Tutorial Smartphone Menjadi Steeringwheel Untuk Game Balap

tutorial smartphone jadi steeringwheel gamebrott

Hallo pembaca setia gamebrott.com ! Memainkan game bergenre racing seperti Driveclub dan Project Cars saat ini seru tentunya dengan dukungan grafik yang sudah mumpuni juga dengan dukungan fitur multiplayer. Namun, terkadang kita susah untuk mengendalikan laju mobil dalam permainan tersebut jika hanya modal keyboard saja, hal tersebut pasti membuat kita kesal, apalagi sampai kita kalah lomba hanya karena susah mengendalikan dengan keyboard.

Pernahkan Anda berfikir untuk membeli sebuah Steeringwheel untuk bermain, Namun tidak mempunyai dana yang cukup ? Jangan khawatir, Kami ada solusinya untuk anda yang belum mempunyai dana cukup untuk membeli steeringwheel. Lantas bagaimana bisa saya membuat steeringwheel ? Mudah saja, kamu hanya membutuhkan sebuah perangkat smartphone android dan sebuah perangkat wifi, Sebenarnya kebanyakan perangat android mempunyai sebuah sensor Accelerometer , penjelasan mudahnya yaitu sensor untuk mengetahui posisi tegak perangkat smartphonemu saat kamu gengam, sensor ini biasanya dipakai untuk dukungan fitur gerak pada smartphone.

Lantas bagaimana cara membuatnya ? Tidak perlu basa basi lagi, Silahkan Ikuti cara dibawah untuk membuat steeringwheel sendiri.

Yang pertama, Anda harus menyiapkan sebuah perangkat android yang memiliki sensor acclerometer, dan menyiapkan beberapa aplikasi pendukung untuk membuat smartphone kamu bisa digunakan untuk steeringwheel di PC. Aplikasi pendukung pertama yang harus di siapkan adalah JD Simwheel untuk di install pada perangkat android anda, Aplikasi pendukung kedua adalah aplikasi server untuk PC anda agar dapat menerima perintah android anda, Aplikasi yang diperlukan untuk PC adalah : vJoy v2.04 setup sebagai driver, dan JD Simwheel Server sebagai aplikasi server untuk menerima perintah android.

Langkah kedua, pada langkah ini yang pertama anda harus lakukan adalah menginstall Driver Vjoy pada PC anda agar perangat android support untuk melakukan interaksi dengan PC anda. Yang kedua, menginstall aplikasi server JD Simwheel Server pada PC anda, dan yang ketiga adalah menginstall aplikasi JD Simwheel pada android anda.

Langkah ketiga, setelah semua aplikasi pendukung terinstall, Yang harus anda lakukan adalah menkoneksikan PC anda pada Wifi yang anda miliki, Wifi inilah nantinya yang akan digunakan untuk mengirim data dari android ke PC sebagai Steeringwheel.

Langkah keempat, setelah PC anda terkoneksi dengan Wifi, lalu yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi server JD Simwheel yang sudah terinstall, Akan muncul tampilan seperti ini.

Tampilan JD Simwheel Server
Tutorial Smartphone Menjadi Steeringwheel Untuk Game Balap 1

Pada JD Simwheel Server ditampilkan sebuah IP yang nantinya akan digunakan sebagai alamat yang dituju client untuk mengkoneksikan android sebagai Steeringwheel.

Langkah kelima, pada langkah ini yang haurs anda lakukan adalah menkoneksikan perangkat android anda pada satu jaringan yang sama dengan PC anda.

Langkah keenam, bukalah aplikasi JD Simwheel pada perangkat android yang sudah terinstall, Akan mucul tampilan seperti ini

Tampilan depan JD Simwheel pada Android
Tutorial Smartphone Menjadi Steeringwheel Untuk Game Balap 2

Setelah muncul seperti tampilan diatas, Lalu buka menu Settings pada aplikasi tersebut, Akan muncul tampilan seperti dibawah

 

Tampilan Settings Pada JD Simwheel

Nah pada setting seperti diatas, Isi Server IP dengan IP yang sudah tertera pada Aplikasi JD Simwheel server pada perangkat PC anda.
Jika langkah tersebut sudah dilakukan, lalu yang harus anda lakukan tinggal kembali ke menu pada JD Simwheel android, Lalu buka menu Play, dan akan muncul tampilan seperti ini

 

Tampilan JD Simwheel
Tutorial Smartphone Menjadi Steeringwheel Untuk Game Balap 3

Saat sudah ke menu Play, otomatis android akan terkoneksi dengan PC, Maka pada Server JC Simwheel pada PC akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

 

Tampilan JD Simwheel server saat terkoneksi
Tutorial Smartphone Menjadi Steeringwheel Untuk Game Balap 4

Saat ini android sudah terkoneksi dengan PC, dan Steeringwheel sudah selesai dibuat, Sekarang sudah bisa digunakan untuk berbagai macam game bergenre racing, Hanya tinggal menyesuaikan control pada Game , Oh iya, Saya sudah mencobanya pada game Euro Truck Simulator 2 dan Race 07, Dan Game dapat dimainkan lancar dengan metode ini, Kelebihan dari metode ini adalah anda dapat memainkan game seperti menggunakan Steeringwheel, enggunaan nya juga tidak terlalu ribet, namun ada juga kelemahanya, yaitu baterai Smartphone boros saat digunakan, dan hanya bisa digunakan ke  koneksi ke wifi local saja belum bisa menggunakan jaringan internet.

 

 

Exit mobile version