Todd Howard Percaya Jika “Ambisius” akan Selalu Membuahkan Hasil

maxresdefault 7 1

Todd Howard mungkin menjadi salah satu developer paling dikenal di internet, sosok genius dibalik The Elder Scrolls V: Skyrim dan Fallout 4 ini tak hanya dikenal akan desain gamenya, tetapi juga dikenal banyak gamer sebagai meme di internet. Bahkan tampaknya Todd menyadari jika dirinya sering dijadikan lelucon di internet hingga membawa beberapa lelucon tersebut pada saat E3 tahun ini.

Bicara soal E3, dia umumkan 3 game sekaligus pada E3 tahun ini – Fallout 76, Starfield, dan The Elder Scrolls VI. Dia juga tengah kerjakan beberapa proyek lain selain dari 3 yang diumumkan ini dan meskipun seluruh game ini miliki genre dan desain yang berbeda-beda, Todd Howard percaya akan satu hal yang pasti: dia tak mau “bermain aman” pada desain seluruh game yang dia kerjakan. Lewat wawancara bersama Venture Beat, Todd ungkapkan jika dia selalu bersifat ambisius dan ingin mencoba hal baru di tiap game yang dia kerjakan:

“Yang utama adalah selalu bersifat ambisius… Bermain aman adalah cara terburuk untuk melakukan sesuatu. [The Elder Scrolls III] Morrowind dulu menjadi tantangan yang berat untuk kami. Itu merupakan game console pertama kami. Apabila game tersebut gagal, perusahaan ini akan bangkrut. [The Elder Scrolls IV] Oblivion lebih sulit lagi. Kami benar-benar mendorong teknologi kami. Saya senang dengan dialog di film Shakespeare in Love: Bagaimana mungkin ini akan berhasil? Entahlah, tapi cara itu selalu berhasil.”

Lewat wawancara yang sama, Todd Howard ungkapkan jika dia tak ingin utama visual dari game terlebih dahulu apabila konten di game tidak lengkap. Dia lebih ingin mengutamakan dunia yang dia bangun untuk miliki karakter sebanyak mungkin dan membuat pemain selalu takjub akan “saya bisa lakukan ini di game” ketimbang ciptakan game dengan visual cantik semata.

Starfield menjadi franchise baru yang Todd Howard kerjakan selama 25 tahun di Bethesda. Game ini telah dipikirkan oleh timnya selama 10 tahun terakhir, namun baru tahun-tahun ini dia ingin realisasikan ide tersebut menjadi game ketimbang hanya menjadi ide semata. Setelah Fallout 4 selesai dikembangkan, timnya kini sepenuhnya fokus pada Starfield dan setelah game ini dan kedua game lain yang belum diumumkan, dia dan timnya baru bisa fokus pada The Elder Scrolls VI.

Todd Howard telah menangkan penghargaan Industry Legend Award pada tahun ini, dan tentu saja penghargaan tersebut dia dapatkan karena sesuatu. Penghargaan tersebut tentunya menjadi sebuah kebanggaan sendiri khususnya dengan keambisiusannya dalam mengembangkan video game selama 25 tahun.

Exit mobile version