Tren AI PC Dimulai, Harga PC Berpotensi Kembali Alami Kenaikan!

Imbas Tren Ai Pc

Buat kalian yang miliki rencana rakit PC, mungkin harus menelan fakta yang kurang mengenakkan di mana harga PC berpotensi kembali alami kenaikan. Konon, hal tersebut dikarenakan tren AI PC yang bakal menjadi standar baru komputasi di masa depan. Benarkah demikian?

Harga PC Berpotensi Kembali Alami Kenaikan, Imbas Tren AI PC?

Harga komponen PC bakal alami kenaikan lagi

Naiknya harga komponen PC belakangan ini, khususnya memori dan penyimpanan, ternyata menyeret komponen lainnya ikut mengalami kenaikan harga secara keseluruhan. Hal tersebut ditunjukkan oleh data yang dikumpulkan Canalys, sebuah grup yang memang mendedikasikan penelitian tren harga di pasar.

Berdasarkan postingan terbarunya, mereka menjelaskan bahwa harga PC berpotensi kembali alami kenaikan. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan dikarenakan tren AI PC yang semakin mudah saja ditemukan belakangan ini, termasuk inovasinya.

Mendorong PC dengan kecerdasan buatan?

Dalam laporannya, disebut bahwa besar kemungkinan imbas dari tren AI PC ini bakal mendorong 60% komponen PC di tahun 2027 akan sudah terintegrasi dengan kecerdasan buatan.

PC mainstream bakal mendukung AI mulai tahun 2025

Masih berpedoman pada laporan tersebut, disebut bahwa tren AI PC ini bakal menaikkan harga komponen PC setidaknya di kisaran 10-15%.

Data tersebut berdasarkan inovasi dan teknologi yang dimiliki saat ini, dengan perkiraan permintaan pasar yang bakal naik di tahun 2025, dan mencapai puncaknya di tahun 2026. Hal tersebut diperkuat oleh sistem operasi Windows 11, yang kini menuntut spesifikasi khusus untuk mentenagai kecerdasan buatan terintegrasinya.

Integrasi NPU di dalam Prosesor

Integrasi NPU pada prosesor modern?

Berpedoman pada kecerdasan buatan yang terintegrasi, besar kemungkinan ke depannya prosesor, driver, aplikasi, bahkan API bakal memanfaatkan Neural Processing Unit (NPU) guna meningkatkan performa perangkat secara keseluruhan karena akan berdasarkan kecerdasan buatan.

Qualcomm, Apple, Intel, dan AMD diperkirakan bakal menjadi pionir dan mendominasi pasar NPU di masa depan, mengingat track record perusahaan-perusahaan tersebut yang memang mampu menghasilkan inovasi secara nyata.

Kalau memang bakal naik, apakah mending tahan dana dulu, atau langsung rakit aja yah, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version