Todd Howard Starfield Ditunda – Ketika pandemi global Covid-19 terjadi di tahun 2020 lalu, banyak perusahaan yang harus memberlakukan Work from Home (WFH) alias kerja dari rumah untuk meminimalisir penyebaran virus yang meresahkan tersebut.
Meskipun terbilang nyaman untuk para pekerja, WFH pada akhirnya tidaklah seefektif kerja di kantor secara langsung karena beberapa alasan. Dan dalam industri game, WFH membuat banyak proyek game melewait deadline yang berakhir game terpaksa ditunda perilisannya. Hal ini juga berlaku untuk game Starfield.
Todd Howard, “Starfield Ditunda karena Pandemi”
Starfield, game terbaru dari Bethesda menjadi salah satu contoh terbaru saat ini. Telah dikembangkan selama bertahun-tahun, game RPG luar angkasa tersebut awalnya ingin dirilis pada tanggal cantik 11 November 2022 (10/11/22).
Tetapi sayangnya tanggal rilis cantik itu tidak dapat tercapai karena banyak aspek yang masih belum rampung. Untuk menghindari resepsi yang tidak diinginkan, Bethesda memutuskan untuk undur perilisan game.
Game tersebut menjadi game pertama Bethesda menggunakan engine baru yakni Creation Engine 2. Namun selama proses produksi awal game, mereka masih menggunakan engine lama dan baru melakukan transisi ketika pandemi global terjadi.
Dilansir dari The Washington Post, Todd Howard akui bahwa kerja secara remote itu sangat lambat dibandingkan dengan kerja di studio langsung. Ketika mendekati jadwal rilis di November 2022 lalu, ada beberapa hal yang ternyata lebih sepenuhnya rampung.
Mereka terpaksa untuk memundurkan jadwal rilis yang bagi mereka menjadi keputusan tepat meski pada akhirnya terpaksa lewati tradisi rilis di tanggal cantik seperti game-game mereka sebelumnya.
Hasil yang Bisa Dibilang Memuaskan
Meski menjadi IP baru Bethesda selama 2 dekade terakhir, game ini berhasil menjadi game terlaris dan terbesar yang studio itu pernah rilis. Pada minggu pertama rilis, game telah berhasil mencapai 6 juta pemain.
Harus diingat bahwa game tersebut rilis di dua platform yakni PC dan juga Xbox Series X/S, maka jumlah pemain sebanyak itu menjadi prestasi tersendiri meski mungkin banyak di antaranya datang dari layanan subskripsi Xbox/PC Game Pass.
Game tersebut juga menjadi rilis Xbox tersukses sejauh ini setelah deretan kegagalan secara resepsi maupun komersil pada game-game first-party yang mereka rilis selama beberapa tahun terakhir.
Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Starfield beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com