Unik! Sapi Pakai VR Demi Tingkatkan Produksi dan Kualitas Susu yang Lebih Baik

in ,

Berbicara tentang teknologi sepertinya tidak ada matinya. Perkembanganya begitu pesat hingga mungkin saja kamu tidak menyadari bahwa bukan hanya manusia saja yang bisa menggunakan perangkat Virtual Reality atau yang biasa kita kenal dengan sebutan VR.

Benar sekali, bukan hanya manusia saja yang bisa menggunakan VR. Dilansir dari Engadget, berita unik kali ini datang dari Moscow, Rusia dimana ada peternak yang memanfaatkan VR untuk sapi ternaknya agar produksi dan kualitas susunya semakin baik. Mungkin ini terdengar aneh atau malah cenderung tidak masuk akal, tapi faktanya mereka memodifikasi perangkat VR sedemikian rupa sehingga bisa disesuaikan dan digunakan pada sapi. Lalu apa yang dilihat oleh sapi melalui perangkat VR tersebut ? sapi yang menggunakan perangkat VR akan disuguhi penglihatan berupa pemandangan landscape bentang alam yang lebih luas sehingga sapi-sapi tersebut merasakan kebebasan meskipun sebenarnya mereka masih berada di lingkungan ternak yang dibatasi pagar-pagar.

Lalu sejauh mana impact atau keberhasilan dari VR yang digunakan sapi tersebut mempengaruhi produksi susu ? pada percobaan atau tes dasar cukup berhasil dengan mengurangi kecemasan dan meningkatkan sentimen mereka secara keseluruhn. Sementara untuk output susunya sendiri masih belum pasti sebaik apa produksi atau kualitas susu dalam volume tertentu. Kedepan akan diadakan studi atau penelitian yang lebih komperhensif mengenai implementasi VR ke sapi ternak ini agar bisa teruji lebih detail lagi.

Meskipun begitu penelitian ini menuai kontroversi yang pada akhirnya timbul berbagai pertanyaan. Seperti, mengapa tidak langsung melepaskan sapi-sapi ke ladang saja lebih sering ? apa efek samping sapi yang terlalu sering menggunakan headset VR nantinya ? dan seterusnya. Tentu saja, proyek tersebut tidak serta merta dibuat hanya untuk bahan ledekan atau mungkin guyon untuk segelintir orang. Dengan adanya VR yang dimodifikasi untuk sapi ini setidaknya bisa memecahkan permasalahan kepada peternak yang terbatas dengan wilayah atau ruang yang dimilikinya seperti tidak memiliki ladang lebih luas dan sebagainya. Setidaknya dengan VR tersebut memungkinkan sapi bisa menikmati suasana atau pemandangan di ladang meskipun sebenarnya mereka masih di lingkup ternak.

 

Sumber: Engadget

 

 


Mau baca artikel seputar VR hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.