Todd Howard: Stop Beli Skyrim Apabila Tak Mau Dirilis Ulang Kembali

todd howard 07 07 18 1

The Elder Scrolls V: Skyrim menjadi game RPG populer yang masih dimainkan hingga saat ini akibat komunitas modding yang terus tumbuh sepanjang tahun. Dirilis ulangnya game ini ke platform lain telah menjadi semacam lelucon internet saat ini hingga pada E3 2018 bulan lalu Bethesda seakan sadar akan lelucon ini dan membuat parodi sendiri akan lelucon tersebut. Dengan The Elder Scrolls VI masih lama untuk dirilis melihat Bethesda masih sibuk dengan 3 proyek besar saat ini, kemungkinan Skyrim akan dirilis ulang untuk kesekian kalinnya bisa saja terjadi. Todd Howard, game director dibalik game ini dan seri-seri sebelumnya ungkapkan pendapatnya atas rilis ulang game RPG keluaran tahun 2011 ini.

Diwawancarai oleh Geoff Keighly di Barcelona (via Gameindustry.biz), Howard klaim jika ada “jutaan pemain setiap bulannya” yang masih memainkan game berumur 7 tahun ini. Popularitas yang terlihat terus meningkat ini adalah alasan utama mereka memutuskan untuk merilis ulang Skyrim untuk berbagai platform baru. Satu-satunya solusi agar mereka berhenti merilis Skyrim menurut Howard sangatlah sederhana: jangan dibeli.

“Hingga sekarang, banyak orang yang masih memainkan Skyrim yang dirilis 7 tahun lalu; jutaan orang setiap bulannya masih memainkan game tersebut. Itulah alasan kami terus merilis ulang game tersebut. Apabila kalian ingin kami stop merilis ulang Skyrim, stop beli game tersebut.”

Ini bukan kali pertama sang developer jelaskan alasan dibalik perilisan game secara jujur di depan media. Lionel Raynaud, vice president of creative dari Ubisoft pernah memberikan penjelasan serupa akan mengapa Assassin’s Creed dirilis setiap tahun. Dirinya mengklaim jika rilis tahunan dari Assassin’s Creed disebabkan oleh permintaan yang tinggi dari fans, dan akan menjadi keputusan yang bodoh bagi mereka untuk tidak memamfaatkan kesempatan tersebut.

Kemungkinan besar Skyrim untuk Nintendo Switch akan menjadi terakhir kalinya Bethesda merilis ulang game tersebut melihat mereka kini telah berpaling mengembangkan The Elder Scrolls VI yang saat ini baru memasuki tahap pre-production. Akan tetapi pertanyaan terbesar yang muncul sekarang adalah apakah The Elder Scrolls VI akan dapatkan perlakukan yang sama seperti Skyrim nantinya? Kita tunggu saja nanti.

Exit mobile version