Ubisoft akan Fokus Pada Pengembangan Game Free-to-Play Berkualitas

in
Mereka mengubah strategi bisnisnya di masa datang.

Game gratis atau free-to-play memang identik dengan istilah “cash-grab” atau game yang hanya mementingkan untuk mengeruk sebanyak mungkin keuntungan dari kantong setiap playernya. Umumnya, developer dan publisher takkan pedulikan gameplay sama sekali selama produknya menjadi mesin uang yang efektif baginya.

Namun seiring berjalannya waktu, developer dan publisher barat mulai sadar bahwa player semakin pintar dan takkan menghabiskan uangnya demi konten tak berkualitas. Oleh karenanya banyak dari mereka mulai memperbaiki kualitas game gratis mereka sebelum merilisnya. Menciptakan sebuah kondisi “sama-sama untung” yang lebih bersahabat.

Ubisoft nampaknya melihat situasi ini menjadi sebuah kesempatan untuk mengembangkan video game mereka kedepannya. Selain karena menguntungkan perusahaan, mereka juga bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para fansnya.

Melansir VGC dalam laporan keuangan mereka, Chief Financial Officer Ubisoft, Frederick Duguet sebut bahwa mereka takkan lagi bergantung pada judul AAA buatannya. Mereka tak lagi merilis 3-4 judul game premium setiap tahunnya dan akan fokus kembangkan game high-end free-to-play dalam jangka panjang.

Duguet melanjutkan bahwa alasan mereka melakukannya murni karena perubahan komunikasi keuangan dan tak mengubah fakta bahwa mereka akan tetap merilis konten berkualitas baik untuk game premium maupun free-to-play.

Selain hal tersebut, tujuan utama Ubisoft melakukannya adalah mendapatkan player yang lebih banyak. Dengan kata lain memberikan lebih banyak kesempatan bagi banyak orang untuk mencoba game buatan Ubisoft dengan membuatnya menjadi game gratis.

Ubisoft mengaku belajar banyak dari beberapa game gratis mereka seperti HyperScape dan Brawlhalla. “Kini saatnya kami memulai untuk merilis game free-to-play berkualitas ke semua platform”, imbuhnya.


Baca lebih lanjut tentang Ubisoft atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.