Unjuk Film Pendek, Unity Pamerkan Apa yang Bisa Dilakukan Enginenya

in ,
Memukau seperti biasanya.

Jika kamu mengikuti channel YouTube resmi Unity, maka selama beberapa tahun terakhir kamu akan tahu bahwa engine video game yang sering digunakan oleh developer indie tersebut bisa digunakan untuk membuat film CGI (Computer Generated Imagery). Tak main-main, animasinya yang terlihat mulus dengan beberapa efek partikel yang tak terlihat berlebihan membuat engine tersebut bisa menjadi alternatif untuk membuat film animasi 3D. Saking bagusnya, banyak yang mengira bahwa film tersebut merupakan live action. Dan kali ini, mereka kembali memamerkan hal yang sama untuk tunjukkan apa saja yang bisa diraih oleh update teranyar enginenya.

Film pendek berjudul “The Heretic” tersebut menggunakan Unity versi 2019.3. Ia memaksimalkan fitur grafisnya sampai batas tertinggi yang bisa dicapai engine tersebut. Tech demo tersebut tunjukkan bagaimana High Definition Render Pipeline (HDRP) dengan integrated Post-Processing stack, dan Visual Effect Graph bekerja.


Beberapa efek lain seperti motion blur, bloom, depth of field, dilm grain, color grading, dan Panini Projection juga ditunjukkan dengan sangat amat baik melalui film tersebut. Tak berhenti sampai di situ. Mereka juga pamerkan real-time lights dan menggunakan probe-based lighting solution untuk mengatur cahayanya agar tampilan visualnya terlihat menjadi lebih baik.

Sayangnya, tech demo tersebut masih belum bisa didownload saja sekali. Namun bisa saja mereka kembali merilisnya di masa datang. Hal ini mengingat bahwa mereka juga telah merilis semua tech demonya untuk bisa didownload oleh publik di masa lampau.


Baca lebih lanjut tentang Unity, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]