X/Twitter akan Gunakan Verifikasi Kartu Identitas untuk Pengguna Premium

Twitter Akan Gunakan Verifikasi Kartu Identitas

Media sosial Twitter yang kini berganti nama menjadi X sepertinya tengah mengalami perombakan total pasca dibeli oleh Elon Musk, pemilik perusahaan mobil listrik Tesla, dan perusahaan transportasi antariksa SpaceX.

Berbagai upaya dilakukan oleh Elon Musk dan dipimpin oleh CEO Linda Yaccarino untuk mengubah Twitter/X sesuai visi misi mereka. Salah satunya yang mungkin akan diimplementasikan tidak lama lagi adalah verifikasi kartu identitas.

Twitter akan Gunakan Verifikasi Kartu Identitas untuk Pengguna Twitter Blue

Media sosial X akan berlakukan verifikasi identitas

Menurut peneliti app independen Nima Owji yang memberikan sebuah cuplikan gambar kalau pengguna Premium harus memberikan informasi kartu identitas mereka beserta swafoto mereka sedang memegang kartu identitas tersebut.

Pengguna Premium nanti akan mendapati mereka harus mempunyai kartu identitas yang dikeluarkan negara, perangkat yang punya kamera depan, dan verifikasi tersebut disinyalir akan memakan waktu sekitar 5 menit.

Twitter/X bekerja sama dengan lembaga Au10tix untuk memverifikasi keaslian data tersebut. Data serta biometrik pengguna akan disimpan hingga 30 hari yang nantinya akan digunakan untuk diberikan kepada Au10tix.

Masalah Akun Impersonator yang Merugikan Twitter/X Jutaan Dollar

Twitter atau X

Hanya saja belum dipastikan kapan fitur ini akan diluncurkan untuk pengguna Premium (Twitter/X Blue) dan akan menjadi opsional bagi pengguna Premium. Sedangkan pengguna biasa sepertinya tidak memerlukan verifikasi sama sekali.

Namun perlu disadari kalau ini masih dalam tahap pengembangan. Segala bentuk akhirnya bisa saja berbeda dengan yang ditemukan sekarang. Twitter sendiri mengimplementasikan fitur ini sepertinya karena buntut dari kasus seseorang membuat akun palsu dan mengaku sebagai perusahaan farmasi Eli Lily di penghujung tahun 2022 lalu.

Buntut panjang dari akun impersonator, rugikan jutaan Dollar

Akun tersebut menuliskan tweet kalau Insulin akan dibagikan secara gratis dan berujung membuat perusahaan farmasi tersebut menarik iklan mereka dari Twitter. Dampaknya, Twitter dikabarkan rugi hingga jutaan Dollar.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version