Tutorial Cara Mematikan Location Tracking di Android dan iOS Dengan Mudah

in ,
Gmaps

Saat ini kebanyakan dari kita setuju jika banyak pemanfaatan tracking location seperti dapat memberi tahu Anda bahwa ada restoran bagus di dekat Anda, lokasi dimana terdapat SPBU, tempat wisata atau tempat umum lainya berada di sekitar lokasi Anda.

Tentu saja disaat anda menyiapkan  perangkat android misalnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin membagikan data lokasi Anda.

Jika Anda menjawab ya, maka Google akan secara otomatis menambahkan pergerakan Anda ke riwayat lokasi Anda, yang dapat Anda lihat di bagian Timeline akun Google Anda.

Riwayat lokasi “membantu Anda mendapatkan informasi yang berguna”. Google mengatakan, seperti perutean perjalanan otomatis atau hasil pencarian yang lebih baik dengan membuat peta khusus yang menghubungkan perangkat terdaftar Anda, di samping beberapa saran otomatis yang dapat membantu Anda dalam berbagai situasi.

Namun tetap saja, tidak semua orang nyaman ketika dipantau setiap saat selama 24 jam dimanapun Anda berada.

Misalnya, ketika Anda kehilangan perangkat Anda, data tersebut dapat digunakan oleh seseorang dengan niat jahat.

Oleh karena itu, disini kami akan memberikan langkah-langkah bagaimana cara mematikan fitur location tracking pada perangkat ponsel Android milik anda.

Ada dua cara untuk mencegah Google mengetahui lokasi Anda.

  • Jika melalui komputer, anda perlu membuka situs myactivity.google.com
  • Setelah itu, anda perlu pilih ‘Activity Controls’ atau ‘Kontrol Aktivitas’ di sebelah atas kiri bagian menu.mematikan location tracking
  • Kemudian pada pengaturan anda pilih ‘Location History’. Apabila tombol disampingnya menyala dengan warna biru, itu berarti anda masih menyalakan fitur ini.Screenshot 2
  • Untuk mematikanya, anda hanya perlu menekan hingga tombolnya tidak berwarna biru. Ini akan mencegah tepatnya lokasi Anda disimpan di akun Google.

Untuk perangkat Android:

  • Anda perlu membuka pengaturan atau Setting, kemudian pilih dan klik ‘Security & Location’.
  • Setelah itu, anda cari dan pilihlah ‘Privacy’. Kemudian tap ‘Location’. Anda bisa mematikan secara keseluruhan.
  • Untuk mematikan akses ke sejumlah aplikasi, Anda bisa menggunakan ‘App-Level permissions’ .
  • Sedikit berbeda dengan iPhone, pada ponsel Android, tidak ada pengaturan untuk ‘While Using’. Anda tidak dapat mematikan layanan Google Play yang memuat lokasi Anda ke aplikasi lain.

Untuk perangkat iOS:

  • Apabila Anda menggunakan ‘Google Maps’, pilih pengaturan setting aplikasi ke ‘While Using’. Ini akan mencegah aplikasi mengakses lokasi Anda saat tidak aktif.
  • Pada pengaturan pilih ‘Settings’ lalu ‘Privacy’ kemudian ‘Location Services’. Setelah itu pilih ‘Google Maps’ untuk disesuaikan.
  • Jika Anda gunakan ‘Safari’, pertimbangkan untuk tidak menggunakan mesin pencarian Google.
  • Pada pengaturan, pilih ‘Safari’ lalu ‘Search Engine’, dan Anda bisa temukan pilihan lain seperti Bing atau DuckDuckGo.
  • Kemudian Anda bisa mematikan lokasi saat ‘browsing’ dengan melakukan pengaturan berikut: ‘Setting’ – ‘Privacy’ – ‘Location Services’ – ‘Safari Websites’ dan kemudian ubah ke ‘Never’. Ini juga akan mencegah pengiklan mengetahui lokasi dari alamat IP Anda.
  • Anda juga bisa mematikan lokasi secara keseluruhan dengan cara ‘Setting’ – ‘Privacy’ – ‘Location Services’

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]