Toko Aplikasi APK Pure Terinfeksi Trojan

in ,

APKPure, salah satu toko aplikasi alternatif terbesar di luar Google Play Store, terinfeksi malware yang memungkinkan para peretas mendistribusikan Trojan ke perangkat Android.

Para peretas menggunakan aplikasi versi 3.17.18 untuk mengelabui pengguna yang tidak curiga agar mengunduh dan menginstal aplikasi berbahaya yang ditautkan ke kode berbahaya yang ada di dalam aplikasi APKpure.

Informasi ini, pertama kali ditemukan dan dilaporkan oleh peneliti dari Doctor Web dan Kaspersky. Menurut Doctor Web, virus trojan ini termasuk sebuah malware. Trojan jenis ini disebut mampu mengunduh, memasang, dan mencopot pemasangan perangkat lunak tanpa izin pengguna.

Menurut Kaspersky, APKPure versi 3.17.18 telah di-tweak untuk memasukkan SDK iklan yang bertindak sebagai penyalur Trojan yang dirancang untuk mengirimkan malware lain ke perangkat korban.

Bahkan, malware ini dapat menampilkan iklan di layar kunci, membuka tab browser, mengumpulkan informasi perangkat yang terinfeksi dan mengunduh aplikasi jahat lainya.

Menanggapi temuan tersebut, APKPure telah merilis versi baru dari aplikasi (versi 3.17.19) pada 9 April yang menghapus file berbahaya itu. Kini pengembang menyatakan bahwa mereka telah memperbaiki masalah keamanan, sehingga membuat APKPure lebih aman untuk digunakan.

 

Sumber: Cybersafe

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.