Toby Fox Akui Merasa Takut, Bersalah dan Bersyukur dengan Kepopuleran Undertale


Undertale menjadi salah satu kejutan terbesar pada tahun 2015 lalu, game satu ini datang tiba-tiba dan langsung meroket kepopulerannya oleh internet serta mendapatkan banyak kritik positif karena sistem moral yang unik serta karakter yang lucu.

Hari ini merupakan “hari ulang tahun” dari game indie RPG yang terinspirasi dari Earthbound ini. Pencipta game Undertale, Toby Fox menuliskan perasaannya melihat game yang dia buat susah payah seorang diri selama 2,7 tahun kini menjadi sukses dan dicintai jutaan pemain.

“Bukan saja saya tidak menyangka akan menjadi sepopuler ini, tapi awalnya, saya takut. Saya tidak mau UNDERTALE untuk menjadi membosankan untuk orang lain, atau menjadi penuh spoiler seperti ini sebelum orang lain dapatkan kesempatan untuk bermain. Pada awalnya (mungkin ini akan terdengar berlebihan) Saya mencoba untuk menghubungi beberapa let’s player untuk tidak memainkan game ini.”

Fox dengar terbuka mengungkapkan jika dia khawatir dengan kepopuleran gamenya sendiri, dia merasa tidak nyaman melihat gamenya begitu populer dan disenangi sampai-sampai orang yang tidak menyukai game ini