Tren Zaman Now, Ini Cara Buat dan Jual NFT yang Bisa Kamu Coba!

Cara Buat Dan Jual Nft

Tak lelah kita membahas tentang tren zaman now yang baru-baru ini naik daun, yaitu non-fungible token atau NFT. Berbicara keuntungan, angka yang diraih pun bukanlah dalam jumlah kecil, namun mampu buatmu penasaran dan tergoda untuk terjun ke dalamnya. Faktanya, NFT adalah sesuatu yang sedang panas-panasnya saat ini.

Terlebih bila sebelumnya kamu telah membaca salah satu artikel kami yang membahas NFT termahal di dunia, tentunya buatmu segudang pertanyaan. Bagaimana mungkin sebuah karya berbentuk NFT dibanderol bahkan menyetarai lukisan pelukis sekelas Vincent van Gogh berjudul Vase with Fifteen Sunflowers?

Adalah hal yang menakjubkan bagaimana perkembangan teknologi dapat mendorong para pelaku kreatif atau content creator untuk menelurkan karyanya. Dan bukan hal mustahil untuk kalian dapat menjadi salah satunya, yang kini mencari cara bagaimana cara buat dan jual NFT.

Tenang, kalian tak perlu khawatir, karena kali ini kami akan menyuguhkan cara buat dan jual NFT yang bisa kamu coba.

Buat yang Belum Tahu Apa Itu NFT

Sebelumnya, kami memang pernah membahas tentang apa itu non-fungible token, dan alasan mengapa bisa populer di dunia cryptocurrency. Namun, kali ini kami akan memberikan sedikit improvisasi untuk makin perjelas definisi dari NFT yang sebenarnya.

NFT atau non-fungible token merupakan karya seni dalam bentuk digital yang mencakup lukisan, musik, maupun collectibles. Entah itu dari video games berbasis NFT, maupun potongan video dari olahraga basket yang cukup terkenal saat ini. Kasarnya, NFT merupakan alternatif aplikasi penghasil uang saat ini yang terlalu banyak persyaratan aneh.

Mudahnya, NFT mampu menyetarakan eksistensinya layaknya benda fisik yang bisa kita koleksi. Letak perbedaan NFT dari collectibles berbentuk fisik adalah bahwasanya kita hanya mendapatkan sertifikat kepemilikan secara digital.

Untuk mendapatkan sebuah NFT, dibutuhkan cryptocurrency pada saat proses transaksi. Perlu kami garis bawahi bahwa nilai dari sebuah NFT ditentukan oleh kondisi market dan jumlah demand yang ada.

Cara Membuat Sebuah NFT

Awalnya, kami berpikir bahwa membuat NFT membutuhkan proses yang rumit. Namun, setelah kami amati lebih mendalam, membuat sebuah NFT ternyata relatif mudah, bahkan tak harus miliki ilmu cryptocurrency tingkat atas. Membuatnya kurang lebih sama dengan aplikasi penghasil uang, namun membutuhkan karya seni yang dibuat terlebih dahulu.

Dan untuk mengawali langkah membuat sebuah karya seni berbentuk NFT, kita harus menentukan cryptowallet yang akan kamu gunakan.

Ada banyak sekali layanan cryptowallet di luaran sana yang tak bisa kalian sama-ratakan, karena masing-masing memiliki marketplace-nya sendiri.

Misalnya, kita ingin membuat sebuah NFT berdasarkan marketplace tertentu semisal pada Binance Smart Chain. Kita hanya bisa lakukan transaksi selama itu masih dalam satu cakupan dari Binance Smart Chain tersebut, semisal Dogecoin, selama didukung.

Adanya aturan main tersebut tentu membatasi transaksi hanya pada satu platform. Kita takkan bisa lakukan transaksi pada salah satu marketplace yang cukup tenar, OpenSea, karena kita gunakan teknologi yang memang berbeda.

Untuk mempermudahmu buat dan jual NFT, kami menyarankanmu untuk miliki cryptowallet Ethereum seperti TrustWallet, dCentWallet, dan lainnya terlebih dahulu. Selama memenuhi standar ERC-721, maka cryptowallet tersebut sudah mendukung Ethereum.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Kemudian, kamu harus menentukan marketplace di mana kamu dapat membuat dan menjual karya seni dalam bentuk NFT. Untuk menambah referensimu, di bawah ini adalah beberapa marketplace berbasis Ethereum yang cukup tenar dan kerap digunakan untuk transaksi NFT.

Dan masih banyak lagi untuk mempermudahmu dalam lakukan aktivitas jual beli NFT. Tentu kalian harus mendaftar terlebih dahulu pada contoh marketplace di atas untuk dapat mengakses fitur tambahan.

Cara Mendaftar di OpenSea

Bukan bermaksud mempromosikan, nyatanya OpenSea merupakan salah satu marketplace yang cukup populer saat ini. Bahkan, kami mendapati adanya karya seni salah satu dosen universitas kenamaan pada marketplace ini.

Perhatikan langkah di bawah ini untuk memastikanmu untuk dapat segera membuat karya seni buatanmu di OpenSea.

Jangan Lupa untuk Lakukan Verifikasi

Untuk mengamankan cryptowallet milikmu, kamu harus melakukan verifikasi email. Proses ini dibutuhkan supaya kamu dapat mulai buat dan jual semua yang berbau NFT.

Berikutnya, Cara Buat dan Jual NFT

Setelah membuat cryptowallet MetaMask di atas, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana cara buat dan jual karya berbentuk NFT. Setelah melewati deretan step-by-step di atas, bukankah makin membuat kalian tak sabar untuk memulai buat dan jual NFT?

Tenang, karena kali ini kita akan membahas bagaimana cara buat dan jual karya seni berbentuk NFT. Sisi baiknya, NFT dapat berperan sebagai pengganti aplikasi penghasil uang konvensional.

Ikuti langkah di bawah ini dengan baik, dan pastikan kalian tak melewatkan satu poin ya, brott.

1. Buat NFT Terlebih Dahulu

Mustahil bila kita tidak memiliki apapun namun bisa mendapat keuntungan. Sama halnya dengan NFT, kita tentu harus membuat NFT terlebih dahulu.

2. Jual NFT Kemudian

Setelah berhasil membuat NFT, langkah berikutnya tentu adalah menjual karya seni untuk meraup keuntungan.

Verdict

Setelah melihat step-by-step di atas, apakah kalian tertarik untuk terjun ke dunia non-fungible token atau NFT ini?

Tertarik untuk membeli NFT penulis?

Merupakan tren zaman now, cara buat dan jual NFT ini termasuk mudah untuk dilakukan, terlebih bila kalian mendalaminya. Besarnya hype saat ini tentu makin mengukuhkan bahwa tren ini takkan redup dalam waktu dekat. Sudah pasti NFT akan lebih menghasilkan ketimbang aplikasi penghasil uang pada umumnya bila ditekuni.

Namun, buat kamu yang masih was-was atau kurang yakin dengan eksistensi non-fungible token ini, kami pun sempat menulisnya di sini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version