Ubisoft dan Google Bekerjasama, Ciptakan Proyek Agones

in
Dua perusahaan raksasa bekerjasama!

Memainkan game multiplayer nampaknya sangat simpel. Kita hanya perlu menekan tombol bermain dan voila! pertandingan dimulai. Padahal di balik itu ada proses yang begitu rumit yaitu matchmaking. Proses matchmaking yang dilakukan sebuah game memanfaatkan algoritma yang sudah ditentukan. Seperti misalnya penentuan pemain berdasarkan lokasi, level, ataupun beberapa hal lainnya. Dari sana kemudian server akan mengumpulkan pemain-pemain yang setara dalam sebuah ‘slot’ dan pemain akan terhubung secara langsung pada slot baru itu. Selama ini, developer game diribetkan dengan hal ini karena layanan matchmaker terhitung rumit. Belum lagi layanan pendukung lainnya yang juga harus dipikirkan seperti marketplace, inventory, dan account management.

Karena itulah Google dan Ubisoft hadir memberikan solusi. Mereka menciptakan sebuah platform cloud untuk sebuah game server bernama Agones. Proyek teranyar yang sedang digarap oleh dua perusahaan raksasa ini akan mempermudah para developer game multiplayer. Dalam sebuah blog, Google menuliskan bahwa Agones didesain sebagai “game server host yang khusus” dan didesain di atas Kubernetes. Ini artinya Agones akan mengubah proses game multiplayer ke dalam metode yang lebih sederhana. Jika sebelumnya proses yang dilalui game multiplayer bisa saja melewati beberapa tahapan dan perangkat, maka dalam Agones, proses ini terjadi dalam satu tempat saja. Keuntungan yang didapat antara lain yaitu penyederhanaan proses matchmaking, direct access, bahkan Agones bisa menjalankan identifikasi cheat.

Mengutip Games Industry, Carl Dionne selaku direktur pengembangan dari Ubisoft mengatakan bahwa tujuan utama mereka adalah untuk secara berkelanjutan memberikan pelayanan terbaik bagi para pemain. Agones mewujudkan itu dengan cara memberikan kemudahan pada developer sehingga mampu menjalankan server dengan optimal.

“Tujuan utama kita adalah untuk terus menemukan jalan baru dalam memberikan kualitas tertinggi dan memberikan layanan paling mulus untuk para pemain sehingga mereka bisa fokus pada game yang mereka mainkan” kata Carl Dionne, “Agones membantu dengan menyediakan fleksibilitas bagi kita (developer -pent.) untuk menjalankan server game khusus dengan datacenter yang optimal, dan dengan memberikan tim sebuah kontrol pada resource yang dibutuhkan.”

 

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]