Total Penjualan Franchise Final Fantasy Sudah Mencapai 180 Juta Kopi

Penjualan Franchise Final Fantasy

Final Fantasy masih menjadi salah satu judul game JRPG yang paling populer hingga sekarang. Game yang sudah rilis sejak 1987 ini kembali memecahkan rekor baru unit penjualan bombastis hingga rilisnya Final Fantasy XVI bulan Juni lalu.

Saat pengumuman musikal Final Fantasy XVI beberapa waktu lalu (via PushSquare), Square Enix juga sekaligus mengumumkan total penjualan franchise JRPG ini yang ditotal berdasarkan salinan terjual dan download digital.

Total Penjualan Franchise Final Fantasy Akhirnya Capai 180 Juta Kopi

Total penjualan tembus 180 juta kopi

Angka yang bisa dikatakan fantastis ini mencetak nominal 180 juta kopi sejak FF pertama hingga 16 yang paling baru ini. Mengingat game FFXVI juga baru saja rilis, angka tersebut dipastikan akan terus bertambah.

Terakhir kalinya angka tersebut diperbaharui adalah pada bulan Maret tahun lalu. Dimana total penjualan bertengger di angka 173 juta kopi. Dalam jangka waktu setahun ini ada beberapa game yang dirilis hingga total penjualan Final Fantasy bisa mencapai angka 180 juta.

FF terbaru yang ikut andil dalam menambah angka penjualan

Judul seperti Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion, FF Pixel Remaster, dan yang terbaru FFXVI turut andil dalam menyumbang angka tersebut. Dari semua itu, FFXVI sudah terjual sebanyak 3 juta kopi per akhir Juni ini. Hingga bisa dikatakan setengah dari penjualan dari tahun lalu dicapai hanya oleh FFXVI sendiri.

FFXVI, Judul Terbaru yang Bawa Pendekatan Berbeda

Game FF terbaru yang lebih action

Final Fantasy XVI memang sebuah game yang punya pendekatan berbeda dibanding seri terdahulunya. Game yang sering dicap less RPG more action ini meski memicu berbagai reaksi negatif dari gamer, tidak sedikit juga yang memuji bagaimana grafis dan cinematic dikemas dengan apik.

Yang jelas angka penjualan 180 juta ini sudah setara dengan game GTAV dari Rockstar, game yang lebih mainstream. Hanya saja angka ini akan terus bertambah karena Square Enix masih punya FFVII Rebirth dan Ever Crisis Final Fantasy VII yang akan hadir tak lama lagi.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Games atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version