Twitch Tambahkan Fitur Chat Baru Mirip Discord dan Slack

twitch rooms

Twitch.tv, hampir semua gamer pasti mengenal salah satu layanan live streaming yang didalamnya terdapat beragam pilihan game yang bisa kamu tonton, mulai dari game PC, konsol hingga game mobile bahkan ada pilihan kategori IRL (In Real Life) dimana kalian dapat menyaksikan beragam live streaming video di dunia nyata selain game.

Layanan streaming video yang di bawah bendera Amazon.com ini semakin populer dengan banyaknya tontonan turnamen game-game eSports mulai dari Dota 2, League of Legends hingga Counter Strike: Global Offensive. Baru-baru ini, Twitch mengumumkan sebuah fitur baru sebuah chat room yang tidak seperti biasanya dimana muncul di sebelah kanan saat kalian menonton live stream. Mereka menyebut fitur baru ini sebagai Rooms, chat ini bisa diatur secara publik ataupun privat untuk viewers dan subscribers untuk berinteraksi dengan streamer dan viewers lainnya yang sedang menonton. Sederhananya, streamer dapat mengatur chat room secara khusus hanya untuk subscribers dan bisa meninggalkannya selama 24 jam dalam hari tersebut, meskipun streamer tidak dalam keadaan live, jadi diskusi masih dapat berlangsung pada saat tertentu meskipun channel tersebut dalam keadaan tidak aktif.

Twtich sendiri pertama kali mengumumkan fitur tersebut pada saat TwitchCon, bulan Oktober tahun lalu. Dan sekarang, fitur Rooms akan tersedia untuk semua pengguna Twitch di seluruh dunia baik di web maupun melalui aplikasi mobile serta menyusul di Twitch versi desktop mendatang.  Perusahaan mengatakan bahwa “Apakah kalian menginginkan sebuah ruangan untuk saling berdiskusi, chat permanen hanya untuk subcribers atau sebuah ruangan untuk moderator untuk mempertajam pedangnya, rooms membiarkan streamers mengatur topik dan memilih siapa yang dapat mengaksesnya,” tulis Brian Petrocelli, member dari tim marketing produk melalui sebuah postingan di blog. “Ditambah ini hanya seperti chat dalam stream, semua badges dan emotes kalian dapat dibawa.”

Well, sebuah terobosan baru memang yang hadir di Twitch, namun fitur tersebut terlihat seperti yang sudah di implementasikan di layanan chat/voice chate Discord dipadukan dengan aplikasi Slack dimana kalian dapat berdiskusi dalam sebuah workplace. Gimana brott ? apakah kalian sudah mencobanya ?

 

source : theverge

Exit mobile version