Twitch Tuntut Orang yang Penuhi Kategori Artifact dengan Sensualitas, Rasisme, dan Konten Tak Senonoh Lainnya


Follow Us
Orang ini sudah di luar batas.

Dari sekian banyak platform streaming video game yang ada, tentunya tak ada orang yang tak mengenal Twitch. Pelopor sekaligus wadah para livestreamer video game ini miliki ratusan kategori untuk game yang sedang populer, hingga bagi mereka yang masih antusias dengan game jadul yang dimainkan oleh para komunitasnya. Namun baru-baru ini, platform tersebut baru saja dipenuhi oleh konten tak senonoh dari seseorang yang tak dikenal dalam kategori Artifact.

Nulis artikel dibayar

Dilansir dari gamesindustry, masalah ini dimulai pada tanggal 25 Mei yang lalu, di mana terdapat beberapa user yang menggunakan kategori Artifact dengan konten yang melanggar ketentuan Twitch. Mulai dari melanggar hak cipta acara TV, film bioskop, hingga yang paling ekstrim konten rasisme, sensualitas, dan kekerasan, termasuk penyerangan Masjid Christchurch di Selandia Baru.

BACA JUGA  Jumlah Penonton Livestream Game Battle Royale Kembali Menurun

Twitch mengaku telah melakukan banned kepada akun-akun tersebut, namun kemunculannya yang sangat cepat tak bisa mereka tanggulangi karena penggunaan bot.

Kejahatan ini diduga dilakukan oleh grup yang terkoordinir dengan baik. Twitch menjelaskan bahwa mereka juga menggunakan logo Twitch di media sosial saat mempromosikannya demi memunculkan rekomendasi video di platform tersebut jika dilihat dari algoritmanya.

BACA JUGA  Bantu Pengobatan Ayah yang Terkena Kangker, Bocah Ini Habiskan Live Streaming di Twitch Hingga 10 Jam Per Hari

Karena mereka tak bisa menanggulanginya, Twitch melakukan pembatasan selama dua hari untuk akun baru. Mereka juga telah mengajukan gugatan ke pengadilan Northern District California atas masalah tersebut. Tersangka dengan nama “John Doe dan Jane Doe” (nama untuk pelaku kejahatan yang tak dikenal di Amerika Serikat) dijerat pasal pelanggaran hak cipta berkat penggunaan logo Twitch dengan mempromosikan konten tak senonoh, pelanggaran aturan servis, tanpa izin (menggunakannya untuk melakukan hal lain), dan penipuan (tak ingin menaati aturan yang diberikan).

BACA JUGA  Pengalaman Dr Disrespect Saat Streaming di Toilet Ingin Ia Abadikan dalam Bentuk Emote

“Kami menganggap hal ini sebagai sesuatu yang sangat serius dan akan mengejar siapa pelakunya dan menjatuhi hukuman yang tepat demi melindungi komunitas kami”, ungkap Twitch kepada PC Gamer.

Twitch saat ini tengah mencari dan akan melakukan banned permanen legal dengan jalur hukum bagi siapa saja yang melanggar aturan streaming dengan denda.

Baca berita tentang Twitch dan berita game lainnya hanya di Gamebrott.

contact: akbar@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item