Tutorial Elden Ring Terbaik dan Paling Git Gud Versi Gamebrott

Tutorial Elden Ring

Setelah penantian panjang, para gamer dan saya sendiri akhirnya bisa mencoba bermain Elden Ring. Game buatan FromSoftware yang rilis pada 25 Februari 2022 di platform PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series dan PC ini berhasil mencuri perhatian banyak orang. Para gamer yang sebelumnya belum pernah bermain seri Dark Souls pun mencoba memainkan game ini dan berburu banyak tutorial Elden Ring.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai tutorial Elden Ring paling Git Gud yang harus kalian pelajari. Tutorial ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis ketika bermain Elden Ring dan juga game Souls-like lainnya buatan FromSoftware dimana game baru ini dengan pendahulunya memiliki banyak kemiripan serta peningkatan yang luar biasa.

Inilah tutorial Elden Ring terbaik dan paling Git Gud yang harus kalian pelajari!

1. Pahami Semua Basic Control Bertarung

Tutorial Elden Ring Terbaik dan Paling Git Gud Versi Gamebrott 12

Tutorial pertama Elden Ring yang harus kalian pelajari pertama adalah pahami semua basic control dalam game, terlebih pada sistem bertarungnya. Hal ini akan salah satu elemen penting agar kalian bisa melalui segala macam tantangan dalam game.

Tidak jarang pemain sering sekali mati karena mereka belum memahami basic control di game ini, baik itu pemain baru ataupun pemain lama Dark Souls. Apalagi beberapa tombol dalam game memiliki perbedaan posisi antara Elden Ring dengan Dark Souls, terlebih pada fitur lompat.

Fitur lompat menjadi lebih mudah di game ini dibandingkan para pendahulunya. Jika di game Dark Souls (kecual Sekiro) kalian bisa lompat dengan menekan dan menahan tombol dash atau lari kemudian dilepaskan dibarengi menekan tombol yang sama dengan cepat, berbeda dengan game terbaru FromSoftware. Tombol jump dan dash/dodge dipisahkan dengan menekan F di keyboard dan X di stik PS ataupun A di stik Xbox/PC.

Satu perbedaan pada fitur jump ini membuat saya sedikit gugup karena sudah terlalu terbiasa dengan cara melompat di game Dark Souls bahkan sampai mati karena salah pencet ketika melawan bos. Hal ini membuktikan bahwa seberapa lamapun kalian bermain game Dark Souls, kalau belum terbiasa dengan basic control-nya akan berakibat fatal.

2. Musuh Elden Ring Bisa Membaca Gerakan Pemain

Musuh yang sulit bukan sesuatu yang langka di semua seri game Souls-like buatan FromSoftware. Itu karena Hidetaka Miyazaki dan tim developer mengembangkan sebaik mungkin bagaimana AI musuh bergerak dan menyerang pemain. Bahkan tidak jarang kita melihat musuh bisa mengakali pemain yang membuat mereka harus mati, mulai dari mati ditebas, ditusuk, perangkap, jatuh ke jurang bahkan sampai mati konyol.

Jika kalian merasa musuh di Elden Ring maupun seri game Dark Souls bisa membaca gerakan pemain setiap tombol yang ditekan, kalian tidak sendiri. Banyak pemain termasuk saya sendiri juga merasakan hal seperti itu.

Dari dulu hingga sekarang, musuh-musuh yang kalian hadapi di seri game Dark Souls dari FromSoftware memang diprogram bereaksi dari apa yang dilakukan atau dalam hal ini apa yang pemain tekan pada keyboard maupun stik mereka gunakan. Mereka selalu memperhatikan gerak-gerik pemain sama halnya seperti kita memperhatikan mereka.

Salah satu bukti yang bisa saya berikan berdasarkan pengalaman pribadi adalah ketika kalian melakukan healing. Ketika pemain menjaga jarak dan berusaha melakukan healing, musuh pasti tiba-tiba jadi agresif dan menyerang pemain sampai mati. Bukti lainnya adalah ketika HP karakter tinggal sedikit dan pemain mulai panik dengan menekan tombol apapun seperti dodge berulang kali untuk jaga jarak, musuh juga akan menjadi agresif berdasarkan kondisi seperti itu.

Karena itulah kalian harus selalu memperhatikan gerak-gerik musuh maupun pergerakan kalian sendiri agar kondisi permainan ada di tangan kalian. Bukan dikendalikan oleh musuh AI yang kalian hadapi.

3. Baca Pola Serangan Musuh dan Cari Celah Hitbox

Tutorial Elden Ring Terbaik dan Paling Git Gud Versi Gamebrott 13

Meskipun musuh bisa membaca gerakan pemain seperti yang bisa kalian lakukan pada mereka, salah satu hal yang tidak bisa mereka lakukan adalah terbatasnya pola serangan musuh. Biasanya musuh dalam seri game Dark Souls memiliki pola serangan yang bisa kalian baca. Hal ini juga berlaku untuk musuh di Elden Ring.

Setiap pola serangan musuh dalam game selalu memiliki stance atau pose kuda-kuda yang bisa kalian ketahui serangan seperti apa yang akan mereka lakukan. Misalnya saja monster tengkorak akan mengangkat tangan kanan mereka dan kemudian menyerang pemain dengan senjata pedang dengan 2-3 ayunan sekaligus. Atau ketika bos A melompat ke atas, biasanya serangan tersebut memiliki delay 1-2 detik dan dilanjutkan dengan tipe serangan vertikal yang bisa kalian hindari dengan dodge ke kiri atau ke kanan.

Dari pola serangan dari musuh, kalian bisa mendapat gambaran mengenai hitbox atau area serangan dari musuh yang dapat mengenai karakter pemain. Biasanya hitbox pada game Dark Souls termasuk Elden Ring memiliki celah hitbox yang bisa dimanfaatkan pemain, baik itu untuk menghindari serangan mereka ataupun berusaha untuk agresif melawan musuh.

Di awal game Elden Ring kalian bisa mempelajari tutorial ini agar bisa beradaptasi dengan musuh-musuh yang lebih sulit kedepannya yang rata-rata sering sekali menipu pemain dari posisi stance mereka. Apalagi ketika boss selalu memiliki pola serangan baru ketika HP mereka tersisa kurang dari 50%.

4. 2-3 Hit Habis Itu Mundur

Tutorial Elden Ring Terbaik dan Paling Git Gud Versi Gamebrott 14

Setelah kalian berhasil mempelajari serta mengetahui basic control, musuh bisa membaca gerakan pemain dan cara baca pola serangannya, ada satu lagi tutorial yang harus kalian ketahui dalam bertarung, yaitu 2-3 hit habis itu mundur.

Maksud saya dalam pembahasan ini adalah dianjurkan kalian selalu memukul musuh 2 atau 3 kali saja. Itu karena setiap mereka kena serangan dari pemain lebih dari 3 kali, mereka akan tiba-tiba agresif melakukan serangan balasan. Biasanya serangan yang akan mereka lakukan bersifat AOE atau memiliki area serangan yang cukup luas dan sulit kalian hindari ketika telat menghindar.

Tutorial ini sangat direkomendasikan untuk kalian apalagi jika bermain Solo tanpa bantuan summon NPC, Spirit Ashes ataupun player lain di Elden Ring.

5. Kabur Ketika Merasa Tidak Sanggup

Tutorial Elden Ring Terbaik dan Paling Git Gud Versi Gamebrott 15

Ketika kalian masih kesulitan setelah mengikuti tutorial di atas, kalian bisa lari alias kabur dari musuh ketika merasa sudah tidak sanggup menghadapi mereka. Hal ini sangat membantu kalian yang sedang speedrun atau berusaha mencari item, weapon ataupun armor penting di lokasi dengan kumpulan musuh yang sangat kuat.

Tutorial ini juga sangat membantu ketika kalian menemukan boss random di open world Elden Ring yang tidak memiliki invicible wall buat kabur. Beda ceritanya jika musuh yang kalian hadapi di area tertutup yang tidak bisa kalian hindari.

6. Fokus Satu Tipe Build yang Kalian Inginkan di Early Game

Elden Ring memiliki banyak variasi skill menarik yang bisa pemain gunakan yang tidak terfokus pada basic weapon-nya saja. Hal ini berkat fitur terbaru bernama Ash of War. Meskipun memiliki banyak variasi skill menarik yang bisa kalian build karakter pada mid-game dan end-game, pemain tetap perlu memutuskan harus fokus pada tipe build apa di early-game.

Secara garis besar, saya merekomendasikan kalian build yang fokus pada strength dan dexterity didukung dengan build endurance serta vigor. Karena build tersebut paling umum dan berfungsi dengan banyak macam kondisi.

Sementara untuk build yang berfokus pada mind, intelligence dan lainnya akan lebih baik setelah kalian berhasil mengalahkan boss Goldrick. Itu karena banyak item, armor, weapon dan paling penting spell serta ash of war yang dapat dikombinasikan satu sama lain. Kalian bisa menemukannya di berbagai lokasi setelah mengalahkan Goldrick.

Namun bukan berarti rekomendasi build yang saya berikan adalah pilihan terbaik. Build tersebut ada pro dan kontranya pada beberapa kondisi, terlebih ketika menghadapi musuh yang sangat besar memenuhi ruangan tertutup. Begitu juga dengan build yang berfokus pada permainan sihir.

Tipe build tersebut sangat bergantung dengan FP karakter yang harus rutin di restore dengan item healing-nya. Namun mereka bisa aman menyerang musuh dari jarak jauh dan juga gak kena fat roll karena senjata serta armor yang mereka gunakan memiliki berat yang tidak terlalu membebani status Load Equip karakter.

Jadi, selalu ingat dengan build yang kalian ingin fokuskan pada early game agar tidak terbuang sia-sia point skill upgrade karakter

7. Pentingnya Eksplorasi

Tutorial Elden Ring Terbaik dan Paling Git Gud Versi Gamebrott 16

Tutorial Elden Ring selanjutnya yang akan saya bagikan adalah pentingnya melakukan eksplorasi di dunia yang sangat luas. Ada banyak hal yang bisa kalian temukan dalam game ini. Bahkan melakukan eksplorasi juga memiliki keuntungan sendiri jika kalian selalu memeriksa setiap sudut area, mulai dari mendapatkan item, weapon, armor, ash of war dan tentu saja mendapat runes dari mengalahkan musuh yang kalian hadapi.

Tidak hanya keuntungan secara materil, eksplorasi dunia Elden Ring juga menambah wawasan dari cerita lore yang telah disiapkan oleh FromSoftware dan juga penulis George R.R Martin. Bahkan ada juga semacam questline yang akan kalian trigger secara sengaja maupun tidak sengaja ketika bertemu dengan NPC tertentu.

Sistem eksplorasi Elden Ring benar-benar menjadi poin penting dari FromSoftware berkat pengalaman mereka membuat seri Dark Souls

8. Awas Jebakan

Tutorial Elden Ring Terbaik dan Paling Git Gud Versi Gamebrott 17

Selama eksplorasi kalian tetap harus berhati-hati. Bukan game Dark Souls namanya kalau banyak perangkap yang khusus untuk pemain. Sama seperti pendahulunya, Elden Ring juga menghadirkan banyak sekali perangkap yang sudah dipersiapkan, mulai dari perangkat panah projectile, semburan api, batu berguling khas Indiana Jones dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, terkadang musuh akan stand by menyambut “hangat” kehadiran pemain dengan sebuah senjata dan juga pelukan dari mereka. Biasanya musuh akan stand by di setiap sudut yang sulit dilihat dari posisi kamera, merayap di dinding ataupun bisa menghilangkan diri dari pandangan.

Kalian harus selalu berhati-hati di dunia yang kejam dan yang bikin tensi kalian naik.

9. Sistem Crouch yang Penting Melakukan Backstab pada Musuh

Tutorial Elden Ring Terbaik dan Paling Git Gud Versi Gamebrott 18

Selain fitu jump, ada satu lagi fitur penting yang menambah keseruan di Elden Ring, yaitu Crouch. Fitur ini memiliki fungsi yang sama dengan yang ada di game Sekiro dimana pemain bisa melakukan menyelinap agar bisa menyerang musuh secara diam-diam. Minusnya, fitur ini tidak ada indikator apakah musuh tahu posisi kita atau tidak seperti Sekiro.

Meskipun kelihatannya simpel, tapi fitur crouch ini sangat membantu kalian agar untuk bisa menyerang secara diam-diam tanpa memancing musuh memanggil pasukannya. Terlebih lagi kalian bisa lebih mudah mengatur jalan pelan karakter ketika ingin melalui platform dengan jurang yang berbahaya.

10. Selalu Baca Dialog NPC untuk Questline

Tutorial Elden Ring Terbaik dan Paling Git Gud Versi Gamebrott 19

Tutorial terakhir Elden Ring yang akan saya bagikan untuk kalian adalah selalu baca baca dialog NPC. Itu karena FromSoftware masih mempertahankan ciri khas mereka dalam memberikan side quest pada questline karakter NPC dalam game, termasuk juga di Elden Ring.

Bahkan beberpaa side quest dari NPC yang kalian temukan dalam game dapat membantu kalian dalam bermain, mulai dari memberikan hadiah seperti weapon dan ash of war, membuka toko upgrade dan bahkan sebuah secret ending yang sangat worth kalian ikuti.

Saya yang biasa melewatkan side quest di seri game Dark Souls pun mulai tertarik mengikuti questline. Apalagi karena secret ending-nya!

Tutorial Elden Ring Lainnya

Tutorial Elden Ring Terbaik dan Paling Git Gud Versi Gamebrott 20

Selain 10 tutorial di atas, masih ada banyak lagi hal-hal yang harus kalian perhatikan ketika bermain game. Berikut ini tutorial Elden Ring yang perlu kalian pelajari ketika bermain game terbaru FromSoftware:

Itulah informasi mengenai tutorial Elden Ring terbaik dan paling Git Gud yang harus kalian pelajari. Semoga informasi ini bisa membantu kalian menambah chance survival kalian dan mengurangi death count selama bermain Elden Ring.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Elden Ring atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version