Twitch Hapus Emote ‘PogChamp’ Setelah Tokohnya Mendukung Kekerasan di US Capitol

in ,
Pogchamp

Pogchamp ialah salah satu emote terpopuler di Twitch. Ekspresi wajah pada emote menjadi favorit para penonton untuk menggambarkan hype atau bersemangat. Varian dari emote yang sama telah muncul dibuat oleh berbagai streamer lain, namun yang original masih menjadi yang favorit.

Sayang kini emote tersebut sudah tidak dapat dipakai lagi setelah Twitch turun tangan menghapusnya. Ryan “Gootecks” Gutierrez ialah seorang pro-Trump yang tak setuju dengan kemenangan Joe Biden pada Pilpres AS dan mengajak para pendukung lainnya untuk teruskan kekerasan layaknya yang terjadi di gedung Capitol Amerika Serikat.

Tak lama setelah cuitan tersebut booming, Twitch langsung turun tangan dan mengumumkan bahwa emote populer yang menggunakan wajahnya kini telah ditarik dari Twitch dan tengah diproses untuk diganti dengan ekspresi dan tokoh baru karena Gootecks dan Pogchamp-nya telah menjadi wajah dibalik “pendukung kekerasan”.

Ini bukan kali pertama Gootecks membuat kontroversi. Sebelumnya emote-nya hampir ditarik dari Twitch karena ia telah membagikan teori konspirasi akan Covid-19. Twitch mengabaikan tindakannya tersebut saat itu, namun kini tampaknya sudah tidak ada lagi kesempatan kedua baginya. Sangat disayangkan melihat Pogchamp telah menjadi salah satu budaya di Twitch dan menjadi bahan merchandise yang populer.


Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.