Ubisoft PHK Banyak Karyawannya, Ada Apa?

Ubisoft PHK

PHK seakan menjadi tren negatif yang menghiasi industri video game di tahun 2023. Ada banyak perusahaan video game yang telah melakukan hal ini dalam beberapa waktu terakhir, seperti Bungie dan Naughty Dog.

Selain itu, developer indie seperti Team17 dan developer AAA besar seperti BioWare, CD Projekt Red, Epic Games hingga Bungie juga melakukan PHK massal untuk berbagai alasan. Dan baru-baru ini perusahaan Ubisoft melakukan hal yang sama terhadap karyawannya. Apa yang sebenarnya terjadi?

Ubisoft PHK Banyak Karyawannya di Ubisoft Montreal

Ada apa ini?

Dilansir dari IGN, Ubisoft mengkonfirmasi bahwa studio mereka yang berbasis di Kanada yaitu Ubisoft Montreal memutus kerja 124 karyawan (98 diantaranya berbasis di Kanada), sebagai bagian dari reorganisasi tim utama dan administratif, serta pengoptimalan sumber daya agar lebih berkelanjutan untuk jangka panjang.

PHK massal itu juga berdampak pada divisi lainnya yang berbasis di Canada seperti Ubisoft IT dan Hybride, studio VFX milik Ubisoft yang ikut ambil bagian dalam pengerjaan serial TV populer di Disney+, yaitu The Mandalorian.

Ubisoft

Selain itu, salah seorang juru bicara Ubisoft juga berbicara kepada Kotaku untuk mengatakan bahwa Ubisoft tidak menganggap PHK massal ini adalah hal mudah dan harus sekaligus memastikan bahwa restrukturisasi tersebut tidak akan berdampak tim pengembangan inti di Ubisoft Montreal.

Bukan Pertama Kali Terjadi Tahun Ini

Ini bukan pertama kalinya terjadi pada tahun ini

Ini bukan kali pertama Ubisoft melakukan PHK massal tahun ini di mana pada bulan Mei 2023, mereka diketahui memutus kerja 60 karyawan yang bekerja di bagian layanan konsumen dan menutup studio pengembangan game mobile mereka yaitu Ubisoft London.

Tidak hanya itu, awal tahun ini Ubisoft juga membatalkan tiga game baru yang belum diumumkan (setelah tahun lalu membatalkan empat game termasuk Ghost Recon Frontline dan Splinter Cell VR) dan berkali-kali menunda Skull and Bones.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Ubisoft atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version