Ubisoft Kembangkan Divisi Khusus Kembangkan AI untuk Game dan Riset

in , , ,

AI (Artificial intelligence) atau kecerdasan buatan kini mungkin menjadi bagian yang tidak terlepaskan di dunia video game. Menjadi elemen pelengkap dari sebuah dunia video game, AI dikembangkan untuk menjadi musuh, kawan, atau bahkan hanya figuran untuk membuat dunia video game tersebut terasa lebih hidup. Beberapa pengembang bahkan memberikan perhatian khusus kepada pengembangan AI untuk game-gamenya. Namun kelihatannya Ubisoft ingin memberikan perhatian lebih terhadap pengembangan AI. Karena Ubisoft sendiri bahkan membuka divisi khusus untuk mengembangkan AI yang diberi nama Ubisoft La Forge.

Divisi ini sendiri nantinya akan bertugas mengembangkan AI yang bukan hanya berguna untuk video game mereka, namun juga dapat berguna untuk riset keilmuan dan akademis. Nantinya divisi ini tidak hanya akan diisi oleh orang-orang yang bertugas dalam pengembangan game saja, namun mereka akan bekerja sama dengan para peneliti dan akademisi guna mengembangkan AI milik Ubisoft dalam ilmu pengetahuan.

Beberapa riset yang akan dikembangkan oleh Ubisoft La Forge ini antara lain adalah AI untuk self-driving car atau autonomous car dengan menggunakan kota buatan San Francisco dari Watch Dogs 2 agar sang AI dapat belajar mengenali lalu-lintas, pejalan kaki, dll sebelum diteskan di dunia nyata. Riset lainnya adalah AI yang dapat membantu robot untuk bergerak lebih natural, dan bahkan AI yang dapat mendeteksi perilaku toxic di dalam komunitas online.

Untuk sekarang Ubisoft La Forge masih baru memulai inisiasi untuk proyek-proyek mereka. Dan ada keraguan bahwa pihak ilmuwan dan akademisi akan kurang tertarik dengan metode yang diajukan oleh Ubisoft ini. Namun, siapa yang tahu bila nantinya ternyata hal ini dapat membuka jalan bagi AI dapat berkembang lebih baik untuk game maupun di kehidupan nyata.

sumber: engadget

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.