Uji Coba untuk Gantikan Thermal Paste pada VGA, Hasilnya Mengejutkan!

Thermal Pasta Pada Vga

Kehadiran Thermal Paste pada VGA tentu erat kaitannya dengan penyebaran panas ke komponen heatsink untuk didinginkan. Memakai thermal paste berkualitas biasanya menjanjikan efisiensi yang lebih baik. Namun, seolah melawan logika tersebut, ada pula orang uji coba untuk gantikan pasta untuk VGA, dan hasilnya mengejutkan.

Makanan untuk Gantikan Thermal Paste pada VGA

Rekomendasi Thermal Paste pada VGA biasanya didominasi merk ternama yang tentunya kredibel karena dijamin akan ademkan suhu komponen secara baik. Namun, seolah melawan pemikiran tersebut, ada saja eksperimen untuk coba gantikan Thermal Paste pada VGA, yaitu manfaatkan makanan.

Sebelum membaca lebih lanjut, di sini kami sama sekali tak rekomendasikan untuk mencoba hal seekstrim ini untuk komputer atau laptop-mu di rumah, karena memiliki resiko yang terlalu besar.

Contoh pengaplikasian pasta yang masih masuk akal

Seorang user di forum ComputerBase bernama AssassinWarlord merasa tertantang untuk melakukan hal ekstrim tersebut. Di mana ia akan coba substitusikan pasta untuk VGA-nya dengan makanan alih-alih pasta konvensional.

Juaranya Bukan Thermal Paste

Pada eksperimen tersebut, AssassinWarlord coba gunakan bahan selain Thermal Paste pada VGA miliknya. Meski ia ‘hanya’ eksekusinya pada VGA low-end AMD R7 240, tetapi hasilnya bisa dikatakan cukup memuaskan, dan bisa kalian cek di bawah:

Bisa cek sumbernya biar lebih jelas

Ternyata, hasilnya benar-benar membuat kami terkejut. Di mana ia coba keju (kase scheibe), kentang (kartoffel), odol (zahnpasta), baby cream (penaten) sampai kecap.

Bisa nembus seginian?

Di antara semua ‘benda aneh’ yang ia coba untuk VGA miliknya, ternyata kecap adalah ‘alternatif terbaik’ untuk ademkan suhu komponen. Dalam uji coba Furmark selama 5 menit, suhu AMD R7 240 miliknya menyentuh 71c, dan odol (yang biasanya jadi meme) mencapai 90c.

Tentu saja hal ini cukup menarik, karena selain out-of-the-box, ternyata ada bahan substitusi (meski sama sekali tidak disarankan) saat kepepet.

Nah, daripada merusak komponen milikmu, kami lebih menyarankan untuk pakai pasta konvensional yah, brott!



Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version