Town Of Salem – Game tentang Pembunuhan, Penipuan, Pembohongan, dan Histeria Massa

in ,

Judulnya saja berkata begitu. Apakah anda sanggup memainkan permainan video ini? Town of Salem adalah game browser yang dikembangkan oleh BlankMediaGames tanggal 15 Desember 2014. Game ini gratis (namun juga tersedia di steam untuk $5 untuk fitur-fitur yang lebih) yang mengajak para pemainnya untuk berbohong tetapi harus mendeteksi bila orang lain berbohong dan tidak tertangkap dan bertahan hidup.

Permainan Video ini dimainkan oleh rentang interval 7 hingga 15 pemain untuk 1 sesi. Tujuan dari Game ini berbeda-beda untuk setiap perang. Mari berkenalan dengan peran-peran yang ada di game.

Berikut ini adalah Link Trailer untuk Town Of Salem

https://www.youtube.com/watch?v=de7d8yegNr8

Good Guy (Townie)

Mereka adalah penduduk lokal asli. Mereka mempunyai tujuan untuk menghukum mati tanpa pemeriksaan pengadilan peran Mafia, Neutral Killing, dan Neutral Evil. Mereka dibagi menjadi 3 kategori yaitu Town Support, Town Killing, Town Investigate, dan Town Protective. Masing-masing mempunyai keahlian yang berbeda-beda untuk mendeteksi musuh dan menghabisinya.

Adapun Peran Townie ialah Bodyguard, Doctor, Escort, Investigator, Jailor, Lookout, Mayor, Medium, Retributionist, Sheriff, Spy, Transporter, Veteran, Vigilante, Vampire Hunter(TBA). Contohnya:

Doctor dia bisa menyelamatkan nyawa orang yang diserang setiap malamnya.

Medium bisa berbicara dan kemungkinan mendapatkan informasi dari yang telah meninggal di malam hari. Ketika Peran Medium telah tewas, dia akan diberi kesempatan 1 kali untuk berbicara dengan orang yang masih hidup tapi hanya sekali.

Vigilante dia bisa membunuh siapa pun tanpa menunggu pagi hari. Dengan hanya 3 peluru seorang Vigilante harus berhati-hati siapa yang akan dia tembak di malam hari. Bila salah target, dia akan membunuh dirinya keesokan hari karena dia merasa telah bersalah, membunuh orang tidak bersalah.

Bad Guys (Mafia)

Peran Mafia disini sangatlah simpel, mereka hanya harus membunuh para Townie atau Neutral Killing. Mafia dibagi menjadi Mafia Killing, Mafia Support, Mafia Deception. Masing-masing tentunya juga mempunyai keahlian yang berbeda-beda.

Adapun peran Mafia adalah Godfather, Mafioso, Blackmailer, Consigliere, Consort, Disguiser, Framer, Janitor, Forger(TBA).

Godfather adalah boss dari mafia dan dia wajib berada di satu game. Godfather bisa membunuh targetnya dengan menyuruh peran Mafioso untuk menghabisi targetnya, meskipun bila Mafioso itu telah memilih targetnya. Namun, bila tidak memilih siapapun, Mafioso bebas membunuh targetnya.

Janitor dia bertugas untuk menghilangkan Peran Mayat yang dibunuh oleh Mafioso atau Godfather, namun seorang Janitor hanya bisa menghilangkan role pemain yang dibunuh saat malam hari, tetapi hanya untuk 3 kali. Karena perannya tidak tahu. Townie, Mafia, atau Neutral tidak dapat mengetahui perannya. Maka dari itu berhati-hatilah!

Consigliere bekerja seperti Sheriff dan Investigator, namun ia hanya berpihak di mafia. Tugasnya adalah mengetahui Peran orang yang diinvestigasi.

Netral (Neutral)

Netral tidak berpihak kemanapun. Tetapi mereka juga mempunyai peran-peran yang berbeda. Neutral dibagi atas 3 kelompok: Neutral Killing, Neutral Benign, Neutral Evil.

Adapun peran-peran Neutral adalah Amnesiac, Arsonist, Executioner, Jester, Serial Killer, Survivor, Witch, Werewolf, Vampire(TBA).

Serial Killer adalah seorang psikopat yang mau semuanya mati. Dia harus membunuh para Townie dan Mafia tanpa pandang bulu. Karena dia mau semuanya mati. Namun, kalian bisa menang dengan peran seperti Witch, Survivor, Serial Killer itu sendiri. Tiap malam seorang Serial Killer memilih target untuk dibunuh, atau dia bisa membiarkan orang datang kerumahnya, hanya untuk dibunuh olehnya.

Arsonist tiap malamnya pergi kerumah 1 orang untuk membasahi mereka dengan Bensin. Malam berikutnya Arsonist mempunyai pilihan untuk membakar target dan membunuhnya, membasahi orang dengan bensi lagi, atau diam untuk menghindari kecurigaan.

Jester mempunyai tujuan untuk dihukum mati di tempat umum, bila ia berhasil, ia menang. Tapi bagaimana agar memancing orang agar mengeksekusi Jester? Bila si Jester sukses dieksekusi di tempat umum. Keesokan malamnya, bagi yang memilih kamu bersalah. Kamu dapat membuat mereka bunuh diri tapi untukk 1 kali saja. Tunggu hingga permainan berakhir dan kamu menang!

Jaminannya? Orang tidak akan tahu peran kamu di dalam game. Apakah kamu seorang Doctor yang mengobati Mafioso yang telah ditarget oleh Serial Killer? Kamu tidak akan pernah tahu!

Fase Game

Fase game ini ada 4 fase Night, Day, Defense, Judgement.

Fase Night adalah dimana kamu menggunakan kemampuan Peran kamu. Serial Killer mengendap-endap kerumah-rumah secara diam-diam, Doctor mengobati orang untuk menghindari mereka dari kematian, dan lain-lain.

Fase Day kalian berdiskusi untuk mencari petunjuk, atau memberi petunjuk kepada orang entah itu berbohong atau jujur. Setelah Fase Day, kalian akan memvoting siapa yang harus dibawa ke pengadilan. Bila tidak ada Game akan berlanjut ke Fase Night.

Fase Defense, bila ada seseorang dibawa ke pengadilan mereka harus membuktikan bahwa mereka tidak bersalah, apakah warga kota peduli?

Fase Judgement disini akan menentukan hidup kalian, apakah kalian akan dieksekusi atau dimaafkan. Bila Bersalah lebih banyak daripada Tak bersalah, kamu akan dieksekusi mati. Bila masih ada waktu untuk voting, voting masih akan dilaksanakan, bila tidak, Fase Night siap menunggu.

Tertarik untuk mencoba game ini?

Berikut adalah Screenshot yang diambil saat saya memaikan gamenya.

11009151_10207547691877267_7794929766941297829_n

11232898_10207547692117273_3015698345769775368_n

11219071_10207547367789165_8478842341386749394_n

Game Browser ini bisa dimainkan secara gratis disini.

Atau bisa dibeli di Steam.

Artikel ini ditulis oleh contributor. Gamebrott tidak bertanggung jawab atas ketidaktepatan, pernyataan, kekeliruan isi informasi dari contributor.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]