Unity Engine Terapkan Harga Per Install, Developer Protes!

Engine Unity Developer Indie Featured

Unity Engine baru – baru ini mengumumkan sistem harga terbaru mereka yang berfokus pada biaya per install jika batas tertentu telah dicapai. Dan hal ini membuat banyak developer terutama developer indie melakukan protes.

Dan berdasarkan perhitungan yang diberikan oleh pengembang engine tersebut, banyak developer yang sepertinya akan membayar biaya yang lebih besar dari keuntungan keseluruhan game yang mereka buat.

Developer Lakukan Protes atas Unity Engine Terapkan Harga Per Install

Protes Dari Berbagai Developer Indie

Para Developer game merasa bahwa hal ini sangat merugikan mereka. Dengan sistem terbaru ini, game – game tersebut akan terkena dampak seperti mengikuti Giveaway, menjadi bundle, dan bahkan untuk masuk ke subscription service seperti Game Pass.

Perusahaan ini sendiri menjelaskan bahwa perhitungan ini akan berlaku pada tanggal 1 Januari 2024. Dan biaya ini disebut Unity Runtime Fee yang akan aktif setiap game diinstall setelah melewati keuntungan minimum maupun total batasan install.

Untuk pengguna Personal, hal ini tidak menjadi masalah. Namun untuk Unity Plus, ada batasan minimum keuntungan 200 ribu US Dollar dalam 12 bulan dan juga total install seumur hidup sebanyak 200 ribu install.

Dan jika batasan tersebut terlewati, developer harus membayar kepada Unity sebesar 20 sen per instalasi. Menariknya, versi yang lebih tinggi untuk perhitungan dari perusahaan ini memiliki batasan lebih tinggi dan juga biaya instalasi yang lebih rendah.

Memang hal ini untuk beberapa pihak tidak terlalu berdampak. Namun yang menjadi permasalahan oleh para Developer adalah, Runtime Fee dari Unity ini akan berlaku juga untuk game yang saat ini sudah rilis dan berjalan penjualannya setelah tanggal 1 Januari 2024.

Banyak Developer melakukan protes terhadap kebijakan terbaru ini. Mulai dari pengembang Among Us (Innersloth), dan banyak studio indie lainnya ikut membuat pernyataan terbuka mengenai hal ini.

Para developer ini sangat kecewa dengan apa yang dilakukan Unity. Mulai dari resiko mereka tidak mendapatkan keuntungan, hingga keuntungan menjadi negatif alias menjadi hutang kepada perusahaan Engine yang mereka gunakan.

Unity Klarifikasi Terkait Protes Developer

Klarifikasi Dari Perusahaan

Dengan besarnya kekecewaan para Developer yang kian berlanjut atas perubahan yang diberikan, Perusahaan ini memberikan “Klarifikasi” mengenai pertanyaan yang ada melalui akun sosial media Twitter mereka.

“benar, ini adalah kenaikan harga dan hanya berdampak kepada sebagian kecil dari pengguna Unity Editor”, ungkap perusahaan tersebut. “Hari ini, sebagian besar pengguna tidak membayar apapun dan tidak akan terkena perubahan baru ini. Unity Runtime Fee tidak akan berdampak kepada mayoritas pengembang kami”, lanjutnya.

“Para developer yang terkena dampak pada umumnya adalah mereka yang memiliki game yang sukses dan memiliki keuntungan jauh diatas batas minimun yang kami jelaskan pada blog kami. Artinya para developer yang masih membangun bisnis dan mengembangkan audiens dari game mereka tidak akan terkena biaya. Program ini didesain khusus untuk menyakinkan para developer untuk mendapatkan kesuksesan sebelum efek fee berjalan”

Unity juga memberikan klarifikasi bahwa perubahan ini “tidak retroactive ataupun perpetual”, dan hanya berlaku untuk instalasi yang dilakukan pada awal tahun depan. Meskipun begitu, biaya juga berlaku untuk seluruh game yang ada di market, dimana pemain yang menginstall kembali setelah tanggal penentuan akan terhitung lagi.

Namun sayangnya, perusahaan ini tidak menjelaskan secara detil banyak hal. Beberapa pengguna menanyakan bagaimana cara perusahaan tersebut menghitung jumlah instalasi, namun Unity tidak dapat memberikan detil dan hanya menyatakan bahwa mereka memiliki cara yang cukup akurat.

Dan pada bagian perhitungan instalasi juga, Unity tidak begitu menjelaskan bagaimana mencegah fee berlaku jika seseorang menginstal game secara illegal. Seluruh balasan pertanyaan ini dibalas dengan jawaban template.

Unity menutup pernyataan tersebut dengan mengatakan bahwa mereka secara aktif akan mendengar dan mengikuti pertanyaan yang ditanyakan oleh developer secara seksama mengenai hal ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Unity atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version