Tutorial Inject Game Original di Steam

5545444444747

Kamu memiliki game original di steam dan malas download karena lama? Tenang, saya punya solusinya. Cara ini dilakukan ketika kamu sudah punya file gamenya entah dari menyewa atau copas installer dari teman, tujuannya untuk memperkecil file game original yang akan di download di steam, jadi bisa lebih hemat kuota dan waktu. Cara ini saya temukan sendiri dengan mencoba me-logika bagaimana sistem steam bekerja untuk me-recognize game original yang diinstall. Sebelum kamu melakukannya, perhatikan hal berikut:

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

1. Kamu harus beli gamenya di STEAM dan punya gamenya di STEAM LIBRARY.
2. Kamu harus memiliki pak tani / pirated version yang terdapat file steam_api.dll di folder crack, selain itu kemungkinan tidak bisa karena berbeda format.

Lihat folder crack, pastikan ada steam_api.dll
3. Jangan apply crack setelah install pak tani / pirated version.
4. File game yang kamu miliki adalah 100% file game original sebelum dioverwrite oleh crack.
5. Tutorial ini tidak akan merubah game bajakan menjadi game original, tutorial ini hanya untuk menghemat waktumu mendownload game original di steam.Oke, tanpa basa-basi lagi, berikut langkah-langkahnya:
*Note (1): Saya menggunakan windows dengan bahasa Jepang, mohon maaf apabila screenshotnya terdapat bahasa Jepang.1. Install pak tani version di folder lain, saya mencontohkan dengan Spec Ops The Line, misalnya C:\Spec Ops The Line (jangan copas cracknya)
Ini folder tempat install spec ops the line pak tani saya
2. Buka Steam dan pastikan kamu sudah punya Spec Ops The Line di Library Steam, kalau belum beli gamenya di steam
3. Install gamenya dengan menggunakan steam
4. Tunggu sampai steam mendownload gamenya
5. Pause download

6. Lihat di folder steamapps\downloading, misalnya: C:\Steam\steamapps\downloading

Ini folder steam saya
7. Cari kode game yang lagi di download, misalnya 50300 untuk kode download Spec Ops The Line
8. Kembali ke folder steamapps
9. Cek apakah ada file appmanifest_50300.acf
10. Klik kanan appmanifest_50300.acf
11. Pilih Open With notepad/wordpad
Klik kanan, open with notepad
12. Lihat bagian “installdir” “SpecOps_TheLine”
Ini isi dari appmanifest_(codegame).acf, hal yang harus kamu perhatikan adalah “installdir” “Nama folder yang otomatis dibuat oleh steam”
13. Remove game yang sedang didownload di steam
14. Uninstall gamenya dari steam.
15. Buat folder baru di steamapps\common dengan nama sama seperti yang tertulis di appmanifest_(kode).acf di langkah nomer 12, contoh jadinya: steamapps\common\SpecOps_TheLine (besar kecil huruf tidak berpengaruh)
Buat folder baru sesuai nama autofolder yang kamu temukan di appmanifest
16. Copas pak tani version yang udah diinstall tadi ke folder yang udah kita buat tadi (jangan di cut)
17. Kembali ke steam dan install lagi gamenya
18. Dia akan verify game cache dan menghapus semua file yang penting di folder steamapps\common\SpecOps_TheLine dan menyisakan beberapa file saja
19. Biarkan sampai download dimulai
20. Pause download
21. Copas lagi file pak tani version yang sudah diinstall ke folder steamapps\common\SpecOps_TheLine dan overwrite semua filenya
22. Klik kanan game yang ada di library steam mu tadi misalnya Spec Ops The Line dan pilih properties
Klik kanan game mu di library lalu pilih properties
23. Pilih LOCAL FILES dan klik VERIFY INTEGRITY OF GAME CACHE
Pilih LOCAL FILES dan VERIFY INTEGRITY OF GAME CACHE
24. Setelah selesai klik CLOSE
25. Resume download
26. Steam akan download sisa filenya
Steam akan mendownload sisa filenya.
Cukup panjang caranya tapi ini baru saya coba dengan game Spec Ops The Line dan work.
**Note (2):
– Membutuhkan tani/pirated version yang cracknya ada file steam_api.dll, selain itu sepertinya tidak bisa, karena saya baru mencoba yang cracknya ada file steam_api.dll
– Jangan apply crack setelah install tani/pirated version.
– File appmanifest_(kodegame).acf merupakan file yang menunjukkan bahwa game telah diinstall di steam, langkah nomor 7-12 hanya untuk mengetahui folder apa yang dibuat steam setelah aplikasi steam menginstall game.
– Saya menyadarinya ketika saya mencoba bereksperimen dengan me-logikakan bahwa, aplikasi yang sedang didownload steam memiliki kode tersendiri dan selalu memiliki file appmanifest dengan kode yang sama, saya mencoba membukanya dengan notepad dan saya menyadari adanya tulisan “install dir” dimana “dir” merupakan kepanjangan dari “directory” atau folder yang tentunya ini adalah install directory/folder default dari steam.
– Saya mencoba bereksperimen dengan membuat folder yang sama di folder steamapps\common dan menyadari bahwa ketika saya uninstall game yang ada di steam lalu copy paste file pak tani yang sudah saya install kemudian menginstallnya kembali melalui steam maka steam akan merecognize file yang sudah saya copas dengan verify otomatis filenya.
– Yang saya temukan di eksperimen ini adalah file pak tani yang sebelumnya saya copas dihapus oleh steam dan steam memaksa saya untuk mendownload filenya mulai dari nol. Di sini saya berpikir jika file sudah di verify maka otomatis steam sudah menyatakan bahwa file-file tersebut sudah ada di folder yang saya buat di steamapps\common.
– Tanpa basa-basi lagi saya coba copas sekali lagi file pak tani yang sudah saya install dan meng-overwrite semua file yang ada di folder game yang telah saya buat dan telah di recognize oleh steam. 
– Hasilnya? Saya berhasil melakukannya dan men-share cara ini di artikel ini.
– Mohon maaf jika cara ini mungkin tidak bekerja, saya bereksperimen sendiri dan saya telah membuktikannya.
Exit mobile version