Unlock Bootloader di HP Xiaomi Bakal Matikan Update ke HyperOS

Unlock Bootloader

Xiaomi sebelumnya mengumumkan kalau mereka akan mengganti sistem operasi MIUI ke HyperOS beberapa saat lalu. Smartphone pertama yang akan dapatkan pergantian OS ini adalah Xiaomi 14 yang baru saja debut tak lama ini.

Hanya saja pergantian skin Android baru ini tidak selamanya dibarengi dengan berita bagus. Terutama bagi mereka yang senang mengoprek-oprek HP mereka, Xiaomi dilaporkan akan mematikan update ke HyperOS dari MIUI untuk mereka yang membuka kunci Bootloader.

HP Xiaomi Tidak Akan Dapat Update ke HyperOS Kalau Unlock Bootloader

OS terbaru Xiaomi

Melansir dari Android authority, pihak Xiaomi kabarkan kalau mereka akan mematikan update ke HyperOS untuk user yang membuka bootloader. Seperti biasanya smartphone Xiaomi akan datang dengan bootloader terkunci secara default bahkan sejak era MIUI.

Untuk saat ini mereka yang mau membuka bootloader harus meminta persetujuan di forum komunitas. Lantas apa sebenarnya alasan Xiaomi mematikan update ke OS baru kalau perangkat membuka kunci bootloader?

Membuka kunci bootloader

Alasan yang dikemukakan Xiaomi adalah mereka ingin keamanan perangkat tetap terjaga dan menghindari adanya kebocoran data. Ditambah itu sekaligus memberikan pengalaman yang lebih aman dan stabil untuk pengguna.

Membuka Bootloader Jadi Lebih Sulit

Buka bootloader jadi lebih sulit

Di China sendiri, syarat untuk membuka bootloader jadi lebih sulit. User yang ingin membuka bootloader harus mencapai level 5 di forum komunitas menurut user Twitter Kacper Skrzypek. Selain itu pengguna hanya diberikan batasan 3 perangkat yang bisa di-unlock per tahun.

Sampai saat ini, pembatasan berlaku hanya untuk HyperOS versi China saja. Untuk versi Global masih harus menunggu pengumuman lebih lanjut di forum komunitas global.

Jelasnya, kalau kalian masih mau mendapatkan update ke OS terbaru ini, maka Xiaomi meminta kalian untuk mengunci kembali bootloader agar kembali dapat akses update. Bagaimana menurut kalian soal ini brott? Apakah kalian termasuk yang sering lakukan buka bootloader di HP Android?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version