuansa yang ikonik. Sebut saja salah satunya yang “To Zanarkand” dari Final Fantasy X yang begitu dikenang dan menjadi favorit banyak penggemar sampai saat ini.

Menarik-nya, Nobuo Uematsu selaku komponis yang menangani ragam soundtrack Final Fantasy era klasik belakangan bagikan cerita soal pembuatan “To Zanarkand”. Beliau mengungkapkan bahwa soundtrack tersebut menjadi tema utama Final Fantasy X sejatinya adalah ketidaksengajaan.

Lewat sebuah wawancara yang dilakukan oleh Weekly Ochiai (diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh @aitaikimochi), beliau mengungkapkan bahwa “To Zanarkand” awalnya dibuat sebagai musik untuk sebuah pertunjukan seruling namun tidak jadi digunakan. Ketika beliau didesak oleh para produser untuk memberikan suatu musik jelang dealine pengembangan Final Fantasy X, sang komponis akhirnya memutuskan untuk berikan musik tidak terpakai tersebut.

“To Zanarkand” sebenarnya bukan dibuat untuk menjadi tema Final Fantasy X. Ada seorang pemain seruling di Perancis yang meminta saya untuk membuatkannya musik untuk dimainkan pada sebuah pertunjukkan. Saat saya menulis musiknya, saya merasa ini terlalu sedih untuk sebuah pertunjukkan. Jadi saya sisihkan dulu untuk sementara waktu.

Beberapa waktu kemudian, saat aku membuat musik untuk Final Fantasy X, saat saya masih tertinggal, para produser mendesak saya untuk memberikan suatu musik. Jadi karena musik untuk pertunjukkan seruling sebelumnya tidak terpakai, akhirnya saya dengan sedikit “patih” berikannya kepada mereka. Para produser kemudian mendengarkannya dan mengatakan “Ya! Ini sangat cemerlang!”.

Nobuo Uematsu

Suatu hal yang tak terduga dan kocak tentunya bahwa musik yang dibuat bukan untuk gamenya justru menjadi salah satu soundtrack paling ikonik dari seluruh waralaba Final Fantasy. Respon warganet sendiri tentunya terkejut, karena siapa yang menyangka bahwa musik yang sukses bikin baper para fans ini lahir dari ketidaksengajaan.

Berbicara tentang Nobuo Uematsu sendiri, beliau mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak bisa membawakan soundtrack sepenuhnya untuk suatu game seperti dahulu. Di usianya yang sudah 64 tahun saat artikel ini ditulis, ia ingin memanfaatkan sisa waktunya untuk mengerjakan proyek-proyek lain selain Final Fantasy selama fisik dan mentalnya masih kuat.

Nobue Uematsu tentunya berhak mendapatkan istirahat dan menikmati sisa hidupnya untuk melakukan hal yang beliau inginkan setelah berkarya selama lebih dari 38 tahun. Legacy-nya dalam membawakan musik ikonik Final Fantasy tentu sudah terealisasikan lewat komponis lain seperti Masashi Hamauzu (Final Fantasy XII), Yoko Shimomura (Final Fantasy XV), Masayoshi Soken (Final Fantasy XIV dan XVI) dan Yasunori Nishiki (Final Fantasy VII Remake dan Octopath Traveler).

Terima kasih om Nobuo Uematsu

Nah kira-kira soundtrack favoritmu apa brott dari serial Final Fantasy? Kalau saya sendiri sih selain “To Zanarkand” sangat mengagumi “Hellfire” dari Final Fantasy XV dan “Away” dari Final Fantasy XVI. Share aja pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version