Unity Akhirnya Hapus Unity Runtime Fee, Dev Tak Lagi Bayar Per Install?

Unity Runtime Fee

Unity Runtime Fee – Setelah melakukan PHK dan pergantian CEO untuk membangkitkan Unity, kini perusahaan tersebut memberikan update terbaru yang sepertinya merupakan kabar baik bagi para developer game.

Unity baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menghapus atau membatalkan Unity Runtime Fee dan akan kembali ke model sistem lama yaitu menggunakan sistem berlangganan. Seperti apa perubahannya?

Unity Akhirnya Hapus Unity Runtime Fee

Unity Runtime Fee

Melalui situs resmi mereka, Unity secara resmi membatalkan Runtime Fee yang mereka perkenalkan tepat 1 tahun lalu dan menjadi kontroversi besar di industri gaming. Kini, Engine tersebut kembali ke sistem lama mereka.

Namun tentunya, baliknya sistem biaya berlangganan ini tidak memberikan harga yang sama seperti sebelumnya. Kembalinya sistem ini disertai dengan naiknya harga untuk Unity Pro dan Unity Enterprise, 2 versi engine yang ditujukan untuk kelas tertentu.

Kini, harga untuk Unity Pro naik sekitar 8% dan untuk Unity Enterprise sebesar 25%. Meskipun terlihat cukup besar, namun jika dibandingkan dengan Runtime Fee, justru biaya langganan ini bisa lebih murah.

Balik Ke Sistem Sebelumnya

Memang, Unity telah berjanji akan mengadakan perubahan untuk sistem ini dan berencana tidak akan meninggalkannya. Tetapi CEO Unity kini berpikir bahwa melepas kebijakan “kontroversial” ini lebih baik.

Mundurnya Mantan CEO dan Presiden perusahaan John Riccitiello dan Pimpinan Unity Create Marc Whitten sepertinya menjadi titik baru untuk berbenah perusahaan Engine game yang sangat populer ini.

Dan kehadiran CEO Baru yaitu Matthew Bromberg membawa angin sengar dan adanya kemungkinan bangkit dari keterpurukan tersebut. Pengumuman ini juga memiliki alasan yang kuat.

Alasan Dihapusnya Unity Runtime Fee

Pesan Resmi Terkait Runtime Fee

Kehadiran Unity Runtime Fee sendiri membuat banyak developer merasa dikhianati dan berusaha meninggalkan program tersebut. Para developer merasa bahwa mereka kehilangan kepercayaan dimana Unity sendiri tidak cepat tanggap menanganinya pada tahun lalu.

Kini, dibawah pimpinan Metthew Bromberg, Unity ingin mematikan Runtime fee dan ingin membangun kembali partnership yang berdasarkan kepercayan antara kedua pihak baik dari Unity maupun dari para developer.

Saya dapat terbuhung dengan kalian semua selama tiga bulan terakhir ini, dan saya mendengar berkali-kali bahwa kalian semua menginginkan Unity yang kuat, dan saya mengerti peningkatan harga adalah pilihan yang tepat dan membuat kami dapat masuk dan menggerakan industri game kedepannya. Namun peningkatan harga tersebut tidak perlu datang dengan bentuk kontroversi baru lagi.

Matthew Bromberg

Matthew juga ingin mengantarkan nilai yang cocok dengan cara yang benar agar para developer dpat merasa nyaman membangun perusahaan ataupun membuat game dalam jangka panjang.

“Canceling the Runtime Fee for games and instituting these pricing changes will allow us to continue investing to improve game development for everyone while also being better partners. Thank you all for your trust and continued support. We look forward to many more years of making great games together.”

Perubahan kebijakan ini akan berlaku pada tanggal 1 Januari 2025 dan akan diterapkan untuk seluruh pelanggan Unity Pro dan Enterprise yang telah menggunakan dan juga akan menggunakan kedepannya setelah tanggal yang ditetapkan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version