Tunda Cyberpunk 2077, Saham CD Projekt Red Langsung Anjlok

in , , , , ,
Hal yang tak bisa dielakkan.

Sejak diumumkan tahun 2012 silam, Cyberpunk 2077 menjadi proyek yang diabaikan hingga CD Projekt RED merampungkan ekspansi Blood and Wine dari The Witcher 3. Namun mereka segera mengerjakannya dan berambisi bahwa gamenya akan jauh lebih baik dari The Witcher 3. Sayang, banyaknya penundaan membuat citra developer sekaligus publisher asal Polandia ini semakin terpuruk. Puncaknya setelah mereka yakin mengumumkan tanggal rilis resminya dan berjanji bahwa gamenya takkan kembali ditunda.

Sayangnya, beberapa hari yang lalu mereka mengumumkan bahwa Cyberpunk 2077 kembali ditunda. Game yang awalnya direncanakan rilis April 2020 tersebut harus mundur hingga 10 Desember 2020. Menutup sebuah fakta bahwa mereka telah lembur mati-matian untuk mengejar tanggal rilisnya. Pengumuman dadakan tersebut sontak membuat banyak fans menjadi sangat kesal setelah janji mereka untuk tidak menundanya.

Meskipun CD Projekt Red menjelaskan bahwa mereka ingin merilisnya secara bersamaan di semua platform, namun rupanya penundaan ini disebabkan karena masalah versi PS4 dan Xbox One-nya.

Kasus ini rupanya merembet ke harga saham CD Projekt RED. Beberapa bulan sejak pengumuman penundaan beruntun Cyberpunk 2077, saham mereka langsung anjlok. Sejak akhir bulan Agustus kemarin, harga saham mereka merosot hingga 25%.

Menurut GamesIndustry, akhir bulan Agustus 2020 kemarin, saham CD Projekt RED masih bernilai 42.4 milyar zloty (mata uang Polandia, red) atau sekitar 156 triliun rupiah dengan bagi hasil sekitar 461 zloty atau 1.7 juta rupiah per-bagian.

Kemarin, saham tersebut kembali turun setelah pengumuman penundaan Cyberpunk 2077 untuk yang ketiga kalinya, dengan bagi hasil menjadi 331 zloty atau 1.2 juta rupiah per-bagian. Meskipun saat ini sempat naik menjadi 346 zloty, namun kemerosotan saham CD Projekt RED belum bisa bebas dari angka 25%.

Hingga detik ini, total saham mereka bernilai 33.4 milyar zloty atau sekitar 122 triliun rupiah.

Tentunya saham tersebut akan naik drastis setelah mereka merilis Cyberpunk 2077. Hal ini mengingat hype gamenya yang masih hangat di kalangan fans. Pada bulan Mei 2020 kemarin, saham CD Projekt RED dan melebihi saham Ubisoft. Namun sejak penundaan, nilai Ubisoft justru naik 40% lebih tinggi di angka 10.2 milyar euro atau sekitar 171 triliun rupiah.

Cyberpunk 2077 rencananya akan dirilis tanggal 10 Desember 2020 nanti di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Gamenya akan miliki backward compatibility untuk PlayStation 5 dan Xbox Series X, namun juga tawarkan upgrade gratis untuk console next-gen bagi player yang telah membeli di platform sebelumnya.


Baca lebih lanjut tentang Cyberpunk 2077 atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.