Ubisoft Sindir EA Lewat Salah Satu Quest Assassin’s Creed Odyssey


Follow Us

Assassin’s Creed Odyssey penuh akan easter egg, mulai dari easter egg akan game mereka sendiri, parody genre battle-royale, hingga sesuatu yang bersifat opini seperti komentar. Salah satu komentar yang dimaksud merupakan easter egg di salah satu quest di game yang secara tidak langsung menyindir publisher raksasa kompetitor mereka – EA.

Nulis artikel dibayar

Pada quest dimana kamu diharuskan melawan Minotaur, pemain diharuskan untuk mendapatkan 3 token terlebih dahulu. Token ini bisa didapatkan dengan melewati tantangan yang disediakan atau dengan jalan pintas yaitu sogok para master di masing-masing trial.

BACA JUGA  Rainbow Six Siege Kini Telah Miliki 50 Juta Player

Trial pertama menugaskan pemain untuk melawan sang master, atau lewati begitu saja dengan sogok 1500 Drachmae. Saat menuju trial kedua, pemain tidak bisa lakukan trik sogok serupa. Sang master akan langsung menyindirmu dengan dialog “Kamu ingin bayar untuk menang (Pay-to-win)? Itu sangat… Bukannya kamu itu seorang prajurit? Mana kehormatanmu? Mana rasa bangga dan pencapaianmu (Pride and accomplishment)?”

Kamu mungkin bingung dimana letak sindiran ke EA dari dialog diatas. Semua ini dimaksudkan pada kontroversi Star Wars: Battlefront 2 tahun lalu. Ketika EA diprotes besar-besaran oleh gamer karena sistem microtransaction mereka yang pay-to-win pada game yang dihargai $60, EA membalasnya dengan respon yang kontroversial dan respon tersebut menjadi post dengan jumlah downvote terbanyak di Reddit saat itu. Mereka mengungkapkan bahwa microtransaction pay-to-win mereka ditujukan untuk membuat pemain merasa “bangga dan meraih pencapaian tersendiri (Pride and accomplishment) untuk mengakses karakter hero terkunci yang berbeda-beda.” Meskipun pada akhirnya EA mengalah dan lepas sementara microtransaction di game, respon mereka akan mengatasi protes gamer ini masih dikenang hingga saat ini karena konteksnya yang menganggap membayar uang lebih untuk lewati proses grinding untuk dapatkan konten di game menjadi hal positif untuk gamer.

BACA JUGA  EA Rencanakan Untuk Melanjutkan Game Tinju Mereka, Fight Night Series

Ironi akan sindiran Ubisoft ini ialah mereka sendiri juga berlakukan microtransaction. Mungkin mayoritas memang hanya bersifat kosmetik, tetapi pada seri Odyssey ini sendiri mereka dengan sengaja mengunci XP booster di game sebagai item microtransaction yang pada dasarnya adalah item pay-to-win, membuat komentar tak langsung yang dikeluarkan Ubisoft ini sedikit hipokrit.

BACA JUGA  Discovery Tour: Ancient Greece Kini Sudah Bisa Dinikmati di Assassin’s Creed Odyssey

Source: PCgamesn


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item