Gamer PS5 Kesal Ukuran Game Sekarang Semakin Membengkak

Ukuran Game

Sebagai gamer yang mengikuti perkembangan game dari dulu hingga sekarang. Mungkin kalian sadar kalau dengan memasang beberapa game saja sudah membuat penyimpanan berganti ke warna merah.

Padahal kalau kita ingat dulu beberapa tahun lalu, ukuran game tidaklah seperti zaman now yang bisa memakan penyimpanan dari 100GB sampai setengah TeraByte. Hal ini pula yang membuat beberapa gamer kesal.

Gamer PS5 Kesal Ukuran Game Sekarang Semakin Bongsor

Ukuran game yang wadidaw

Seperti yang dirasakan user bernama solo13508 di Reddit, ia merasakan kalau beberapa game zaman now memakan storage PS5 hingga ratusan GB. Dia memberi contoh seperti game Star Wars Jedi: Survivor yang memakan penyimpanan hingga 150GB.

Padahal game sebelumnya yaitu Jedi Fallen Survivor bahkan tidak menyentuh 50GB seperti yang ia temukan. User ini juga katakan bahwasanya dia cuma bisa memasang 5-6 game di PS5 miliknya dan storage pun cuma tersisa 10GB.

Langsung mau penuh

User ini juga merasakan sedikit aneh. Nyatanya tidak semua game baru punya ukuran semasif itu. Dia lalu berikan contoh seperti game Guardians of the Galaxy yang juga lumayan baru, namun cuma makan sekitar 30GB saja.

Tekstur Adalah Salah Satu Alasan Game Punya Size Gede

Tekstur game

Lantas sebenarnya apa pemicu game bisa punya ukuran membengkak seperti itu? Kalau menurut user lain di post Reddit yang sama yaitu Cataleast, salah satu pelaku mengapa game jadi punya ukuran bongsor ini adalah tekstur game itu sendiri.

Tambahnya, game sekarang dioptimalisasikan untuk berjalan di resolusi super tinggi alias 4K. Dengan begitu, mau tidak mau resolusi tekstur harus dibuat mengikuti resolusi gamenya. Hanya saja beberapa game berikan pilihan untuk mengunduh aset tekstur 4K atau tidak sesuai dengan resolusi yang gamer tersebut mainkan.

Alasan lainnya bisa jadi karena aset suara dalam berbagai bahasa. Kalau game dimaksud tersedia dalam dubbing berbagai bahasa, bukan tidak mungkin ukuran game akan bertambah 5-10GB per satu bahasa.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Games atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version