Tutorial Menyuntik Data GTA V Epic Games Agar Bisa Dimainkan

in , ,

Beberapa hari yang lalu, Epic Telah merilis Game Gratis Mereka yaitu Grand Theft Auto V, Yang telah membuat semua gamer langsung mengambil game tersebut hingga membuat server tersebut Down untuk beberapa saat. Untuk beberapa negara yang mempunyai kecepatan internet cepat tentunya bukan menjadi masalah apabila ingin mengunduh game GTA V tersebut, meski size Game tersebut bersama dengan update – update terbarunya memakan penyimpanan hingga kurang lebih 90 GB, namun bagi beberapa negara yang mempunyai kecepatan internet yang terbatas seperti di Negara  kita, 90 GB tersebut merupakan salah satu masalah yang besar. Ditambah bandwith Epic Games yang juga terpengaruh akibat banyaknya player yang mendownload, tentunya akan cukup menguji kesabaran kita.

Metode ini disebut oleh para Gamer di Indonesia dengan sebutan Suntik Games, yang mana data pada suatu file di copy dan di paste dengan tujuan agar tidak perlu mendownload file yang cukup besar.

Cara tersebut bisa dibilang hampir sama ketika kita ingin melakukan backup pada game steam lalu mengverify ulang tersebut. Tunggu apalagi mari kita bahas 2 Cara yang cukup mudah dibawah ini.


1. Mencopy File GTA V Epic Games Dari Teman Sendiri

Cara ini merupakan salah satu yang cukup simple dan sangat mudah karena kalian tidak perlu menghapus file – file tertentu ataupun harus menambahkan suatu file khusus. Langkah demi langkahnya sebagai berikut :

    1. Siapkan suatu penyimpanan yang tentunya mempunyai ukuran yang lebih besar dari Game tersebut seperti Harddisk External yang mempunyai penyimpanan diatas 120 GB.
  1. Copy File GTA V Epic Games teman mu, setelah itu buka Epic Games Store kalian lalu Download Game Gta V tersebut (Note : Kalian perlu mengingat tempat atau lokasi kalian menyimpan data GTA Epic Games tersebut.) setelah muncul tanda download lalu tunggu hingga beberapa MB saja, setelah itu kalian langsung pause saja download tersebut. (Note : untuk pause download, tunggu hingga kurang lebih 10 Mb atau lebih pun bisa.)
  2. Lalu tutup Epic Games Store dengan klik tombol close pada Epic games Store, setelah itu tutup juga Epic Games Store yang berada di Hidden Icons yang berada di dekat Icon Speaker. Apabila ada peringatan “Are you Sure ? Your Installations will be Canceled.”  Langsung kalian Click “Yes” saja.
  3. Setelah Menutup Epic Games Store, lalu kalian masuk ke tempat dimana kalian menyimpan data Game dari Epic Games tersebut, perlu diingat masing – masing orang pasti akan berbeda menyimpan data Game tersebut. Disini kami menyimpan data GTA V Epic Games tersebut di data (E:) pada file EPIK GAMES (Note : Setiap orang pasti berbeda untuk menyimpan data tersebut, bisa saja pada file D : ataupun di C:), setelah itu masuk pada file GTA V Epic Games, nanti kalian akan disambut dengan satu file yang bernama .egstore.
  4. Dibawah file .Egstore nantinya akan terlihat kosong, lalu langsung Paste File yang telah kalian minta ke teman kalian tadi, yang nantinya hasil copy tersebut akan seperti yang diatas. Nah setelah selesai proses Copy file tersebut, lalu kembali lagi ke Epic Games Store. Setelah itu kalian masuk menuju Library, lihat pada Game GTA V tersebut nantinya akan berubah menjadi Resume, langsung saja click resume Epic Games akan langsung memverify data tersebut, setelah itu apabila versi GTA V pada teman yang terupdate kalian tidak perlu mengunduh update – update terbaru lagi, dan kalian tinggal menikmati Game tersebut.

2. Mencopy File GTA V Dari Steam

Cara melalui Steam hampir sama saja dengan cara diatas, bisa melalui teman kalian ataupun melalui akun steam kalian sendiri, apabila kalian sudah mempunyai atau sebelumnya sudah mengunduh GTA V melalui Steam. Namun ada sedikit cara yang berbeda apabila kalian ingin menggunakan cara dari Steam. Yaitu dengan menghapus Extension file dari Steam seperti Steam.dll, lalu Steam_Api dan lain – lain. Langkah demi langkahnya sebagai berikut :

  1. Sama seperti pada langkah diatas, yaitu siapkan penyimpanan kalian terdahulu.
  2. Apbila kalian ingin meminta data GTA V dengan menggunakan Steam Teman ataupun milik sendiri, kalian bisa mengecek file GTA V melalui Steam ->  Steamapps -> Common. Nanti akan muncul File GTA V lalu Copy semua data tersebut.
  3. sama seperti step di atas buka Epic Games Store kalian lalu click Download, Lalu pause Download tersebut, dan Tutup Epic Games Store Tersebut. (Note : untuk menutup Epic Games Store Tersebut ikuti langkah diatas pada nomor 2 dan 3)
  4. Nah setelah Menutup Epic Games Store, langsung Paste data GTA V versi Steam tersebut di tempat kalian menyimpan File dan data GTA V pada Epic Games Store. Setelah itu jangan langsung masuk ke Epic Games Store terdahulu, kalian harus melihat apakah ada data yang bernama “Steam. Dll dan Steam…..” apabila ada file tersebut wajib kalian hapus, karena file tersebut berasal dari Steam.
  5. Setelah kalian hapus file yang berasal dari Steam tadi, baru kalian masuk kembali ke dalam Epic Games Store lalu ikuti langkah pada nomor 5 diatas pada bagian akhir. Namun dengan catatan apabila versi GTA V pada Steam kalian atau teman kalian merupakan versi yang cukup lawas atau kurang terupdate, kalian mau tidak mau harus mengunduh update terbarunya melalui Epic Games.

Nah itulah 2 cara yang kami gunakan pada saat ingin menginstall GTA V pada Epic Games, karena kita tahu pada saat itu Epic Games Store pun sedang membatasi Bandwidth internet di beberapa region. Apabila kita mendownload secara langsung melalui Epic Games itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Apakah kalian ada yang menggunakan metode yang sama ? silahkan tulis pada kolom komentar yaa.

Avatar

Written by MontirMonyet

Seorang Manusia yang lahir pada bulan Desember, yang pada saat kecil sering memainkan game konsol hingga sekarang sering memainkan game Bergenre Racing, Action dan yang lainnya.